Lurah Pringombo, Ermina Kristianti: "Kampung KB Harus Menjadi Pusat Data dan Sumber Informasi!"

Koresponden: Agus Sutoko, SSos aka Mbah Mugih (PKB Rongkop)

RONGKOP | Bertempat di balai Padukuhan Pringombo dilaksanakan pembinaan kampung KB dengan menggunakan anggaran dana desa. Kegiatan semacam telah dilaksanakan sebanyak tiga kali, yang pertama adalah pembentukan kelompok kampung KB, yang kedua pembinaan kelompok kampung KB dan yang terakhir hari ini dilaksanakan  pembinaan pengurus kampung KB. 

Pembinaan pengurus kampung KB ini dilaksanakan pada hari Selasa (14/12) dengan nara sumber dari PKB Kapanewon Rongkop.

Acara dibuka dengan berdoa bersama-sama dipimpin oleh pengacara dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya  serta Mars KB yang diikuti oleh semua peserta rapat.

Kemudian acara dilanjutkan sambutan serta pengarahan oleh Lurah Kalurahan Pringombo, Ermina Kristianti Susanti SIP. Dalam sambutannya Ermina mengajak kepada semua pengurus untuk segera berbenah diri merencanakan ikon yang akan dibuat oleh kelompok kampung KB ini. Ermina sangat mendukung semua kegiatan, agar Kampung KB ini menjadi pusat data dan sumber informasi yang ada di Kalurahan Pringombo. Selanjutnya lurah membuka secara resmi kegiatan pembinaan Kampung KB ini, untuk selanjutnya pembinaan diserahkan sepenuhnya kepada PKB Kapanewon Rongkop.

Acara dilanjutkan pembinaan oleh PKB Kapanewon Rongkop Agus Sutoko, SSos dan Kukuh Budi Prasetyo, SPsi.

Kesempatan pertama diberikan kepada koordinator PKB Kapanewon Rongkop Agus Sutoko, SSos. Dalam sambutannya Agus mengajak semua pengurus untuk terus melanjutkan kegiatan Kampung KB ini sehingga harapannya ke depan Kampung KB ini bisa berjalan dengan baik dan bisa membuat kemajuan di Dusun Pringombo A, B, C pada khususnya dan Kalurahan Pringombo pada umumnya. Agus juga memberikan contoh kegiatan yang ada di Kampung KB Dusun Ngasem kidul Kalurahan Bohol di mana di sana dibuat ikon Kampung Anggur. "Di situ kegiatan di kampung KB  sudah tampak, yakni adanya kegiatan yang menjadi ikon di dusun tersebut," tegas Agus. 

"Bahkan pada tanggal 19 Nopember 2021 Kampung Anggur di Bohol tersebut mendapat kunjungan dari keluarga besar IKG (Ikatan Keluarga Gunungkidul) yang ada di Jakarta. Dalam kunjungannya di Kampung KB Ngasem kidul Kalurahan Bohol dipimpin langsung oleh Ketua IKG, Sukirman. Mereka sangat memuji kegiatan yang ada di Kampung KB Ngasem kidul ini karena baru berdiri 3 tahun sudah bisa menciptakan ikon yang sangat bagus dan luar biasa," papar Agus.

Sementara untuk kegiatan di Kampung KB Pringombo sudah mulai dirintis dengan berbagai macam kegiatan, di antaranya ada usaha produk makanan olahan, pembuatan manik-manik, budidaya ternak ayam petelur, serta merencanakan kegiatan pembuatan tanaman toga.  Untuk anggaran dari desa sementara kemampuannya baru taraf pembinaan dulu dan untuk pembuatan tugu/monumen akan dianggarkan pada tahun 2022 lewat acara musrenbangkal .

Acara dilanjutkan pembinaan oleh PKB Kukuh Budi Prasetyo. Dalam pembinaannya, Kukuh menitikberatkan pada kegiatan administrasi Kampung KB. Semua buku administrasi yang ada di Kampung KB agar dibuat sesuai dengan kelompok yang dibentuk di Kampung KB, misalnya buku untuk kelompok BKB,  BKR, BKL, UPPKS dan lainnya. Sementara kelompok yang ada di Kampung KB Pringombo antara lain Kelompok BKB, Kelompok BKL dan UPPKS. Semua administrasi tersebut mulai saat ini agar dbenahi dan diisi sesuai kegiatan setiap bulannya dan dicatat dalam Form K/0/BKB, K/0/ BKL, K/0/UPPKS. Data tersebut segera diisi dan dilaporkan ke Kapanewon Rongkop.

Sementara kegiatan ikon pembuatan lahan tanaman toga telah dipersiapkan lokasinya disekitar telaga Pringombo yang mana masyarakat tinggal mbenahi lahannya. Di akhir acara Kukuh mengajak kepada semua pengurus dan warga untuk selalu semangat dalam mempersiapkan kegiatan ayang ada di Kampung KB ini. Setelah dianggap semua cukup maka acara pembinaan kampung KB di dusun Pringombo Kalurahan Pringombo ditutup dengan berdoa bersama-sama.(*)

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine