Manfaat Elsimil untuk Pendampingan Calon Pengantin

Oleh: Indhah Pratiwi & Sujadiyono, SIP (pramusaji & koordinator PKB Kap Karangmojo)

Elsimil adalah aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Siap Hamil. Aplikasi ini merupakan inovasi dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang tujuan utamanya adalah menekan angka stunting.

Aplikasi ini ditujukan kepada calon pengantin, pasangan usia subur, ibu hamil, ibu pasca persalinan, dan balita. Aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store dengan nama Elsimil Calon Pengantin. Isinya antara lain pengisian data calon pengantin dan edukasi materi edukasi terdiri atas kesiapan pranikah, kesiapan kehamilan, kesehatan reproduksi, kontrasepsi, dan cegah kanker.

Sertifikat Elsimil adalah salah satu syarat administrasi untuk bisa menikah. Berikut ini cara mengisi data Elsimil hingga mengunduh sertifikat Elsimil. Hal ini sudah di terapkan di KUA Kapanewon Karangmojo yang sudah sepakat dalam syarat administrasi harus ada hasil pemeriksaan calon pengantin dari fasilitas kesehatan. 

Kesepakatan ini dibentuk saat pertemuan mini lokakarya tanggal 28 Februari 2024 di Balai Penyuluhan KB Karangmojo, di mana pada saat itu hadir juga Panewu Anom Kapanewon Karangmojo, Kepala KUA Kapanewon Karangmojo, Kepala UPT Puskesmas Karangmojo I, Kepala UPT Puskesmas Karangmojo II, kamituwa atau carik, serta PPKBD Kalurahan. Dalam pertemuan tsb telah dibuat kesepakatan bahwa jika ada calon pengantin diupayakan untuk melakukan pemeriksaan di fasilitaskesehatan terutama di Puskesmas dan setelah itu jika belum di damping TPK(Tim Pendamping Keluarga) maka di arahkan ke Balai Penyuluhan KB Kapanewon Karangmojo untuk mendapatkan edukasi pra nikah serta sertifikat Elsimil guna syarat administrasi menikah di KUA.

Pada kesempatan kali ini, Rabu (24/4), PKB Karangmojo, Sujadiyono, SIP dan pramusaji/pembantu PKB, Indhah Pratiwi, mendampingi calon pengantin atas nama Puji Astuti (29), alamat Ngelo 1, Ngawis Karangmojo dan Ahmad Jaelani (30), alamat Padaton, Brebes yang sudah membawa hasil pemerksaan dari UPT Puskesmas Karangmojo I. Untuk langkah petama, calon pengantin di sarankan mendownload aplikasi Elsimil di Play Store guna mendapatkan sertifikat siap nikah dan siap hamil. Gambaran tips-nya kurang lebih sebagai berikut :

1.  Unduh aplikasi Elsimil Calon Pengantin di Google Play Store
2. Daftar terlebih dahulu dengan memasukkan nama lengkap, alamat email, dan password yang akan kamu gunakan.
3. Setelah berhasil, login dengan email dan password tersebut.
4. Pilih 'Calon Pengantin'
5. Isi semua data, mulai dari nama, NIK, alamat, berat badan, tinggi badan, kadar Hb, lingkar lengan atas, informasi tentang paparan asap rokok.
6. Pilih 'Simpan'
7. Pilih 'Lihat Sertifikat'
8. Pilih 'Unduh Sertifikat'
9. Print sertifikat untuk syarat administrasi menikah

Nah, itulah tadi penjelasan lengkap mengenai Elsimil yang merupakan aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Siap Hamil, mulai dari pengertian, manfaat, dan cara pengisian data hingga mengunduh sertifikat Elsimil sebagai syarat menikah.

Manfaat dan Cara Kerja Elsimil

Manfaat Elsimil utamanya adalah untuk menekan angka stunting. Berikut ini sejumlah manfaat dan cara kerja Elsimil yang dikutip dari situs resmi BKKBN dan cegahstunting.id.

1. Alat Skrining Calon Pengantin
Calon pengantin wajib mengisi data di Elsimil untuk mendeteksi faktor risiko pada calon pengantin. Isinya antara lain biodata, berat badan, tinggi badan, HB, lingkar lengan atas, informasi tentang paparan asap rokok.

2. Alat Skrining Calon Anak
Calon pengantin yang berisiko akan terus didampingi Tim Pendamping Kesehatan (TPK) agar mereka bisa hamil dan melahirkan anak yang sehat. Bagi ibu hamil, TPK akan memberi pendampingan minimal 6 kali selama kehamilan.

3. Data untuk Intervensi Petugas
Dari informasi yang diisikan calon pengantin, maka akan terlihat apakah mereka berisiko melahirkan anak stunting atau tidak. Data ini akan digunakan TPK memberi penyuluhan rutin hingga anak mereka lahir dengan sehat.

4. Media Edukasi 
Di dalam aplikasi terdapat informasi tentang kesiapan menikah dan hamil, terutama yang berkaitan dengan risiko stunting. Selain itu ada edukasi tentang kesehatan reproduksi, kontrasepsi, dan pencegahan kanker.(*)
0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine