Dalam Suasana Covid-19, Penimbangan dan Pemantauan Balita di Kampung KB Nanas diakukan Bergiliran

Koresponden: Rudi Purwanto


Girisubo | Kamis (16/04), tepatnya pagi hari pukul 08.00 WIB di Kampung KB Nanas yang terletak di Padukuhan Nanas, Desa Tileng, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul diadakan kegiatan rutin penimbangan balita dan pengisian KKA (Kartu Tumbuh Kembang Anak).

Kegiatan ini dihadiri oleh kader Posyandu dan BKB Teratai, juga balita serta ibunya.
Kegiatan yang pertama dilaksanakan dengan penimbangan berat badan balita. Kader yang bertugas langsung mempersiapkan perlengkapan penimbangan dan selanjutnya memangil balita secara bergantian. 

Setelah penimbangan, acara dilanjutkan dengan pengukuran tinggi badan balita, pemeriksaan kesehatan balita, dll. Setelah acara tersebut selesai kemudian balita akan dipangil secara bergantian bersama dengan ibunya untuk memantau perkembangan tumbuh kembang anak melalui KKA (Kartu Tumbuh Kembang Anak) .

Setelah proses pemantauan selesai, selanjutnya anak akan diberikan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) yang akan diberikan kepada masing-masing balita oleh kader Posyandu  dan BKB Teratai. Pemberian PMT ini bertujuan untuk meningkatkan gizi seimbang balita untuk membantu perkembangan tumbuh kembang balita kedepanya. 

"Walapun dalam situasi dan kondisi yang belum stabil terkait dengan pandemi virus Covid-19, ini tetap tidak menyurutkan semangat dari kita ibu-ibu kader untuk melaksanakan kegiatan ini. Karena bagi kami kegiatan ini sangatlah penting sekali karena kegiatan ini berkaitan dengan perkembangan tumbuh kembang balita. Hanya saja, karena ada protokol yang harus dilaksanakan, maka pemeriksaan dan penimbangan balita, juga pemantauan KKA-nya, dilaksanakan secara bergiliran, tidak lansung semua dalam satu waktu sebagaimana biasanya," ungkap Yuniati selaku kader Kampung KB Nanas dan Kader Posyandu/BKB Teratai.

Rutinitas kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan dapat memantau perkembangan tumbuh kembang balita secara rutin. Salah satu upaya ini adalah untuk mencegah stunting, perkembangan anak yang kurang maksimal, kerkurangan asupan gizi, dll. Semoga dengan kegiatan ini dapat menciptakan balita yang baik untuk balita-balita yang ada di Kampung KB Nanas ini.(*)
0 Viewers

Post a comment

1 Comments

  1. Mari segera bergabung dengan kami.....
    menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    di https://ajokartu.cc^^online 24 jam.
    segera di add W.A +85596 91 90856
    WwW.Ajokartu.cc | bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine