Dengan Jambore, Kader Semakin Bersemangat dalam Mengemban Tugas

Oleh: Ervina Budiati, SAP (pramusaji Kap Saptosari)

SAPTOSARI - Kegiatan jambore atau outbond dalam suatu instansi atau suatu kelompok memang sangatlah penting dimana para anggota akan merasakan refresh dan semakin semangat dalam bertugas. Hal ini pula yang dirasakan oleh kader Kapanewon Saptosari karena Jumat, 19 Januari 2024, pukul 07.00 WIB - selesai ketika mengikuti even Jambore Kader Kapanewon Saptosari yang dilaksanakan oleh Puskesmas Saptosari. Acara tsb bertempat di GOR Bagas Waras, Kepek, Saptosari. 


Arti outbond adalah suatu bentuk dari pembelajaran segala ilmu terapan yang disimulasikan dan dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan yang efektif, yang menggabungkan antara intelegensia, fisik, dan mental. Inti dari outbond adalah kekompakan, di mana ini sangat perlu diterapkan dalam kerja para kader. Hujan tak menghalangi kader untuk mengikuti kegiatan tersebut karena mereka merasa bangga dan bahagia menjadi kader di Kapanewon Saptosari. Tujuan Kegiatan refresing dan outbound ini bagi kader se-Kapanewon Saptosari tidak hanya untuk kegiatan hiburan saja, akan tetapi dijadikan pula sebagai wadah untuk mempererat kebersamaan dan silaturahimi antara kader. Kegiatan ini juga untuk memberikan motivasi semangat bagi para kader.

Acara diawali dengan doa bersama dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan prakata pembuka oleh Kepala UPT Puskesmas Saptosari, dr Ari Hermawan, yang pertama-tama mengucapkan terimakasih atas kedatangan para kader dan dedikasi para kader dalam mengemban tugas-tugas yang memang tidak mudah, dan sudah mau bekerja dengan ikhlas menjadi motor penggerak dalam bidang kesehatan. 

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan senam "Hore" yang di pandu oleh pemandu senam dari UPT Puskesmas Saptosari. 

Kegiatan refresing dan outbound ini bisa membuat suasana ceria, bahagia kader yang mengikuti kegiatan ini. Acara ini meliputi beragam kegiatan yang dirancang untuk memperkuat hubungan antar anggota tim dan meningkatkan keterampilan berkolaborasi. Dari permainan outbound hingga sesi diskusi kelompok, semua peserta terlibat secara aktif dan antusias. Selain itu, melalui berbagai tantangan dan permainan, para peserta dapat memahami pentingnya kerja sama dan komunikasi yang efektif dalam mencapai tujuan bersama. 

Peserta terdiri dari kader kesehatan, kader BKB maupun kader KB Kalurahan Krambilsawit, Ngloro, Jetis, Kepek, Kanigoro, Monggol dan juga Planjan, dengan total peserta sekitar hampir 250 personil. Melalui permainan ini, peserta belajar bagaimana bekerja sama, saling mendengarkan, dan menyatukan pemikiran mereka untuk menyelesaikan tugas.

Dalam kegiatan ini juga terdapat doorprize semata sebagai ucapan terimakasih kepada pengabdian para kader dalam mengemban tugas dan mengemban amanah yang dirasakan tidak mudah, karena memang kita sadari ujung tombak dari data adalah bersumber dari kader yang ada di Kalurahan. Di tahun 2024 ini kader tidak semakin ringan namun semakin berat amanah yang mereka emban dan harus mereka selesaikan. Karena data yang berkualitas bermula dari kader yang selalu update keadaan kalurahan bahkan RT di masing-masing wilayah. 

Kebahagiaan mereka terpancar saat mereka memainkan setiap permainan dan setiap sesi dalam outbond. Dari membuat yel-yel bersama juga membuat jargon untuk kelompok mereka masing-masing. Diiringi dengan lagu-lagu campursari yang hits gelak tawa mereka dapat memecah suasana yang dingin karena hujan tidak juga reda sedari pagi. 

Saat akhir sesi, dilakukan pemberian piala untuk administrasi kader BKB terbaik, juara pertama diraih oleh Kalurahan Planjan, juara kedua diraih olek Kalurahan Monggol,


dan juara ketiga diraih oleh Kalurahan Ngloro. Dengan ini mereka tidak puas begitu saja, namun dengan ini akan menjadikan cambuk semangat untuk lebih baik lagi kedepannya. Kemudian acara ditutup dengan doa bersama dan bernyanyi bersama.(*)

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine