SUKSES...! Vaksinasi Berbasis Keluarga di PMB Wiratnaningsih, Playen, Berhasil Layani 245 Orang dari Target 200 Sasaran

Kontributor: Drs Edy Pranoto (penyuluh KB Alas Wanagama) 

PLAYEN | Kegiatan vaksinasi berbasis keluarga tahap II baru saja dilaksanakan di PMB Wiratnaningsih, beralamat di Gledag, Siyono, playen, Gunungkidul. Acara dimulai tepat pukul 08.00 WIB dengan ditandai pada pemanggilan nomor urut pertama oleh salah satu PKB, Mugimin. 


Selanjutnya secara berturut-turut peserta memperoleh pelayanan cek tekanan darah dan dilanjutkan di meja screening dokter. Peserta vaksin masuk di meja berikutnya, yaitu meja pelayanan vaksin, kemudian peserta menuju ruang observasi, dan diakhiri dengan pemanggilan yntuk penerimaan bukti telah dilakukan vaksinasi.

Pada kesempatan vaksinasi kedua ini, hadir Sukamto, SIP,  selaku Panewu Playen. Beliau berpesan agar kegiatan ini membuka kesadaran warga untuk melanjutkan vaksinasi pada kesempatan lain.  Beliau dengan rendah hati menyapa peserta vaksin dari meja ke meja. 

Dalam kesempatan ini, Danramil Playen, Subandi juga ikut melakukan pemantauan secara langsung. Beliau berharap kesadaran masyarakat yang tinggi dalam kesertaan vaksinasi ini akan meningkatkan cakupan dan luasan vaksinasi di kapanewon dan di kabupaten Gunungkidul, sehingga nantinya akan segera menuju kondisi level satu.

Sementara itu, dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak , KB, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Andi Afandi. Beliau berharap segenap jajaran PKB di Gunungkidul bisa menuntaskan program vaksinasi keluarga melalui kerjasama yang baik dengan PMB setempat, dengan memperhatikan kedekatan pelayanan pada warga sasaran vaksin.

Pelaksanaan kegiatan vaksinasi kedua ini menghadirkan tim vaksinator dari Puskesmas Playen I di bidang medis, sementara untuk layanan adminiatrasi dibantu oleh PKB setempat dan dibantu oleh PKB Paliyan dan Saptosari yang tergabung dalam IPeKB Cabang Gunungkidul. Turut serta dalam kegiatan vaksinasi kedua ini  dua mahasiswi PKL dari UNY.

Sampai pukul 10.30 WIB, alhamdulillah sudah terlayani vaksinasi sejumlah 223 orang dari sasaran awal sebesar 200 orang. Meskipun tim vaksinasi jumlahnya berkurang karena bersamaan dengan vaksinasi keluarga di Puskesmas Playen I dan vaksinasi  umum di Taman Budaya, namun kegiatan vaksinasi keluarga di PMB Wiratnaningsih berjalan dengan lancar. Hal ini terbukti sampai akhir kegiatan telah tercapai sasaran sejumlah 245 orang dari 200 orang sasaran yang ditargetkan.

Pada akhir sesi, koordinator PKB Playen, Drs Edy Pranoto meminta kepada Wiratnaningsih, Amd Keb, pengelola PMB, untuk bersedia melanjutkan kemitraan dengan BKKBN baik untuk mensukseskan vaksinasi keluarga berbasis layanan di PMB, maupun pada program pencegahan dan penanggulangan anak stunting melalui program pendampingan keluarga pada sasaran cegah stunting yang akan segera diluncurkan oleh BKKBN dalam waktu dekat.[]

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine