Cething Mbah Salimah di Sidoharjo, Tepus

Kontributor: Dwi Lestiyandari, AMd Gizi (Tepus)

TEPUS | Cething Mbah Salimah adalah program inovasi yang digagas oleh PKK Kelurahan Sidoharjo sebagai upaya pencegahan stunting yang ada di seluruh wilayah Kalurahan. Cething Mbah Salimah yang memiliki kepanjangan Cegah Stunting dengan Menanam Buah dan Sayur di Lingkungan Rumah adalah kegiatan anggota PKK baik tingkat Kalurahan maupun padukuhan. 


Kegiatan nyata yang telah dilaksanakan adalah dengan memberikan bibit sayuran dan buah kepada seluruh padukuhan untuk ditanam di lingkungan pekarangan rumah masing-masing warga. Kegiatan distribusi ini disupport oleh Lurah Kalurahan Sidoharjo, Evi Nurcahyani, SIP beserta Ketua TP-PKK Kalurahan, Maryati. 

Selain menebar bibit sayuran dan buah, PKK bekerjasama dengan Pemerintah Kalurahan dan Penyuluh KB juga mengadakan sosialisasi program Cething Mbah Salimah ini baik melalui forum resmi kegiatan pembinaan maupun di forum-forum yang ada di padukuhan. Kegiatan ini merupakan kegiatan intervensi pada ranah gizi untuk mencukupi kebutuhan asupan gizi yang murah yang dapat diambil dari lingkungan rumah. Selain menabar bibit dan mensosialisasikan program Cething Mbah Salimah, PKK beserta jajaran Pemerintah Kalurahan juga mengadakan kegiatan pembinaan pola asuh bagi balita dan upaya-upaya pencegahan stunting baik tingkat Kalurahan maupun padukuhan. Upaya pencegahan yang massif  ini harapannya menghasilkan Desa Sidoharjo yang bebas dari stunting.(*)

0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine