Tingkatkan Kapasitas, Kader IMP Gari, Wonosari Ikuti Pelatihan Pengelolaan Administrasi Program Bangga Kencana

Kontributor: Dra Umi Wasriyati, MM (Koordinator PKB Wonosari)

Sabtu (4/9), bertempat di RM Joglo Mbah Gito, Bejiharjo, Wonosari, berkumpul kader KB Kalurahan Gari dalam acara pertemuan, "Peningkatan Kapasitas dalam Pengelolaan Adminitrasi,"  yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kalurahan Gari. Hadir dalam acara tersebut Lurah Gari, Widodo, Kamituwa Gari, Budiantoro, penyuluh KB Gari, Basyori Mahfud, serta koordinator PKB Kapanewon Wonosari, Dra Umi Wasriyati, MM, yang diundang sebagai nara sumber dalam acara tersebut, yang dalam hal ini terkait dengan materi administrasi program Bangga Kencana.

Acara diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh pembawa acara, Marsiyem, sebagai PPKBD Kalurahan Gari. Setelahnya, acara dilanjutkan menyanyikan kagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars KB yang diikuti semua peserta.


Untuk Menguatkan Rumah Data

Acara selanjutnya adalah sambutan Lurah Gari. Widodo menyampaikan pentingnya data yang valid dan akurat dalam suatu pemerintahan untuk merumuskan suatu kebijakan pembangunan.

Acara peningkatan kapasitas bagi kader KB yang didanai dari Anggaran Kalurahan ini, harap Widodo, semoga berjalan lancar dan tetap mentaati protokol kesehatan Covid19. "Tak lupa saya selaku Lurah mengajak semua warga sudah melaksanakan vaksinasi, yang tentunya demi suksesnya vaksinasi dengan dibantu semua kader yang ada, dimulai dari kader tingkat Rt, kader dusun dan kader kalurahan sebagai garda terdepan. Sehingga semua warga harapannya sudah divaksin, karena manusia yang selalu berdampingan ini dengan sudah divaksin tubuh akan lebih kebal apabila kena virus. Ini tidak hanya diakui oleh pemerintah Indonesia, tetapi tentunya juga diakui dunia," jelas Widodo.

Dikatakan oleh Widodo, bahwa dengan bekal materi tentang pengelolaan administrasi, harapannya akan terwujud data terpadu dengan teknologi informasi, khususnya pada Rumah Data yang sudah dimiliki oleh Kalurahan Gari. "Untuk tahun 2021 diawali dengan Pendataan Keluarga, semoga nantinya akan mendapatkan data yang valid kaitannya dengan program Bangga Kencana," kata Widodo.

"Akhirnya, selamat mengikuti kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Administrasi Program Bangga Kencana, yang nantinya akan disampaikan oleh narasumber, dan mohon semua kader untuk memperhatikan dan mengikuti sampai selesai, semoga semuanya selalu sehat dan bahagia," pesan Widodo.


Peran Bakti IMP

Acara berikutnya, PKB pembina wilayah Kalurahan Gari, Basyori Mahfud, menyampaikan materi tentang Peran Bakti IMP yang ke 4 yaitu tentang pencatatan pendataan, sesuai dengan judul kegiatan ini. Dalam hal ini, peran IMP adalah mencatat dan melaporkan beberapa kegiatan program Bangga Kencana yang dilakukan.

Selain itu sekilas juga disampaikan Peran Bakti IMP yang lain, seperti peran bakti pengorganisasian. IMP diaharapkan memiliki kepengurusan agar sistem kerja menjadi lebih teratur, jelas dan terarah. 

Peran selanjutnya pertemuan. Beberapa pertemuan yang dihadiri IMP antara lain pertemuan kader, pertemuan rakor desa, pertemuan Tri Komponen, pertemuan PKK, pertemuan kader dusun, pertemuan poktan. Pertemuan merupakan sarana bertemu dua arah, saling memberi dan saling menerima informasi. 

Peran bakti yang ke tiga tentang KIE dan konseling, yaitu untuk menyampaikan informasi, pesan dan pendidikan kepada lawan bicara baik perseorangan maupun kelompok agar dapat menerima dan memahami makna pesan yang disampaikan. 

Kemudian peran bakti pelayanan kegiatan. Dalam hal ini IMP berperan memberikan pelayanan bagi masyarakat dan keluarga sasaran atau PUS agar dapat terpenuhi kebutuhan yang dapat meningkatkan kualitas hidup keluarga. 

Peran bakti IMP yang terakhir yaitu kemandirian, artinya IMP memiliki sikap dan perilaku tidak tergantung pada pihak lain. IMP memiliki potensi dan kemampuan untuk menyelesaikan persoalan di lini lapangan bekerjasama dengan PKB Pembina wilayah setempat. Demikian peran bakti yang harus dilaksanakan oleh IMP/ Kader KB, yang disampaikan Basyori Mahfud. 

Kemudian untuk acara selanjutnya tentang pencatatan dan pelaporan akan disamapaikan oleh narasumber berikutnya, para kader dimohon untuk memperhatikan dan nantinya diharapkan tentang administrasi lebih tertib dalam pelaksanaannya.


Pengelolaan Administrasi

Narasumber yang kedua, Umi Wasriyati, sebelum memberikan materi, semua kader diajak bermain ice breaking, agar lebih rileks dan suasana jadi segar, agar kader tidak jenuh. Suasana dibuat semeriah mungkin dengan game-game yang dipandu oleh Umi Wasriyati. Setelah suasana sudah cair segar kembali dan semua bisa tertawa senang dan bahagia, dilanjutkan materi tentang, "Pengelolaan Administrasi Program Bangga Kencana". 

Dipaparkan oleh Umi, bahwa formulir baku yang diisi oleh IMP sesuai jenjang wilayah antara lain: K/O/BKB/15,  K/O/BKR/15,  K/O/BKL/15,  K/O/UPPKS/15,  K/O/Pok.KB/15,  K/O/PIK Remaja/15,  K/O/Sub PPKBD/15,  K/O/PPKBD/15,  R/1/BKB/15,  R/1/KR/15,  R/1/BKL/15, R/1/UPPKS/15 dan R/1/PIK Remaja/15. 

Selain itu ditambah dengan formulir inovasi sendiri tentang formulir Kesertaan KB dan Data PUS byname yang dimiliki oleh Pok/KB/RT, untuk dipantau setiap bulan yang nantinya direkap oleh Sub PPKBD Dusun, kemudian direkap oleh PPKBD. Semua itu dicatat setiap bulan dan dilaporkan setiap bulan juga sesuai jenjang. 

Semua jenis formulir dijelaskan oleh narasumber satu persatu, dan semua kader memperhatikan dengan seksama, dan dilanjutkan dengan diskusi. Akhirnya semua kader mendapatkan kejelasan, dan kader berkomitmen siap melaksanakan pencatatan dan pelaporan secara tertib. 

Acara diakhiri dengan lomba yel-yel KB antar dusun. Dari 9 dusun, yakni Dusun Ngijorejo, Kalidadap, Jatirejo, Gatak, Gari, Gelung, Tegalrejo, Ngelorejo, dan Gondangrejo, diambil 3 juaraan. Juara I : Dusun Ngelorejo, Juara II: Gatak , dan Juara III: Gondangrejo. Lebih seru lagi acara yang terakhir yaitu dengan pembagian banyak doorprize. Acara diakhiri dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri, dan ditutup dengan berdoa bersama.(*)

0 Viewers

Post a Comment

1 Comments

  1. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine