Provinsi DIY Telah Mencapai "Penduduk Tumbuh Seimbang" (PTS)

     Perwakilan BKKBN DIY hari ini, Rabu (14/3) mengadakan Rapat Koordinasi Tingkat Daerah Program KKBPK, dengan mengambil tema, Penguatan Integrasi Lintas Sektor Guna Mempercepat Capaian Program KKBPK Menuju DIY Sejahtera
    

     Lokasi kegiatan di Hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarta, dihadiri  oleh 200 peserta dari  BKKBN Pusat,  Perwakilan BKKBN DIY,  OPD Dinas terkait  Provinsi,  Kabupaten/Kota,  Organisasi Profesi dan Perwakilan Koordinator PKB kabupaten/kota se-DIY. 
     
     Rakorda diawali pentas tari "Plural" oleh Duta GenRe. Dilanjutkan sambutan Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan BKKBN Pusat,  Prof Dr  M  Rizal Damanik MRepSc Phd, yang menyampaikan bahwa adanya koordinasi dan integrasi antar dinas terkait untuk mempercepat capaian program KKBPK, dan dibentuknya Kampung KB di wilayah yang capaian program KKBPK-nya belum optimal akan menjadikan sasaran penggarapan program KKBPK. 
     

     "Pengalihan alih status PKB juga untuk mempercepat capaian Program KKBPK. Untuk mendukung program KKBPK, anggaran DAK Fisik dan Non Fisik perlu ada sinergritas BKKBN dengan OPD Keluarga Berencana kabupaten/kota yang efisien dan bermanfaat untuk mempercepat capaian program KKBPK," ujar Deputi.
     
     Setelah sambutan Deputi, acara kemudian dilanjutkan penandatanganan Naskah Kerjasama Pengelola Program KKBPK Tahun 2018 antara Perwakilan BKKBN DIY dengan Pemerintah Kabupaten/Kota. Penandatanganan naskah untuk  Kabupaten Gunungkidul dari Dinas OPD KB diwakili oleh Dra Dwi Iswantini, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan KB, sedangkan Bupati Gunungkidul diwakili oleh Drs Sudodo, MM, Asek I. 
     


   

     Selesai penandatanganan naskah, acara dilanjutkan Sambutan Wakil Gubernur DIY sekaligus membuka Rakorda 2018. Wagub menekankan pentingnya koordinasi antar dinas terkait dalam mempercepat capaian program KKBPK Daerah Istimewa Yogyakarta dan adanya sinergritas lintas sektor dalam pengharapan Kampung KB. Sambutan dilanjutkan oleh Kepala Perwakilan BKKBN DIY,  Drs Bambang Marsudi, MM, yang menyampaikan bahwa Program KKBPK di DIY telah berhasil mencapai Penduduk Tumbuh Seimbang (PTS). Pencapaian ini, kata Bambang, ditandai dengan indikantor utama Angka Kelahiran Total atau Total Fertility Rate (TFR) sebesar 2,1-2,2 yang berarti setiap wanita  hanya melahirkan dua anak selama masa reproduksi. 


      Kepala Perwakilan BKKBN DIY juga menyampaikan bahwa alih kelola PKB/PLKB sejumlah 236 dari Pemerintah Kabupaten/Kota ke BKKBN Pusat dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2017, sedangkan yang belum mengikuti sertifikasi terdapat 4 orang PKB. Untuk penggajian, uang lauk-pauk dan tukin perwakilan BKKBN DIY terkendala data  ada 11 orang PKB. 


      Dukungan anggaran untuk mempercepat capaian program KKBPK DIY Tahun 2018 melalui DAK Fisik, lanjut Bambang, adalah sebesar 4.423.000.000 dan DAK Non Fisik Rp 16.394.500.000,00. Khusus anggaran untuk Program KKBPK Kabupaten Gunungkidul, DAK Fisik Rp 1.134.000.000,00 dan DAK Non Fisik sejumlah Rp 4.405.740.000,00.


      Setelah sambutan Kaper BKKBN DIY, acara kemudian dilanjutkan penyajian panel oleh 4 orang penelis yang dimoderatori oleh Drs  Bayu Haryana,  MSi  (staf ahli Gubernur DIY). Penyajian panel pertama disampaikan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekda DIY dengan judul materi, "Peran Lintas Sektor dalam Penggarapan Kampung KB.'  Penyaji penelis dari Kepala BAPPEDA DIY menyampaikan materi, "Perencanaan Program Pembangunan Berwawasan Kependudukan Menuju DIY Sejahtera." 
 

     Panelis ketiga menyampaikan materi, "Model Penggarapan Integrasi Lintas Sektor Dalam Pencegahan Stunting," yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan DIY. Sedangkan panelis keempat adalah Kepala BAPPEDA DIY  Dr RA Arida Oetami, MKes, dengan judul materi, "Optimalisasi Pemanfaatan Alokasi Dana Desa (ANDA) dalam Penggarapan Program KKBPK." 


     Terakhir adalah sambutan oleh Sekda DIY  Ir Gatot Saptadi, yang menegaskan perlunya koordinasi antar dinas/instansi dalam integrasi untuk mempercepat capaian penggarapan program KKBPK DIY Tahun 2018, sekaligus menutup Rapat Koordinasi Daerah Program KKBPK DIY Tahun 2018. (*) [Edy Subambang,  Tepus]
0 Viewers

Post a comment

1 Comments

  1. situs alternatif sabung ayam
    s128 jago filipina
    dapatkan user id bersama agen bolavita.ltd
    info lebih lanjut hubungi cs kami :
    WA: +628122222995

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine