Dampak Teknologi Informasi Pada Kepribadian Remaja

Oleh: Ir Sihana Yuliarto (PKB Tanjungsari)


Era globalisasi yang didominasi oleh perkembangan teknologi informasi adalah potret kondisi saat ini, hal mana remaja menjadi salah satu kelompok yang paling terpengaruh oleh revolusi digital. Penggunaan teknologi informasi, seperti smartphone, media sosial, dan internet, telah membawa dampak signifikan pada perkembangan kepribadian remaja. Berubah merupakan hal yang wajib dilakukan oleh remaja, berubah dalam pola pikir, berubah bersikap perilaku dalam menghadapi kemajuan teknologi informasi. Sikapnya, remaja harus menerima dan diikuti dengan bijak dalam memilah dan memilih mana yang baik dan tidak baik untuk kita terapkan dalam kehidupan. Kemajuan teknologi sekaligus merupakan tantangan bagi remaja, disatu sisi akan ada dampak positif dan disisi lain juga ada dampak negatifnya pada kepribadian remaja. 

Artikel ini akan menelusuri berbagai dampak positif dan negatif dari penggunaan teknologi informasi pada kepribadian remaja, serta tantangan yang mungkin timbul seiring dengan perkembangan tersebut.


Dampak Positif

a. Koneksi Sosial

Penggunaan media soaial memungkinkan remaja untuk terhubung dengan teman-teman, baik yang berada di sekitar maupun yang berada di lokasi yang jauh. Hal ini dapat memperluas lingkup sosial mereka dan memberi mereka kesempatan untuk membangun dan menjaga hubungan tnterpersonal. Sehingga dapat explore kemampuan remaja dalam bersosialisasi, yang dimungkinkan muncul hubungan relasi yang lebih luas yang mendukung mudahnya menuju dunia kerja, dan masa depan yang lebih baik.

b. Akses Informasi

Teknologi informasi memberikan akses cepat dan mudah ke berbagai informasi. Remaja dapat mengembangkan minat dan pengetahuan mereka melalui browsing internet, membaca artikel online dan terlibat dalam diskusi daring. Kemudian, melalui akses internet remaja mendapatkan berbagai informasi baik dari dalam maupun luar negeri, sehingga semakin luas wawasan pengetahuannya. Seiring dengan semakin mudahnya mengakses informasi, remaja harus bijak dalam memilih dan memilah informasi yang tepat untuk dipelajari dan dikembangkan dan informasi mana yang harus ditinggalkan karena dapat merusak kepribadian remaja.

c. Pengembangan Ketrampilan

Penggunaan teknologi informasi dapat membantu remaja mengembangkan berbagai ketrampilan, termasuk ketrampilan teknologi literasi digital dan kemampuan berpikir kritis saat menilai informasi yang ditemui di dunia maya.


Dampak Negatif

a. Kecanduan Teknologi

Penggunaan teknologi yang tidak bijak juga akan menimbulkan damapak negatif, salah satutunya kecanduan gadget. Kecanduan gadget dan media sosial menjadi masalah serius. Remaja yang terlalu terfokus pada layar dapat mengalami gangguan tidur, penurunan produktivitas, dan isolasi sosial.

b. Dampak Mental dan Emosional

Pemaparan terus-menerus terhadap konten online tertentu, seperti cyberbullying atau citra tubuh yang tidak realistis, dapat berkontribusi pada masalah kesehatan mental dan emosional remaja.

c. Ketidakamanan Privasi

Penggunaan media sosial dan berbagai platform online juga membawa resiko terkait privasi. Remaja mungkin tidak menyadari potensi konsekuensi dari berbagi informasi pribadi secara terbuka di dunia maya.


Tantangan yang muncul

a. Pemahaman Digital

Remaja perlu diberdayakan dengan pemahaman yang mendalam tentang literasi digital, termasuk bagaimana menyaring informasi, memahami sumber daya online, dan melindung privasi mereka.

b. Pengawasan Orang Tua

Orang tua dan pengajar perlu mamainkan peran penting dalam mengawasi penggunaan teknologi remaja, memberikan panduan, dan mengajarkan etika online yang baik.

c. Pendidikan Kesehatan Mental

Program pendidikan kesehatan mental di sekolah dan di rumah perlu mengintegrasikan pemahaman tentang dampak teknologi informasi pada kesehatan mental remaja dan strategi untuk mengatasi masalah tersebut.


Penutup

Dalam menghadapi era digital, remaja memerlukan dukungan dan panduan agar dapat memanfaatkan teknologi informasi dengan bijak. Kombinasi antara kesadaran akan dampak positif dan negatif, bersama dengan pemahaman mendalam tentang literasi digital, akan membantu membentuk kepridian remaja untuk menghadapi tentangan dan tuntutan masa depan.(*)
0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine