Kenapa PUS Lebih Suka Pilih Kontrasepsi Hormonal? Padahal...

Oleh: Ir Sihana Yuliarto (koordinator PKB Tanjungsari)

Terwujudnya keluarga berkualitas guna menudukung menuju Indonesia maju di masa yang akan datang merupakan hal yang urgen yang harus diupayakan negeri tercinta ini. Harapan besar dengan keluarga berkualitas yang terbentuk, akan menghasilkan generasi-generasi unggul di masa yang akan datang sekaligus dapat menjadi aset pembangunan.

Dalam hal ini BKKBN mempunyai peran yang sangat vital. Melalui slogan "Hidup Berencana Itu Keren", BKKBN mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mengkampanyekan pentingnya perencanaan keluarga. Banyak hal yang perlu direncanakan para remaja sebelum memasuki jenjang pernikahan, antara lain: usia ideal menikah, jumlah anak yang akan dimiliki, termasuk jenis alat kontrasepsi yang akan dipakai. Tidak kalah penting juga perlu kesiapan secara fisik, mental, sosial serta ekonomi. Salah satu langkah yang tidak bisa dipisahkan dalam perencanaan keluarga adalah program KB.

Program KB itu sendiri mempunyai 3 tujuan utama antara lain:
1. Menunda kehamilan
2. Mengatur jarak kehamilan
3. Menghentikan kehamilan

Agar tujuan PUS dalam ber KB tercapai, perlu pemilihan alat kontrasepsi yang tepat, dikarenakan masing-masing alat kontasepsi mempunyai tingkat efektifitas dan efek samping yang berbeda-beda. Sangat diharapkan PUS dapat menggunakan alat kontrasepsi yang sesuai dengan kondisi kondisi tubuhnya, sehingga selain berperan dalam suksesnya program KB, kesehatan reproduksinya juga terjamin.

Alat Kontraspsi
Alat kontrasepsi adalah metode atau alat yang secara khusus digunakan untuk tujuan mencegah terjadinya kehamilan saat berhubungan seksual. Dalam memilih metode kontrasepsi harus memperhatikan banyak faktor, antara lain tingkat keamanan, efektivitas hingga kenyamanan dan efek samping yang ditimbulkan.

Jenis kontrasepsi antara lain:
1. Kontrasepsi hormonal, meliputi pil KB, suntik KB, dan implan
2. Kontrasepsi non hormonal, meliputi IUD, kondom
3. Kontraspsi mantap meliputi MOP dan MOW

Dari data statistik rutin Perwakilan BKKBN DIY untuk bulan Agustus 2021 diketahui, di kabupaten Gunungkidul, jumlah total peserta KB aktif untuk kontraepsi hormonal sejumlah 63.489 peserta yang meliputi, PA implan 11.769, PA KB suntik 39.807, dan PA KB pil 11.905 peserta. Bila dilihat secara prosentase diketahui bahwa 69.14 persen peserta KB aktif yang ada di kabupaten Gunungkidul memakai kontrasepsi hormonal (implant, suntik, atau pil). Melihat data tersebut diketahui bahwa, minat PUS untuk memakai jenis kontrasepsi hormonal masih sangat tinggi.

Pada tulisan ini akan fokus membahas tentang fenomena di balik tingginya minat PUS pada pemakaian kontrasepsi hormonal. Beberapa hal alasan di balik tingginya minat PUS menggunakan kontrasepsi hormonal (implant, suntik, atau pil KB), antara lain:

1. Tingkat efektifitas kontrasepsi hormonal termasuk dalam kategori sangat efektif

Kontrasepsi dapat dikategorikan sangat efektif apabila kurang dari 5 kehamilan per 100 perempuan dalam waktu tertentu.

Kontrasepsi implant mempunyai tingkat efektifitas 99 persen (pemaikaian tahun pertama kurang dari 1 kehamilan terjadi pada 100 wanita). Maka kontrasepsi ini dipandang sangat tepat untuk mengatur jarak kehamilan.

Implan merupakan kapsul batang kecil yang dipasang dibawah kulit, yang dapat melindungi jangka panjang terhadap kehamilan selama 3-4 tahun.

2. Kontrasepsi hormonal ikut berperan dalam meningkatkan kesertaan KB MKJP

Melihat data laporan capaian peserta KB aktif kabupaten Gunungkidul, diketahui dari total jumlah peserta KB Aktif 91.817, ada 35.119 peserta memakai kontrasepsi MKJP (IUD, implan, MOW, MOP). Capaian kesertaan KB MKJP tidak terlepas dari peran kontrasepsi hormonal. Ada beberapa PUS sudah muncul untuk konversi ke KB MKJP, namun untuk memakai kontrasepsi IUD banyak PUS yang belum bersedia dengan berbagai alasan, sehingga implan menjadi pilihan alternatif, yang juga memiliki tingkat efektifitas sangat efektif, dan dapat melindungi jangka panjang terhadap kehamilan.

3. Keterlambatan munculnya kesuburan setelah dihentikan pemakaian kontrasepsi hormonal

PUS yang menggunakan kontrasepsi hormonal (suntik, pil, implan) akan mengalami gangguan tidak haid (amenore). Karena cara kerja dari kontrasepsi hormonal tersebut adalah menekan hormon reproduksi wanita, yaitu estrogen dan progesteran, maka pada saat penggunaaan kontrasepsi hormonal tersebut dihentikan terkadang kesuburan tidak segara muncul, karena akumulasi hormon yang tersimpan dalam lemak tubuh butuh waktu untuk terurai, biasanya membutuhkan waktu 6 bulan bahkan bisa lebih.

4. Munculnya efek samping pada pemakaian kontasepsi hormonal

Hanya karena dengan alasan lebih praktis, tidak sedikit PUS yang mangabaikan efek samping yang ditimbulkan kontrasepsi hormonal, walupun merugikan kesehatannya. Efek samping kontasepsi hormonal antara lain:
a. Pusing dan nyeri payudara, ini sering terjadi pada PUS yang memakai kontrasepsi pil KB.
b. Perdarahan, ini biasanya terjadi pada penggunaan kontrasepsi suntik KB, pil mini dan implan progestin. Ini disebabkan karena lapisan rahim yang tipis, kadang mengelupas sedikit dan menyebabkan perdarahan.
c. Libido turun. Ini terjadi pada kontasepsi pil KB, solusi yang dapat dilakukan dengan mengganti pil KB dengan sesuatu yang lebih androgenic (mengandung hormone testoteron yang lebih banyak).
d.  Mual. PUS yang menggunakan kontrasepsi PIL KB, akan timbul efek samping berupa mual, namun kemungkinan akan hilang setelah beberapa bulan pemakaian.
e. Mood naik turun. Apabila PUS mengalami mood yang berubah-ubah, dimungkinkan adalah efek samping penggunaan kontrasepsi Pil KB, sebagai solusi perlu mengubah formula pil kontrasepsi.

Semua jenis kontrasepsi pada dasarnya baik, yang paling penting tepat dalam penggunaannya, tepat memilih kontrasepsi yang sesuai dengan kondisi tubuhnya. Harapan tujuan program KB (menunda kehamilan, mengatur jarak kehamilan, dan menghentikan kehamilan) dapat tercapai.(*)
0 Viewers

Post a Comment

5 Comments

  1. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  2. Do you need a Loan?
    Are you looking for Finance?
    Are you looking for a Loan to enlarge your business?
    I think you have come to the right place.
    We offer Loans at low interest rate.
    Interested people should please contact us on
    For immediate response to your application, Kindly
    reply to this emails below only.
    Whats app +918256953815
    mrwilliam751@gmail.com
    Please, do provide us with the Following information if interested.

    1) Full Name:………
    2) Gender:………
    3) Loan Amount Needed:………
    4) Loan Duration:………
    5) Country:………
    6) Home Address:………
    7) Mobile Number:………
    8)Monthly Income:…………………
    9)Occupation:………………………
    )Which site did you here about us…………………

    Thanks and Best Regards.
    mrwilliam751@gmail.com
    +918256953815

    ReplyDelete
  3. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya Yeyes Ristintares tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini agar semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar mendukung saya melalui kebaikan Ibu Ny. Helen Wilson. Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan lebih dari 32 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Helen Wilson, pemberi pinjaman di perusahaan, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, jadi saya memanggil keberanian dan menghubungi Ibu Helen.

    Saya mengajukan pinjaman 900 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dibuat pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa Allah akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Ny. Helen Wilson untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ny. Helen melalui email: (helenwilson719@gmail.com) untuk Anda pinjaman

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini. Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Allah akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya Yeyes Ristintares, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: yristintares@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Salam Semua.
    Saya Edi Sugiarto dari Yogyakarta, Allah telah dikaruniai dua orang anak dan Istri tercinta Linda Fitriawati, saya ingin membagikan kesaksian saya karena ALLAH mencintai saya. Setahun yang lalu saya sangat membutuhkan uang jadi saya berpikir untuk mengambil pinjaman. Kemudian saya bertemu seseorang, orang yang salah mengaku sebagai pemberi pinjaman, dan tidak tahu bahwa itu semua adalah penipuan. Saya ditipu seharga 27 juta Rupiah, dan mereka menolak untuk mentransfer pinjaman saya kepada saya, mereka juga berhenti mengirimi saya email sejak itu. Saya menjadi bingung, seluruh hidup saya hilang. Istri saya jatuh sakit dan ada tagihan rumah sakit yang harus dibayar jutaan, yang saya pikirkan saat ini hanya bunuh diri, teman saya bernama Santoso datang menemui saya pada hari yang naas itu, dia juga menjadi korban penipuan, dia memberi tahu saya tentang konferensi yang diselenggarakan oleh Wahyu Handoko untuk memberdayakan perempuan dan laki-laki yang ingin membuat kekayaan, dia meminta kakaknya untuk membantu saya mengurus istri dan anak-anak saya, jadi kami pergi untuk konferensi. Setelah semua motivasi berbicara, dia bertanya kepada kami pertanyaan "Apakah Anda Siap Untuk Apa yang Diperlukan Untuk Menjadi Kaya" dengan berani di jemaat kecil itu, saya berdiri dan berkata "YA" dan kami semua diminta untuk datang keesokan harinya dengan rencana bisnis .

    Kami pergi dan dia berbicara tentang bagaimana dia mendapatkan pinjamannya dan koneksinya melalui HELEN WILSON yang hebat, Pemberi Pinjaman online, segera saya takut, teman saya mendorong dan kami menghubungi Ibu Helen Wilson, seperti yang diarahkan oleh Wahyu Handoko dari konferensi. Saya dan teman saya mulai memproses sementara Pak Wahyu telah kembali, beberapa hari kemudian saya menerima telepon dari teman saya yang memberi tahu saya bahwa dia menerima peringatan dari bank, pinjamannya telah dilunasi, sudah terlambat sehingga saya tidak bisa pergi ke bank saya untuk konfirmasi, paginya pemberitahuan datang, akhirnya saya mendapat pinjaman sebesar 720 juta Rupiah dari Helen Wilson, setelah mengikuti proses hukum. kami diberi arahan untuk menyerahkan rencana bisnis kami dan meninggalkan uang di bank selama seminggu, kemudian Pak Handoko menelepon meminta kami untuk bertemu lagi yang kami patuhi, kami tiba di tempat itu dan melihat dampak orang asing terhadap perdagangan dan investasi, kami diberi kuliah dan kontak untuk mulai berinvestasi, dalam enam bulan melalui koneksi ibu Helen saya mulai mengimpor dan hari ini saya dan istri saya telah mendirikan dua perusahaan besar.

    Saya ingin Anda semua tahu bahwa satu-satunya pemberi pinjaman sejati yang saya saksikan adalah Ms. HELEN WILSON, hubungi dia hari ini dan Anda akan mendapatkan perubahan positif dalam hidup Anda, ini email helenwilson719@gmail.com. Anda dapat menghubungi saya di email saya sugiartoe385@gmail.com, untuk konfirmasi. Perhatikan, ada banyak pemberi pinjaman palsu online untuk menipu Anda, merobek Anda dari uang hasil jerih payah Anda, harus dari mereka pergi sejauh menyiapkan situs web pribadi mereka hanya untuk menipu Anda, pinjaman yang mengarahkan Anda untuk mengunjungi situs web palsu, mereka semua penipu .

    Jadi hubungi perusahaan induk Helen sekarang dan pinjaman Anda akan ditransfer kepada Anda saat Anda mengikuti proses hukum, sekali lagi ini adalah emailnya (helenwilson719@gmail.com) . ALLAH melihat hatiku dan dia tahu aku mengatakan yang sebenarnya dan tidak ada yang lain selain kebenaran.

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum
    Nama saya Sri Muji Astuti. Saya seorang pemilik bisnis yang menjual kosmetik dan pakaian. Untuk sementara, saya telah mencari pemberi pinjaman pinjaman yang dapat saya pinjam untuk menumbuhkan bisnis saya dan juga menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Pengalaman pertama saya dengan pemberi pinjaman internet sangat buruk dan saya kehilangan jumlah 24 juta karena saya mengajukan 800 juta untuk meningkatkan bisnis saya. Setelah pengalaman saya, saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya tidak akan pernah meminjam dari internet karena saya ditipu.

    Jadi, suatu hari saya dengan setia membaca artikel di blog dan setelah saya selesai membaca, saya pergi untuk memeriksa bagian komentar untuk mengetahui pendapat mereka. Saya melihat komentar oleh Yeyes Ristintares, seorang wanita bisnis besar dan dia berbagi cerita tentang bagaimana dia meminjam pinjaman besar dari perusahaan tempat Ms. Helen Wilson bekerja.

    Kemudian, saya memutuskan untuk menghubungi Yeyes Ristintares dan saya menceritakan kisah saya kepadanya tentang bagaimana saya kehilangan 24 juta dari pemberi pinjaman yang buruk. Saya masih ingat dengan jelas bagaimana dia memberi tahu saya bahwa semua pencarian saya untuk pemberi pinjaman yang andal sudah berakhir. Dia mengirimi saya email nya dan saya mengirimkan email untuk memastikan karena saya tidak ingin kehilangan uang lagi. dia membalas saya dan mengatakan saya harus menghubungi perincian perusahaan tempat Ny. Helen Wilson bekerja dan saya akan menerima pinjaman saya tanpa penundaan dan saya harus mencoba untuk membagikan kabar baik saya sehingga orang lain selamat dari pemberi pinjaman yang buruk.

    Jadi saya menghubungi Ny. Helen Wilson melalui email: (helenwilson719@gmail.com). Ini adalah email Yeyes Ristintares: (yristintares@gmail.com) yang saya hubungi.
    Setelah saya menghubungi perusahaan pinjaman, saya diminta untuk menyerahkan segala sesuatu yang diminta dari saya sebagai peminjam dan setelah beberapa saat, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman saya tanpa penundaan atau segala bentuk tekanan.
    jadi, saya menambahkan informasi pribadi saya kepada siapa saja yang mencari pemberi pinjaman yang dapat dipercaya untuk menghubungi saya dan saya siap membantu Anda karena saya ingin orang lain diselamatkan dari pemberi pinjaman yang buruk. Hubungi saya melalui email saya: srimujiastuti93@gmail.com

    Saya berdoa agar ALLAH akan memberikan mereka yang membutuhkan pinjaman untuk melihat kisah saya sehingga mereka dapat diselamatkan seperti saya. Saya selalu siap memberikan bantuan kepada siapa saja yang membutuhkannya, jadi jangan ragu untuk menghubungi saya kapan saja karena saya tidak membuat orang saya jatuh ke tangan pencuri.

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine