Orientasi Verval Keluarga Risiko Stunting (KRS) di Kapanewon Panggang

Oleh: Susilastuti (Pramusaji BPKB Panggang)

PANGGANG | Dalam rangka verifikasi dan validasi data keluarga berisiko stunting (Verval KRS) tahun 2023, Kapanewon Panggang menyelenggarakan orientasi verval pada hari Rabu, 20 September 2023, pukul 08.30 WIB, bertempat di aula Balai Penyuluhan Keluarga Berencana Kapanewon Panggang.


Peserta dalam orientasi tersebut adalah Kader Pendamping Keluarga (TPK) dari unsur Kader IMP dan PKK dari lokus verval, yakni:

1. Kalurahan Girikarto
Kader IMP: Indiyah
PKK: Sarjiyanti

2. Kalurahan Girisekar
Kader IMP: Parsilah
PKK: Islamiyati

3. Kalurahan Giriwungu
Kader IMP: Desiyarti
PKK: Asih Lanjarni


4. Kalurahan Giriharjo
Kader IMP: Rimbawati
PKK: Andri Qodariyah

Acara diawali dengan pembukaan workshop dan orientasi verifikasi dan validasi tahun 2023 oleh Dra Saminem, yang menjelaskan pentingnya kegiatan verifikasi dan validasi data KRS tahun 2023. Peserta diingatkan untuk bersemangat dalam mengumpulkan data yang akurat.

Selanjutnya, materi workshop dan orientasi verifikasi dan validasi data KRS tahun 2023 disampaikan Harwanto, SSos, yang juga menjabat sebagai Koordinator PKB Kapanewon Panggang. Materi yang disampaikan mencakup:

1. Kebijakan dan Strategi Verval KRS tahun 2023, dengan tujuan memotivasi kader TPK di lokus verval KRS tahun 2023, yaitu Kalurahan Girikarto, Kalurahan Girisekar, Kalurahan Giriwungu, dan Kalurahan Giriharjo, untuk melakukan update verval KRS dengan baik menggunakan smartphone masing-masing.


2. Panduan Input Aplikasi Verval KRS 2023, mencakup konsep pengembangan Aplikasi SIGA-Verval KRS, hak akses pengguna aplikasi SIGA-Verval KRS, dan petunjuk input aplikasi WEB SIGA-Verval KRS.


3. Simulasi Penggunaan Aplikasi Verval KRS, yang melibatkan kader pendata yang dibantu oleh PKB dalam melakukan pengecekan smartphone masing-masing sesuai langkah-langkah yang dijelaskan. Peserta diajak untuk mempraktekkan penggunaan aplikasi verval KRS secara langsung dengan sampel keluarga sasaran yang relevan.

Kegiatan workshop verval KRS tahun 2023 berjalan dengan lancar dan penuh semangat. Rekomendasi tindak lanjutnya adalah: Pelaksanaan kegiatan verval tahun 2023 harus dilakukan segera oleh kader pendata.
Kader pendata perlu melakukan verifikasi data dengan kunjungan ke rumah.

Acara diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing peserta. Selain itu, sesi dokumentasi dan makan bersama antara kader pendata dan PKB di Balai Penyuluhan Keluarga Berencana Kapanewon Panggang turut diadakan.(*)

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine