Temu Kerja Forum GenRe DIY, Shodiqin: "Di Setiap Kalurahan Akan Ada Duta GenRe!"

Koresponden: Sabrur Rohim, SAg, MSI (PKB Girisubo) 

YOGYAKARTA | Perwakilan BKKBN DIY, melalui Bidang Adpin, menyelenggarakan acara, "Temu Kerja Forum GenRe DIY", di ruang Garden Eastparc Yogyakarta. Acara diikuti oleh perwakilan OPD KB se-DIY serta pegiatan Forum GenRe/PIK Remaja se-DIY.

Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Shodiqin, SH, MM di dalam sambutannya mengatakan bahwa program generasi berencana bertujuan menyokong pemberdayaan remaja melalui kampanye PUP (pendewasaan usia perkawinan) sehingga remaja bisa merencanakan keluarganya sesuai dengan siklus kehidupan manusia. Remaja juga perlu merencanakan berapa jumlah anak, skill, dsb.

Program GenRe juga dalam rangka menyiapkan generasi bangsa, karena di dalam program tsb remaja diarahkan agar menghindari pergaulan bebas, nikah dini, serta narkotika. Jika ini diimplementasikan dengan baik, maka akan terwujud generasi emas di tahun 2045. 

Dengan kegiatan temu kerja Forum Genre ini, harapannya akan dapat menigkatkan kapasitas para pegiatn GenRe di dalam melakukan KIE kepada teman sebayanya. 

Selain itu, ke depan kegiatan GenRe ini akan dikembangkan di setiap kalurahan, sehingga nanti di setiap kalurahan ada duta GenRe.

Secara khusus Shodiqin mengatakan bahwa BKKBN diberi amanah untuk menjadi leading sector (koordinator pelaksana) di dalam percepatan penurunan stunting di Indonesia, melalui Perpres No 72 tahun 2021, yang di dalam implementasinya dibentuk tim percepatan penurunan stunting dari tingkat nasional sampai kecamatan/kapanewon, serta di tingkat desa/kalurahan ada TPK (tim pendamping keluarga).

Memasuki sesi materi, yang pertama disampaikan oleh Korbid Adpin, Rohdhiana Sumariati, SSos, MSc. Rohdhiana menyampaikan materi tentang Advokasi Bangga Kencana. Titik tekan advokasi adalah kepada orang-orang yang punya pengaruh. Cakupannya untuk saat sekarang adalah menyangkut kebijakan dan strategi program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting. Dalam hal ini, khusus stunting, harapannya bahwa program percepatan penurunan stunting bisa diimplementasikan sampai di tingkat desa/kalurahan.

Rohdhiana berharap rekan-rekan/adik-adik pegiatan Forum GenRe untuk ikut berperan di dalam mengadvokasikan program Bangga Kencana ke lintas sektor (pengampu wilayah) di masing-masing wilayah. Hanya saja yang perlu digarisbawahi, tegas Rohdhi, teman-teman Forum GenRe harus benar-benar menyiapkan materi, data, dan semacamnya (policy brief) sebagai bahan argumentasi untuk meyakinkan pihak pengampu wilayah. Tak kalah penting, bagaimana pegiat GenRe juga menyiapkan rencana aksi dan tindak lanjut dari policy brief tsb.


  

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine