MEKOP Sebagai "Peta Petunjuk" Pelaksanaan Program Bangga Kencana di Lini Lapangan

Oleh: Purwadi, SH (PKB Kap Paliyan)

PALIYAN | Mekanisme Operasional atau yang sering disebut dengan istilah ‘Mekop’ program Bangga Kencana adalah langkah‐langkah operasional Program Bangga Kencana yang bekerja atau berfungsi dengan baik, teratur, terencana dan terus‐menerus, yang satu sama lain saling berkaitan, berkesinambungan, bersinergi, dan berkelanjutan, dengan melibatkan seluruh potensi yang ada di semua tingkatan.


Dalam pelaksanaannya, mekanisme operasional dapat dilihat dari beberapa perspektif, diantaranya: perspektif tingkatan wilayah pelaksana dan pengelola dan perspektif rangkaian kegiatan mekanisme operasional. Berdasarkan tingkatan wilayahnya, pelaksanaan program Bangga Kencana dan mekanisme operasional di lini lapangan setidaknya terbagi atas dua tingkatan, yaitu: Mekanisme Operasional di tingkat Kapanewon/Kecamatan, dan Mekanisme Operasional tingkat Kalurahan/Desa.

Mekanisme operasional (mekop) pengelolaan program Kependudukan Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga pada tingkat kapanewon/kecamatan merupakan rangkaian kegiatan yang melibatkan berbagai unsur baik pengelola dan pelaksana, untuk mencapai kesepakatan di dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan operasional dan pengendalian operasional di tingkat kapanewon/kecamatan. 

Bentuk kegiatan mekop di tingkat kapanewon/kecamatan adalah staff meeting, rapat koordinasi tingkat kapanewon (Rakorcam) dan disempurnakan dengan pertemuan Tri Komponen yang melibatkan penyuluh KB, Bidan Pengelola Faskes, dan kader IMP (PPKBD/sub PPKBD).

Mekanisme operasional (mekop) pengelolaan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan pembangunan Keluarga pada tingkat Kalurahan/Desa merupakan rangkaian kegiatan yang melibatkan berbagai unsur baik pengelola dan pelaksana, untuk mencapai kesepakatan di dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan operasional dan pengendalian operasional di tingkat Kalurahan/Desa. Bentuk kegiatan mekop di tingkat Kalurahan/Desa atara lain Rakor Desa/Kalurahan, Pembinaan IMP, Pembinaan Poktan dan Pokjanal Kampung KB.

Di Kapanewon Paliyan masing-masing Kalurahan/Desa memiliki jadwal pertemuan rapat koordinasi program Bangga Kencana yang berbeda-beda, dari mulai Kalurahan Pampang tanggal 9, Kalurahan Mulusan tanggal 15 dan Kalurahan Grogol tanggal 21 dalam setiap bulannya dengan Penyuluh KB pendamping Tri Nur Hidayati SSos. Untuk Kalurahan Karangasem dikarenakan luasnya wilayah, maka pertemuan rapat koordinasi tingkat Kalurahan/Desa dibagi menjadi 3 (tiga) kring, yakni kring utara tanggal 6, kring tengah tanggal 11, dan kring selatan tanggal 16 denga Penyuluh KB pendamping Purwadi, SHI. Kalurahan Giring, dan Sodo masing-masing tanggal 25 dan 14 juga dengan pendamping Purwadi, SHI. Sementara Kalurahan Karangduwet pelaksanaan rapat koordinasi Kalurahan/Desa dilaksanakan setiap tanggal 8 dengan Penyuluh KB pendamping Devi Amlika, AMd Keb.(*)

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine