Dapat Nomor Undian 1, PKB dan Kader KB Rongkop Siap Dampingi Karangwuni dalam Lomba Kalurahan Tahun 2022

Oleh: Agus Sutoko, SSos (penyuluh KB Rongkop)

RONGKOP - Bertempat di Balai Kalurahan Karangwuni pada hari Selasa (29/04) diadakan pembinaan dalam rangka persiapan perlombaan kalurahan tahun 2022.

Acara dipimpin oleh Lurah Kalurahan Karangwuni, Supararta SPd, dan dihadiri oleh Penewu beserta Tim Perlombaan Kalurahan tingkat Kapanewon Rongkop. 

Dalam kesempatan tersebut Lurah beserta pamong Kalurahan Karangwuni mengajak seluruh masyarakat untuk mempersiapkan diri dalam menyambut kegiatan perlombaan kalurahan tahun ini, termasuk peran serta semua perangkat kalurahan, lembaga desa, tokoh masyarakat dan panitia serta seluruh warga masyarakat Kalurahan Karangwuni untuk segera mempersiapkan semua administrasi yang akan dinilai/dievaluasi oleh tim perlombaan kalurahan tingkat Kabupaten Gunungkidul. 

Menurut hasil undian, Kapanewon Rongkop mendapat giliran pertama  dalam perlombaan kalurahan yaitu besok tanggal 25 Mei 2022. Dari kalurahan sudah menunjuk lokasi yang akan menjadi sampel kegiatan yaitu di Padukuhan Saban Kalurahan Karangwuni, dan sebagai pendukungnya adalah di Padukuhan Ngejring, Padukuhan Sriten dan Padukuhan Duwet. 

Rencana rute yang akan dilalui oleh tim tingkat kabupaten yaitu pertama kali tim akan di sambut kedatangannya di Padukuhan Ngejring. Di sana tim akan melihat berbagai macam kegiatan yang disuguhkan oleh masyarakat di Padukuhan Ngejring Kalurahan Karangwuni di antaranya kegiatan kelompok Kampung KB rintisan, kemudian menuju  Padukuhan Sriten untuk melihat kegiatan Kampung Zakat. 

Kemudian, tim melanjutkan perjalanan ke Balai Kalurahan Karangwuni untuk mengikuti upacara penyambutan serta paparan dari Lurah Karangwuni. Setelah menerima paparan dari Lurah di balai kalurahan, selanjutnya tim dibagi menjadi dua, tim pertama melihat profil desa dan administrasi PKK Desa  dan tim kedua dipersilahkan untuk melanjutkan perjalanan ke padukuhan sampel yaitu di Padukuhan Saban di mana tim akan melihat kegiatan administrasi PKK dari tingkat dasawisma, PKK RT, PKK RW, PKK Padukuhan, rumah sehat dari keluarga pra sejahtera sampai keluarga sejahtera III kemudian akan melihat kegiatan posyandu.  

Dan terakhir, selanjutnya tim akan melihat kegiatan kelompok KWT di Padukuhan Duwet Kalurahan Karangwuni. Setelah dirasa semua kegiatan telah diadakan pengamatan  kemudian tim dipersilahkan untuk kembali ke Balai Kalurahan Karangwuni  untuk mengikuti upacara penutupan  evaluasi perlombaan kalurahan. Di sini kembali tim diharapkan untuk menyampaikan kesan dan pesan selama mengadakan pengamatan dan kesan pesan akan diterima oleh Lurah Kalurahan Karangwuni. 

Selanjutnya upacara akan ditutup dengan upacara pelepasan yang disampaikan oleh Penewu Rongkop Agung Danarta, SSos, MSE. 


Itulah sekilas rencana yang telah dibuat dan dipersiapkan oleh tim tingkat Kapanewon Rongkop  dan Kalurahan Karangwuni dalam rangka menanggapi Tim Perlombaan Kalurahan Tingkat Kabupaten Gunungkidul tahun 2022. 

Penewu Rongkop mengharapkan kerjasama dan kekompakan semua tim dan lembaga desa serta seluruh masyarakat  dalam mempersiapkan semua administrasi termasuk profil desanya. Mereka secara maraton akan terus memantau perkembangan kesiapan dari kalurahan, setiap saat akan langsung terjun ke lokasi sampel bersama dengan tim tingkat Kapanewon yang lainnya. 

Di tempat terpisah Agus Sutoko S.Sos selaku Koordinator PKB Kapanewon Rongkop juga mengharapkan dari para kader KB untuk ikut mempersiapkan buku-buku administrasinya. Mereka bersama PKB Rongkop yang lain, yaitu Kukuh Budi Prasetyo, SPsi, Bagus Setiawan Bayuaji, SE, dan PPKBD Kalurahan Karangwuni Sri Hartini memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh kader KB untuk ikut tampil mengikuti perlombaan kalurahan walaupun dari bidang KB hanya sedikit sekali kriteria yang dievaluasi, termasuk menyiapkan administrasi Kampung KB. 

Mulai saat ini sampai memjelang pelaksanaan evaluasi dari tim tingkat kapanewon akan terus memantau persiapannya hingga sampai saat kegiatan penilaian. Intinya semua kader KB agar ikut mendukung suksesnya  kegiatan perlombaan kakurahan sampai selesai nanti pada tanggal 25 Mei 2022. Semoga dalam perlombaan kalurahan ini nantinya bisa memperoleh hasil yang terbaik sehingga bisa membawa nama baik Kapanewon Rongkop.(*)

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine