Peresmian Kampung KB Binangun, Songbanyu, Girisubo

Oleh: Taslima Vidyastuti (PKB PPPK Kapanewon Girisubo)




GIRISUBO | Padukuhan Selang, Songbanyu, Girisubo pada Selasa, 31/10, menjadi saksi peristiwa bersejarah yang penting dengan peresmian Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB) "Binangung", Kalurahan Songbanyu. Acara peresmian digelar di balai padukuhan yang sederhana, dihadiri oleh penduduk perwakilan warga, tokoh agama dan tokoh masyarakat, pengurus Pokja Kampung KB Binangun, serta beberapa pejabat pemerintah dari Kalurahan Songbanyu maupun Kapanewon Girisubo.

Semarak acara dimulai dengan pembukaan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta Mars KB. Selanjutnya acara sambutan, di mana Dukuh Selang, Deni Suharyanto, memaparkan kondisi riil dan potensi wilayah Padukuhan Selang sebagai sampel kampung KB di Kalurahan Songbanyu, misalnya terkait dengan kesertaan KB, jumlah poktan, jumlah balita, remaja, lansia, bumil, dan seterusnya. Dalam sambutannya, Deni, sapaan akrabnya, menggarisbawahi pentingnya program Bangga Kencana dalam menopang terwujudnya keluarga yang sehat dan sejahtera, dan terutama keluarga yang bebas dari stunting. Dia menegaskan komitmen padukuhan Selang dalam mendukung program Bangga Kencana sebagai upaya konkret meningkatkan kualitas hidup warga padukuhan Selang khususnya, dan ke depan akan menjadi teladan bagi 12 padukuhan lain di Songbanyu.

Kemudian, sambutan dari perwakilan Kalurahan Girisubo, Parjo, Kamituwa Songbanyu, yang hadir mewakili Lurah Songbanyu yang karena acara di tempat lain menyebabkan tidak bisa datang ke acara peresemian Kampung KB Binangun. Parjo menyampaikan bahwa program ini adalah langkah nyata Padukuhan Selang dalam meningkatkan pemahaman dan akses terhadap program Bangga Kencana bagi masyarakat Songbanyu pada umumnya, dan terkhusus Selang sebagai sampel di tingkat kalurahan, khususnya dalam hal capaian kesertaan KB dan ketahanan keluarga. Selain itu, program ini diharapkan dapat membantu mengurangi angka stunting dan mengentaskan kemiskinan warga di pinggiran.

Sementara itu, Panewu Girisubo, yang diwakili oleh Kepala Jawatan Sosial, Paelan, SSos, dalam sambutannya menekankan pentingnya kerja sama antara tingkat padukuhan, kalurahan, dan pemerintah kapanewon dalam menjalankan program Bangga Kencana.

Paelan mengatakan, "Peresmian Kampung KB ini adalah langkah maju yang luar biasa dalam upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas dan sejahtera. Saya sangat mendukung inisiatif Kalurahan Songbanyu dalam mengimplementasikan program ini dengan menetapkan Selang sebagai padukuhan sampel, dan ke depan akan menginspirasi padukuhan-padukuhan lain."

Paelan juga menyoroti pentingnya edukasi terkait percepatan penurunan stunting. "Dengan pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang perencanaan pernikahan, pengaturan kehamilan, pengaturan jumlah anak, kita akan bisa mewujudkan keluarga yang sehat, bahagia, sejahtera, serta bebas stunting. Program ini adalah langkah awal yang bagus untuk mencapai tujuan tersebut," tambah Paelan.

Seuasi sambutan, Paelan, mewakili Panewu, kemudian menarik korden yang menutupi papan nama, sebagai tanda diresmikannya Kampung KB Binangun, dilanjutkan penyerahan prasasti kepada Dukuh Selang, Deni Suharyanto, disaksikan segenap hadirin.

Acara peresmian tidak sekadar seremonial.  Acara dilanjutkan dengan KIE, komunikasi, informasi dan edukasi oleh koordinator PKB, Sabrur Rohim, kepada peserta rapat tentang pentingnya program Bangga Kencana, yang ke depan akan banyak fasilitasi melalui sub program seperti BKB, BKR, BKL, PIK-R, dan UPPKA, ada juga program Dashat (dapur sehat atasi stunting) dan RDK (rumah data kependudukan). 

Masyarakat Padukuhan Selang diharapkan bersemangat untuk mengikuti program-program ini. Mereka ke depan diharapkan aktif mengikuti pertemuan penyuluhan dan berpartisipasi dalam aneka kegiatan pemberdayaan di kampung KB, sebagai bukti nyata komitmen mereka untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang program Bangga Kencana. Demikian ditekankan oleh Sabrur.

Parjo dalam kesempatan ramah tamah seusai seremoni mengatakan bahwa Kampung KB "Binangun" bukan hanya menjadi sebuah program, tetapi hendaknya juga simbol komitmen kuat padukuhan Selang dalam pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kualitas hidup mereka. "Program ini adalah bukti nyata bahwa kerja sama antara pemerintah dan masyarakat dapat menciptakan perubahan positif di tingkat padukuhan," kata Parjo.

Demikianlah, peresmian Kampung KB Binangun tidak hanya menjadi sebuah peristiwa sehari, tetapi sebuah awal yang cerah bagi Padukuhan Selang. Ini menjadi inspirasi bagi padukuhan-padukuhan lain di Songbanyu dalam upaya mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera. Semoga program ini sukses dan memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat Songbanyu.(*)
0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine