KHIDMAT...! Karyawan/Karyawati Kapanewon Girisubo Mengikuti Upacara Bendera Hari Lahir Pancasila Secara Online

Oleh: Sabrur Rohim, SAg (PKB Girisubo)


GIRISUBO
| Pada Kamis pagi, jam 07.00 WIN, tanggal 1 Juni 2023, para karyawan dan karyawati Kapanewon Girisubo dengan semangat mempersiapkan diri untuk mengikuti upacara bendera Hari Lahir Pancasila secara online di tempat masing-masing (rumah). Sebagai bagian dari komitmen mereka terhadap nilai-nilai Pancasila, mereka siap untuk mengambil bagian dalam peringatan penting ini melalui tayangan upacara yang disiarkan di kanal Dhaksinarga TV Gunungkidul. Acara upacara bendera ini sendiri akan dipimpin oleh Bupati Gunungkidul, H Sunaryanta, yang akan menjadi pembina upacara.

Sejak pagi hari, karyawan dan karyawati Kapanewon Girisubo sudah bersiap di rumah masing-masing untuk bergabung dengan kegiatan upacara yang ditayangkan di kanal YouTube. Semangat nasionalisme tertanam dalam diri mereka, seolah-olah mereka berada langsung di lapangan tempat upacara berlangsung. Meskipun tidak secara fisik hadir di tempat, mereka berkomitmen untuk menghormati dan merayakan Hari Lahir Pancasila dengan sebaik-baiknya.

Dari rumah masing-masing, dengan mengenakan pakaian Korpri, Panewu dan segenap karyawan/karyawati mengikuti setiap tahapan seremonial upacara bendera dengan seksama, mulai dari pengibaran bendera, menyanyikan lagu kebangsaan, pembacaan teks Pancasila, pembacaan teks UUD 45, amanat pembina, hingga doa.

Dalam even tsb, Bupati Gunungkidul, H Sunaryanta, dengan penuh kehangatan memberikan arahan dalam pembinaan upacara. Suaranya terdengar jelas melalui layar HP ataupun LCD, dan pesan-pesannya tentang pentingnya Pancasila sebagai panduan berbangsa dan bernegara begitu menginspirasi para karyawan dan karyawati yang mengikuti upacara baik sercara offline maupun online.

Bukti kesertaan dalam bentuk tangkap layar (screen shot) dilaporkan melalui WAg karyawan/karyawati Kapanewon Girisubo. 

Menurut Panewu Girisubo, Slamet Winarno, SSos, MM, hendaknya karyawan/ASN tidak hanya mengikuti upacara, tetapi juga memiliki komitmen mereka terhadap nilai-nilai Pancasila. "Makna terdalam dari peringatan hari lahir Pancasila ini adalah agaimana nilai-nilai Pancasila tercermin dalam pekerjaan kita sehari-hari dan bagaimana mereka berupaya menjadikan Pancasila sebagai landasan dalam kehidupan pribadi. Kita harus menyadari bahwa Pancasila bukan hanya sebuah dokumen konstitusi, tetapi juga semangat yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," kata Panewu melalui WAg.

Upacara seperti ini adalah momen yang berharga sehingga seyogianya dihargai dengan sepenuh hati oleh karyawan dan karyawati Kapanewon Girisubo. "Meskipun tidak berada di tempat fisik, kita tetap tetap merasakan kebersamaan dan persatuan dalam menghormati Hari Lahir Pancasila," tegas Panewu.

Selama tayangan berlangsung, ada momen penting  yaitu saat upacara pengibaran bendera. Meskipun hanya bisa melihat melalui layar, para karyawan Kapanewom Girisubo merasakan kekhidmatan saat bendera Merah Putih dinaikkan, dikibarkan, dengan penuh penghormatan. Mereka juga larut dalam sesi pemanjatan doa yang khidmat sebagai ungkapan syukur dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan dan nilai-nilai Pancasila. 

Sementara itu, Panewu Anom Girisubo, Mugiyanto, SSos, MM,  mengatakan bahwa dengan kesertaan dalam peringatan Hari Lahir Pancasila, meskipun secara onlien, semoga karyawan dan karyawati Kapanewon Girisubo membawa semangat dan inspirasi baru, yakni komitmen untuk terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam pekerjaan mereka dan berkontribusi secara positif dalam membangun negara yang lebih baik.

Panewu Anom juga mengungkapkan, bahwa dengan didukung oleh pembina upacara Bupati Gunungkidul H Sunaryanta, karyawan dan karyawati Kapanewon Girisubo merasakan kehadiran dan kepemimpinan yang kuat dalam upacara tersebut. "Kita merasa terhubung dengan peringatan Hari Lahir Pancasila dan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang arti dan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara," tegas Panewu Anom.

"Setelah peringatan Hari Lahir Pancasila selesai, semangat dan inspirasi yang diperoleh oleh karyawan dan karyawati Kapanewon Girisubo akan terus membawa dampak positif dalam lingkungan kerja dan komunitas mereka. Mereka akan terus berupaya menjadikan Pancasila sebagai landasan dalam mengambil keputusan, berinteraksi dengan sesama, dan berkontribusi dalam pembangunan daerah," pungkas Panewu Anom.
(*)
0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine