Tingkatkan Kapasitas, Kader TPK Unsur IMP Karangmojo Ikuti Outbond di New Rivermoon, Klaten

Kontributor: Dinarsih, SIKom


KARANGMOJO
| Dalam rangka mendukung percepatan penurunan Stunting (PPS), BPKB Karangmojo mengadakan kegiatan peningkatan kapasitas Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) yang ada di Kapanewon Karangmojo, pada Rabu (12/01). Pesertanya adalah kader IMP yang diwakili 4 (empat) orang dari masing masing kalurahan. Format acaranya adalah outbond dan tubing yang diselenggarakan di New Rivermoon, Klaten.

Kegiatan tersebut didampingi oleh Panewu dan Jawatan sosial Kapanewon Karangmojo, dan berangkat dari halaman Kapanewon Karangmojo pada pukul 07.15 WIB. Sekitar  dua jam perjalanan sampailah pada tempat yang dituju, yaitu di New Rivermoon, Klaten, pada pukul 09.15 WIB.

Sebelum kegiatan outbond dan tubing dilaksanakan, terlebih dulu diadakan pertemuan singkat dengan acara sambutan dan pengarahan Panewu, sedikit materi terkait PPS oleh PKB, serta pelepasan IMP yang mengundurkan diri.

Acara dibuka oleh Dinarsih dengan berdoa bersama, dilanjutkan sambutan dan pengarahan oleh Panewu Drs Marwata Hadi, MSi. Dalam sambutannya disampaikan alhmadulillah, puji syukur, bahwa kegiatan dapat terlaksana setelah sekitar 2 tahun tertunda karena pandemi. "Kegiatan outbond ini dimanfaatkan merefresh badan dan pikiran untuk memyongsong tugas tugas sebagai IMP di tahun 2022 terutama pada PPS, mari tetap semangat mengabdi tanpa gaji di kalurahan masing masing dan semoga PPS bisa terwujud sesuai harapan, selamat bertugas tetap semangat dan ikhlas agar menjadi ladang amal bagi kita semua," ajak Marwata.

Acara dilanjutkan dengan pemberian informasi dari PKB. Dalam kesempatan ini disampikan oleh Dinarsih diantaranya bahwa anggota Tim Pendamping Keluarga (TPK) sudah mulai beraksi dengan mendata secara manual calon pengantin (catin) dan ibu hamil risiko tinggi (bumil resti) stunting sebelum aplikasi Elsimil siap dioperasikan/diakses. Selain itu, kata Dinarsih, edukasi 1000 HPK selalu diberikan kepada catin, bumil dan bumil risti stunting.

Acara dilanjukan dengan pelepasan Sulasmi, PPKBD Wiladeg, yang digantikan oleh Eva Susana dengan pemberian tali asih yang disampaikan oleh ketua forum IMP kecamatan Karangmojo Murjikem.

Kegiatan hari itu dilanjutkan dengan outbond oleh tim pelaksana sekitar dua jam dengan berbagai game/permainan. Selesai outbond, acara dilanjutkan tubing dengan jarak tempuh 500m. IMP merasa senang dan puas dengan kegiatan hari itu dan berharap dilaksanakan lagi di masa mendatang dengan siap menabung terlebih dahulu.

Kegiatan hari itu diakhiri pada pukul 14.00 WIB dan kembali ke Gunungkidul.[]

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine