Gandeng LKKNU, Kampung KB Banjaran, Karangasem, Mendapat Hibah dari Kemenaker untuk Pengembangan Usaha

Koresponden: Purwadi, SHI (PKB Paliyan)

Selasa (22/02) di Kampung KB Banjaran Karangasem dilakukan penyerahan secara simbolis hibah dari Kemenaker melalui melalui LKKNU kepada kelompok Ngudi Barokah. Penyerahan dilakukan oleh ketua LKKNU cabang Gunungkidul, Drs Siswanto dan disaksikskan langsung Sigit Purnomo selaku Lurah Karangasem, Purwadi selaku pendamping kelompok, dan sebagian anggota kelompok usaha bersama Ngudi Barokah. 


Perlu diketahui  bahwa Kampung KB Banjaran Karangasem Paliyan lewat wakil ketuanya, Mujiono, yang notabene merupakan aktivis Nahdlatul Ulama kultural, berhasil mengakses program dari Kementrian Tenaga Kerja (Kemenaker) yang dilewatkan organisasi sosial keagamaan/kemasyarakatan, salah satunya adalah melalui LKKNU, sehingga bisa mendapatkan amanah hibah 40 juta rupiah dari Kemenaker. Selain kelompok Ngudi Barokah, ada juga empat kelompok usaha lainnya yang tersebar di beberapa Kapanewon di wilayah Gunungkidul yang mendapatkan hibah yang sama.

Sedikit mengenal tentang LKKNU, yang dalam hal ini sebagai mitra Kampung KB Banjaran, Karangasem, bahwa LKKNU adalah Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama yang merupakan perangkat teknis PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) yang sampai ke tingkat cabang (kabupaten) untuk program-program pemberdayaan masyarakat. 

Tujuan dari lembaga ini adalah untuk menciptakan kemaslahatan keluarga, umat, dan kemaslahatan bangsa secara utuh (holistik) dan berkelanjutan. Ketua LKKNU Pusat, Dra Hj Ida Fauziyah yang kebetulan adalah Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia, dalam beberapa aspek berusaha mensinergikan program kerja kementerian dengan kegiatan lembaga dan organisasi sosial keagamaan atau kemasyarakatan yang eksis.

Salah satu program Kemenaker di masa pandemi covid-19 ini adalah pembentukan ekosistem usaha di setiap kabupaten/kota di Indonesia sebagai langkah nyata pemerintah untuk membangkitkan dan menggairahkan kembali unit usaha ekonomi masyarakat di tengah wabah pandemi covid-19.  Dalam menjalankan program tersebut, Kemenaker menjalin kerjasama dengan beberapa ormas, salah satunya adalah LKKNU sebagai perangkat teknis ormas Nahdlatul Ulama, dalam struktur kepengurusan PBNU. 

Dana hibah yang diberikan tersebut digunakan sepenuhnya untuk pembentukan kelompok usaha bersama, yakni dalam hal ini Kube Ngudi Barokah yang bergerak di bidang peternakan/penggemukan kambing, di mana sebagian anggatonya adalah anggota kelompok UPPKS, pengurus pokjanal Kampung KB Banjaran, dan poktan lainnya. 

Kegiatan Kube Ngudi Barokah dimulai dari pembuatan kandang komunal (bersama) serta pembelian indukan kambing (untuk ternak) dan (bakalan) kambing untuk program penggemukannya.  Mujiono selaku ketua Kube Ngudi Baroka sekaligus wakil ketua Kampung KB Banjaran mengatakan, "Semoga  hibah dari kemanaker lewat LKKNU ini, bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk kemaslahatan masyarakat di Padukuhan Banjaran bisa lestari dan terus berkembang.”(*^)

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine