Dolan Bareng ke Pantai Baron, Kader Nglaban Juara 1 Lomba Yel-yel Kesehatan dan Banggakencana

Oleh: Sabrur Rohim, SAg, MSI (Kapanewon Girisubo) 

TANJUNGSARI | Setelah sekian lama merencanakan dan menunggu, akhirnya kegiatan itu pun terlaksana, yakni "Dolan Bareng Kader Kesehatan & KB Kalurahan Jepitu". Jumlah kader yang ikut sekitar 100 orang lebih, dari unsur kader Kesehatan (Yandu) dan kader IMP. Menggunakan dua armada besar, mereka bertamasya ke obyek wisata Pantai Baron, Kemadang Tanjungsari. Sebagai pendamping adalah bidan pembina wilayah, Suharti, AMd Keb, PKB Sabrur Rohim, SAg, MSI, perawat kesehatan masyarakat, Faris Shalih Afif, serta perwakilan Pemerintah Kalurahan Jepitu, Supriyanto (kamituwa). 

Peserta sampai di lokasi sekitar  jam 09.00 WIB, dan acara seremonial langsung digelar di pendapa obyek wisata Pantai Baron, yang lokasinya tidak jauh dari bibir pantai. Acara dipimpin oleh koordinator kader/PPKBD, Aroum Widyowati, yang juga langsung memimpin segenap peserta untuk membuka acara dengan berdoa bersama. Selanjutnya adalah sambutan oleh Kamituwa Jepitu, Supiriyanto. Kamituwa menjelaskan bahwa acara ini memang sudah dirancang lama, sebagai kompensasi bagi para kader yang telah menunjukkan kinerja yang sangat bagus dalam membantu Kalurahan Jepitu untuk mensukseskan program kesehatan dan KB. Kamituwa berharap agar para kader bisa menikmati tamasya/rekreasi semaksimal mungkin, dan untuk pekerjaan atau kesibukan apa pun di rumah, agar dilupakan dulu. Kamituwa juga mengharapkan agar kegiatan semacam ini bisa terus diadakan di waktu-waktu mendatang. 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Sabrur Rohim, PKB Girisubo. Dalam sambutannya Sabrur sangat mengapresiasi kegiatan kali ini dan berharap semua kader bisa menikmati suasana dengan lepas tanpa beban, agar semangat kembali tumbuh esok hari untuk menyambut tugas dan kewajiban yang sudah banyak menunggu di wilayah binaan masing-masing. Hal yang sangat diharapkan ke depannya, tentu saja, dengan semangat baru tsb, program-program yang digarap semakin sukses dan membawa kebaikan bagi segenap masyarakat Jepitu, baik di dalam program Bangga Kencana ataupun kesehatan. 

Bidan pembina wilayah Kalurahan Jepitu, Suharti, AMd Keb, dalam sambutannya mengajak kader Jepitu untuk ikhlas, fokus, dan kompak dalam menunaikan tugas di lapangan sebagai mitra kerja bidan dan penyuluh KB. Harus disadari bersama-sama, bahwa kerja dan ketugasan kita tak lain adalah untuk kepentingan dan kemaslahatan warga kita di Jepitu, yang terdiri atas 10 padukuhan. Kita bekerja dengan hati, karena jika mengharapkan gaji/opernasional, honor yang diberikan kalurahan jelas tidak seberapa. Demikian ditandaskan Bu Harti, sapaan beliau. 

Selepas acara sambutan-sambutan yang bersifat resmi, selanjutnya adalah sesi santai bersama Faris Shalih Afif, penyuluh kesehatan masyarakat UPT Puskesmas Girisubo. Faris, demikian panggilan akrabnya, mengajak ibu-ibu kader dalam simulasi dan atraksi ice breaking. Ibu-ibu kader, juga segenap peserta lain, dengan antusias mengikuti sesi yang dikomandani Faris ini. Gelak tawa dan canda bergemuruh bareng aneka macam gerak tubuh para kader yang begitu energik dan asyik. Permainan-permainan yang digelar bukan saja membuat tubuh jadi fresh dan andrenalin meningkat, tetapi juga melatih mental dan semangat, penuh motivasi dan inspirasi. 

Acara berikutnya adalah yang ditunggu-tunggu, yakni lomba yel-yel kesehatan dan KB yang diikuti oleh 10 padukuhan se-Kalurahan Jepitu. Masing-masing kader per padukuhan menunjukkan talenta dan kreativitasnya, baik dalam gerak lagu, pesan dalam lirik, serta kostum, yang semua-muanya apik dan menarik. Aplaus, teriakan, jeritan, dan gelak tawa mengiringi setiap aksi. Semua tampil bagus, sehingga para juri sampai bingung menentukan siapa pemenangnya. Tetapi, setelah semua nilai dijumlahkan, ketiga juri (bidan pembina wilayah, PLKB, dan kamituwa) akhirnya menentukan sebagai juaranya adalah sbb: juara 1 kader Padukuhan Nglaban, juara 2 kader Padukuhan Manukan, dan juara 3 kader Padukuhan Senggani.

Penyerahan hadiah dilaksanakan di rumah makan, sembari para peserta menikmati hidangan makan siang. Hadiah diserahkan oleh Kamituwa, bidan pembina wilayah, dan PLKB. Juga diserahkan hadiah-hadiah dari perlombaan yang dilaksanakan beberapa hari sebelumnya oleh BPKB Girisubo di balai Kalurahan Jepitu.

Sabrur Rohim selaku penyuluh KB mengucapkan selamat baik kepada kader secara  personal, atau komunitas kader, yang telah meraih prestasi. Kiranya ini menjadi inspirasi dan motivasi untuk makin meningkatkan prestasi di masa depan. Kepada yang belum beruntung, bisa berkompetisi lagi di tahun depan, demikian pesan PLKB.(*)


















0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine