Pelayanan Serentak UPT Puskesmas Girisubo, Terjaring 25 Akseptor MKJP

Kontributor: Sabrur Rohim, SAg, MSI (Girisubo)

Pose para bidan sesuai pelayanan KB MKJP

GIRISUBO
| Dalam rangka meningkatkan kesertaan KB di wilayah Kapanewon Girisubo, BPKB berkolaborasi dengn UPT Puskesmas Girisubo mengadakan kegiatan serentak pelayanan KB pada Sabtu (26/2) pagi hingga siang hari di UPT Puskesmas Girisubo, Ploso Tileng.

Terlebih dulu sepekan sebelumnya diadakan rapat koordinasi antara PKB, PPKBD, bidan pembina wilayah di bawah arahan Kepala UPT Puskesmas Girisubo. Koordinasi tersebut dalam rangka persiapan teknis pelayanan serta penggerakan peserta. 

Dari penggerakan yang dilaksanakan oleh para kader PPKBD dan Sub PPKBD (dusun) serta kelompok KB (RT), akhirnya berhasil mengajak 26 calon akseptor untuk hadir di lokasi pelayanan. Dari 26 calon tersebut terdiri atas 8 calon akseptor IUD dan 18 calon akseptor implan (susuk KB).

Ada 8 orang bidan yang langsung menangani tindakan pelayanan, dibantu oleh 3 PKB, 1 pramusaji, dan 8 PPKBD yang menangani konseling, pendaftaran, serta screening. Meski dalam jumlah yang berbeda-beda, tetapi setiap kalurahan mengirimkan calon peserta KB-nya. "Kami berterimakasih kepada segenap kader PPKBD dan Sub PPKBD yang telah bekerja keras untuk menggerakkan warga calon akseptor. Kami dan para bidan benar-benar terbantu," kata Prasetyohadi, SPd, PKB pembina wilayah Songbanyu, Pucung, dan Karangawen.

Pelayanan ini sendiri diutamakan bagi yang tidak memiliki kartu BPJS; mereka tidak ditarik biaya apa pun, hanya membayar retribusi di bagian pendaftaran pasien. Semua peserta memperoleh fasilitas makan minum snack (maminek) dan uang transport.

Dari 26 PUS tersebut, akhirnya bisa terlayani sebanyak 25 orang. "Alhamdulillah, dari 26 calon peserta KB, bisa kita layani 7 akseptor IUD dan 18 akseptor implan. Ada 1 orang calon peserta IUD yang gagal kita layani, karena faktor peradangan di organ reproduksinya. Sudah kami beri resep untuk pengobatan, dan nanti kalau sudah sembuh, pada even bulan depan semoga bisa kita layani," ujar Sunarti, AMd Keb, koordinator bidang KIA-KB UPT Puskesmas Girisubo.

Kepala UPT Puskesmas Girisubo, Pujianta, SKep Ners, sangat mengapresiasi even pelayanan KB serentak ini. "Kegiatan ini sangat positif karena meningkatkan partisipasi masyarakat yang ingin ikut program KB, sehingga akan menambah kesertaan KB di Girisubo. Kami sangat berterimakasih kepada kader-kader di kalurahan yang telah melakukan penggerakan. Harapan saya even seperti ini bisa terus digelar, dan kerjasama antara bidan, penyuluh KB, serta PPKBD terus bisa terjalin dalam mengedukasi dan melayani masyarakat," tegas Pujianta.(*) 

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine