Giat BKL Sri Manganti Temu; Outbond di Lembah Desa Pulutan dan Dolan Bareng ke Telaga Jonge Semanu

Oleh: Dwi Arti Novitasari, SH (PKB Kapanewon Wonosari)

WONOSARI | Bina Keluarga Lansia (BKL) Sri Manganti di Kampung KB Temu, Kelurahan Pulutan, yang selama ini rutin mengadakan kegiatan di Balai Padukuhan Temu, seperti Timbang Badan, pengecekan Tensi, Penyuluhan, dan terkadang Gejog Lesung, telah mengadakan kegiatan di luar rutinitas mereka selama bulan Juni dan Juli ini. Mereka melakukan kegiatan outbound di obwis Lembah Desa Pulutan dan bersama-sama naik kereta mini ke Obyek Wisata Alam Jonge, Semanu.

Kegiatan beruntun ini telah direncanakan sebelumnya oleh para lansia dan kader BKL. Mereka ingin suasana yang berbeda untuk meningkatkan semangat dan keakraban di antara anggota dan kader.





Kegiatan outbound dilaksanakan di Lembah Desa Pulutan, yang merupakan tempat wisata alam edukatif di Kalurahan Pulutan. Kegiatan ini dipandu oleh Hendy Purwanto, yang juga merupakan pengurus Desa Wisata dan Karang Taruna Cahya Wiramuda, Padukuhan Temu, Pulutan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah menjalin silaturahmi, mempererat hubungan di antara anggota BKL Sri Manganti, bersama-sama menyegarkan diri, bermain bersama, meningkatkan rasa percaya diri, dan mengenal lebih baik tentang Lembah Desa yang menjadi aset potensial di Kalurahan Pulutan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Kelurahan Pulutan, Ny Diana Rusmiyanto, penyuluh KB Kapanewon Wonosari, Dwi Arti Novitasari, SH, dan Tulus Sumihardi, SPd.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 40 kader dan anggota BKL Sri Manganti yang sangat menikmati permainan serta pemandangan alam di Lembah Desa Pulutan.

Agenda selanjutnya dari BKL Sri Manganti adalah "Dolan Bareng Seneng Bareng" yang dilaksanakan pada 25 Juli 2023, di obyek wisata alam Telaga Jonge, Kapanewon Semanu, dengan menggunakan 2 buah kereta mini.

Tujuan dari wisata ini adalah bersilaturahmi dan mengurangi kepenatan dari rutinitas harian. Kegiatan di Jonge mencakup makan bersama, penyuluhan, berwisata alam, dan perjalanan naik perahu bersama.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 53 kader BKL, anggota BKL, serta keluarga mereka, didampingi oleh penyuluh KB Kapanewon Wonosari, Dwi Arti Novitasari dan Tulus Sumihardi.

Dalam penyuluhan, Dwi Arti Novitasari yang juga merupakan penyuluh KB Kelurahan Pulutan, memberikan informasi dan edukasi tentang "Pola Hidup Sehat pada Lansia", yang di dalamnya mencakup berfikir positif, menghindari stres, mengatur pola makan dengan gizi seimbang, olah raga yang sesuai dengan kemampuan, istirahat yang cukup, pemeriksaan kesehatan rutin, dan menciptakan lingkungan yang sehat.

Mereka sangat menikmati pemandangan alam yang ada di obyek wisata alam Telaga Jonge. Acara berakhir di siang hari, dan mereka kembali ke Padukuhan Temu, Kelurahan Pulutan, dengan suasana yang menyenangkan.(*)

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine