Orientasi Verval KRS di Kapanewon Ponjong

Oleh: Suka Priyana, SSos (PKB Kap Ponjong)

PONJONG | Selasa, 19 September 2023, dilaksanakan orientasi verval KRS di Kapanewon Ponjong. Orientasi verval KRS dimulai pukul 09:00 WIB dengan peserta orientasi verval terdiri dari unsur Tim Pendamping Keluarga yang di dalamnya terdapat unsur kader KB dan kader PKK, di mana setiap kalurahan hanya menunjuk 2 orang sebagai kader verval KRS.


Tujuan umum adalah mendapatkan data sasaran yang valid dan akurat yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan penajaman sasaran maupun intervensi program dalam rangka penurunan keluarga beresiko stunting maupun kasus stunting. Tujuan khusus yaitu memverifikasi data sasaran hasil PK 21 dan Pemutakhirannya dengan data di lapangan dan mengupdate data sasaran hasil PK 21 dan pemutakhirannya dengan hasil verifikasi lapangan.

Orientasi verval KRS di Kapanewon Ponjong tidak melibatkan seluruh kalurahan yang ada di kapanewon Ponjong, melainkan hanya 8 Kalurahan yang ikut dalam Orientasi verval KRS. 8 Kalurahan yang ikut dalam verval KRS yaitu Kaluraha Sawahan, Kalurahan Tambakromo, Kalurahan Sumbergiri, Kalurahan Genjahan, Kalurahan Kenteng, Kalurahan Karangasem, Kalurahan Bedoyo, dan Kalurahan Sidorejo. Kalurahan yang ikut serta dalam verval yaitu kalurahan yang pada tahun 2022 tidak ikut dalam updating data PK 21.

Orientasi Verval KRS dibuka dengan sambutan Panewu Ponjong. Beliau, dalam sambutannya membuka acara sekaligus memberikan motivasi kepada peserta orientasi verval KRS untuk bersemangat dan bertanggungjawab saat melakukan verval KRS.

Kemudian dilanjutkan materi verval KRS yang disampaikan PKB Ponjong, Kusumanto Dewobroto, SIKom. Dewobroto menyampaikan materi meliputi sasaran keluarga yang diverval yaitu PUS, ibu hamil, baduta dan balita, serta materi mengenai pengisian formulir verval KRS bagi keluarga baru yang belum terdata dalam PK21 dan penggunaan aplikasi verval KRS. Diharapkan kader yang melakukan verval KRS dapat berkunjung kerumah-rumah sehingga data yang didapatkan valid dan sesuai dengan kenyataan.(*)
0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine