Selepas Reorganisasi, Insan GenRe Police Karangawen, Girisubo Gelar Refreshing dan Outbond di Tlaga Jonge Semanu

Oleh: Sabrur Rohim, SAg (PKB Girisubo)

SEMANU | Jumat (9/2) PIK-R Police Karangawen Girisubo mengadakan kegiatan out bond di area obwis Telaga Jonge, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul. Total pesertanya adalah 28 orang, terdiri dari 27 pengurus dan anggota PIK-R dan satu pembina. PKB Pembina Karangawen, Sabrur Rohim, SAg, juga hadir dalam even tsb bersama dengan instruktur outbond, Miyanto, SPdI.



Menurut pembina PIK-R Police, Beti Ruhani, SPd, kegiatan outbond ini merupakan acara rutin setiap periode kepengurusan PIK-R. Tujuannya selain untuk acara KIE di luar, juga dalam rangka penyegaran kembali (refreshing) setelah kegiatan reorganisasi yang baru saja memilih personil baru kepengurusan. Ditambahkan Beti, bahwa PIK-R Police adalah poktan di bawah program PKBR dengan segmen Berani, karena sebagian besar pengurus dan anggotanya merupakan anak-anak usia SMP.

Anak-anak Police berangkat dengan mengendarai satu anakbus, start dari Karangawen, Girisubo jam 03.00 WIB dan sampai ke lokasi Tlaga Jonge sekitar jam 14.00 WIB. Acara pun segera dimulai, setelah sejenak anak-anak melakukan pengenalan lingkungan sekitar. Banyak sudut dan lokasi di Tlaga Jonge untuk dinikmati dan sebagai ajang swafoto yang mereka singgahi. Pertama-tama diadakan seremoni pembukaan, dilanjutkan penyampaian materi ringan nan singkat oleh Sabrur Rohim selaku PKB Pembina wilayah. Oleh Pak Sabrur, sapaan akrabnya, insan genre Police dikenalkan soal Triad KRR dan salam GenRe, yang diselingi dengan tanya jawab untuk mengasah ingatan soal materi KIE (penyuluhan).

Selesai materi oleh Pak Sabrur, kegiatan dilanjutkan dengan outbond yang diisi oleh Miyanto, SPdI, seorang pegiat AMT dan hipnoterapi. Dalam sesi ini, anak-anak diajak bersimulasi dalam pelbagai permainan edukatif untuk menanamkan spirit percaya diri, kekompakan, kepemimpinan, solidaritas sosial, dan sebagainya. Pada sebuah sesi, peserta juga dibagi menjadi tiga tim, dan mereka diajak berlomba membuat nama tim dan yel-yel yang unik. Yang juara mendapatkan hadiah yang lucu dan menarik dari BPKB (balai penyuluhan KB) Girisubo.



Setelah materi selesai, anak-anak diajak berdiskusi sejenak menanggapi permainan yang baru mereka ikuti terkait pesan apa yang terkandung di dalamnya. Semuanya mendapatkan kesan yang positif meski dengan ekspresi dan daya tangkap yang berbeda satu sama lain. Faiz, ketua baru PIKR Police, mengaku sangat terkesan dengan kegiatan kali ini, karena menurutnya banyak hal positif yang diperolehnya. Faiz juga berharap value yang diperolehnya dari permainan-permainan tadi bisa diterapkan dalam keseharian di rumah, di sekolah, dan dalam organisasi.

Bertepatan dengan kumandang azan asar, acara selesai dan anak-anak menikmati snack dan minuman ringan yang sudah mereka siapkan dari rumah. Mereka juga jajan aneka cemilan di lokasi obwis Tlaga Jonge yang murah, meriah, dan enak. Mereka memang sudah diinstruksikan agar membawa sangu sendiri untuk jajan di lokasi obwis. Sebelum pulang, mereka sempat berfoto bersama untuk kenang-kenangan.

Sabrur Rohim, SAg, PKB, mengapresiasi positif kegiatan ini. "Semoga anak-anak bisa menangkap pesan dan kesan yang baik dalam kegiatan outbond ini, dan bisa membentuk karakter dan skill mereka. Kami berharap, semoga kegiatan ini bisa terus dilaksanakan secara rutin untuk pengurus-pengurus PIK-R di masa mendatang," ujar pria yang juga menjadi pemred majalah Cahaya Keluarga ini.(*)
0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine