Ngalangombo Wakili Gunungkidul Maju Lomba Penguatan Kampung KB Tingkat Provinsi DIY

Koresponden: Hudoyo, SSos (koordinator PKB Semanu) 

SEMANU | Kampung KB Ngalangombo, Dadapayu, Kapanewon Semanu, Gunungkidul kembali "ketiban sampur" untuk mewakili Kabupaten Gunungkidul dalam ajang, "Penialain Lomba Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Provinsi DIY. Kegatan tsb berlangsung persisnya Jumat (17/03) di Padukuhan Ngalangombo, sejak pagi hingga siang hari. 

Hadir dalam kegiatan tsb tim penilai dari Perwakilan BKKBN DIY, yang dipimpin oleh Dra Ita Suryani, MKes, koordinator bidang KS, beserta jajaran lintas sektor Provinsi DIY serta dari beberapa bidang lain di Perwakilan BKKBN DIY yang terkait. Mereka di antaranya adalah Dra Anik Rahmani, MSi (TP PKK DIY), Witriastuti Susani Anggraini, SE, MM (Pj Bidang KSPK Perwakilan BKKBN DIY), Ratna Anitasari, SSi, MSc (Bidang KBKR), Ririn Yaumil Pratiwi (Dinkes DIY), Yudit Mustikaningstyas, SKM (DP3AP2 DIY), Niken Wijayanti, MA (Subbid Parameter Kependudukan), serta Windaningrum Distyavi, SSos (Subbid Analisis Dampak Kependudukan).

Dari DPMKPPKB Gunungkidul, hadir Kabid KB Dalduk, Muh Amirudin, SSos beserta staf. Panewu beserta anggota Forkompinkap, lintas sektor Kapanewon Semanu turut hadir, juga Lurah Dadapayu dan segenap aparatur pemerintah Kalurahan Dadapayu, Semanu. Sebagai tuan rumah, tampak di lokasi kegiatan, Dukuh Ngalangombo beserta Ketua TP PKK Padukuhan, kader-kader KB dan Kesehatan (Posyandu), pengurus Pokja Kampung KB, kader poktan, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta ratusan warga Ngalangombo sangat antusias menyambut kedatangan tim penilai.

Acara diawali dengan pembukaan, dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars KB dipimpin olah salah satu kader. 

Dalam sambutannya, Lurah Dadapayu, Nanang Arianja, SPd sangat berterimakasih kepada warga Ngalangombo yang telah menyiapkan segala sesuatunya untuk menyambut tim juri lomba penguatan Kampung Keluarga Berkualitas ini. Nanang berharap kegiatan hari ini bisa berjalan lancar, agar potensi-potensi yang ada di kampung KB bisa dilihat dan dinilai dengan baik dan objektif oleh tim juri, sehingga Ngalangombo bisa memenuhi kualifikasi untuk memperoleh nominasi tingkat provinsi. 

Dukuh Ngalangombo, Wita Yulianto, dalam sambutannya sangat terhormat dan merasa berbangga karena padukuhannya bisa mewakili Gunungkidul di ajang lomba tingkat provinsi. "Kami sudah berusaha maksimal untuk menyiapkan segala sesuatunya dalam rangka kegiatan lomba kali ini. Semoga nanti hasilnya maksimal sesuai harapan, walaupun kami rasakan berat, karena terus terang persiapannya mendadak," ungkap Wita.

Dra Ita Suryani dalam sambutannya merasa senang bisa berkunjung kembali ke Ngalangombo dalam even lomba penguatan Kampung KB ini. "Salah satu ciri yang saya suka dari Ngalangombo adalah tampilan atraksi warga atau kader dengan kesenian tradisional khas pedusunan yang unik dan mengekspresikan keunggulan budaya. Ini yang jelas tidak ada di wilayah lain," ujar Ita. 

Selepas sambutan Ita Suryani, acara dilanjutkan penilaian administratif dan lapangan. Tim juri yang terbagi ke dalam beberapa kelompok mendatangi para kader yang berjejer berderet di belakang meja dengan aneka buku-buku kegiatan poktan. Terjadi tanya jawab antara kader dengan juri cukup intensif, sesekali diselingi tawa atau mimik serius.

*** 

Dalam kesan dan pesan yang disampaikan oleh tim juri, ada beberapa hal penting yang menjadi catatan, yang dikemukakan oleh perwakilan tim juri, yakni Anik Rahmani (TP PKK DIY). Di antaranya bahwa kegiatan-kegiatan dan banyak program pemerintah di kampung KB sudah berjalan dengan baik, kerjasama lintas sektor juga bagus, hanya saja yang perlu ditingkatkan adalah pelaporannya terutama secara online. "Yang tak kalah penting untuk ditingkatkan adalah kesertaan KB-nya," demikian Anik Rahmani.

Dalam sambutan pelepasannya, Panewu Anom Semanu, Irwan Triwibowo, SSos, MM, pertama-tama mengucapkan terimakasih juga apresiasi atas kunjungan tim juri di kampung KB Ngalangombo. Prinsipnya, warga Ngalangombo siap mengimplementasikan pelbagai program dari pemerintah karena tentu bertujuan untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Irwan berharap program-program pemberdayaan lainnya dari pemerintah bisa masuk ke Ngalangombo Dadapayu khususnya, dan Semanu pada umumnya.(*)

































0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine