SATU HATI Sukeskan Program Bangga Kencana di Kalurahan Sidoharjo, Tepus

Koresponden: Dwi Lestyandari, AMd Gizi (PKB Kap Tepus)

TEPUS | Dalam rangka mensukseskan program Bangga Kencana yang ada di Kalurahan Sidoharjo, kader KB Kalurahan Sidoharjo beserta jajaran Pemerintah Kalurahan Sidoharjo berkomitmen untuk bersatu padu menggalang kesepakatan bersama dengan program SATU HATI.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2023 bertempat di Joglo Pantai Drini, Tepus. Kegiatan ini dihadiri oleh Alsito, SSos, selaku Panewu Tepus beserta jajaran Forkompimkap yaitu Danramil dan Kapolsek. Hadir pula Ketua Tim Penggerak PKK Kapanewon, Kepala KUA Tepus, Kepala Puskesmas Tepus I dan jajaran pemerintah Kalurahan Sidoharjo yang dihadiri oleh Lurah Sidoharjo, Evi Nurcahyani, SIP beserta Kamituwo Sidoharjo. Sedangkan seluruh kader KB Kalurahan Sidoharjo hadir dalam kegiatan ini sebagai bentuk tanggung jawab dan semangat mendedikasikan diri untuk ikut mengambil bagian dalam pembangunan Kalurahan Sidoharjo khususnya dalam Pengembangan Program Bangga Kencana.

Kegiatan penggalangan komitmen ini diawali dengan kegiatan outbound oleh Kader KB beserta penyuluh KB pengampu wilayah yaitu Dwi Lestiyandari, SIKom. Kegiatan outbound yang dilaksanakan bertujuan untuk memberikan motivasi serta menambah semangat dalam melaksanakan program Bangga Kencana yang ada di Kalurahan Sidoharjo.


Setelah kegiatan outbound acara dilanjutkan dengan pembagian door prize yang berasal dari pengurus IMP dan bantuan dari Pemerintah Kalurahan Sidoharjo. Setelah pembagian door prize acara resmi dilaksanakan dengan diawali berdoa yang dipimpin oleh pembawaa acara dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars KB.


Edy Subambang, SSos selaku koordinator PKB Kapanewon Tepus dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal tentang kegiatan Program Bangga Kencana yang telah dilaksanakan di tingkat Kapanewon dan Kalurahan serta beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan kedepan khusunya upaya pencegahan stunting dimana angka stunting di Kapanewon Tepus masih cukup tinggi. Beberapa kegiatan sekaitan dengan sosialisasi hindari 4 T, pendampingan TPK kepada sasaran, advokasi kepada Pemerintah Kalurahan dan juga penurunan unmetneed akan lebih masif dilakukan guna mensukseskan program percepatan penurunan stunting yang ada di Kapanewon Tepus sehingga ini membutuhkan dukungan dan peran serta bersama secara bersinergi baik dari Pemerintah Kalurahan, kader lini lapangan ataupun lintas sektoral yang ada.

Pada kesempatan ini pula Lurah Sidoharjo, Evi Nurcahyani, SIP juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para kader KB yang telah mendedikasikan dirinya untuk membantu program pemerintah Kalurahan Sidoharjo, dan pada tahun ini insentif kader KB naik semoga bisa menambah motivasi kepada kader dalam menjalankan ketugasannya di lapangan. Masih banyak PR yang harus kita laksanakan untuk itu kita bersama harus bersatu padu bersinergi agar dapat menyelesaikan segala permasalahan yang ada seperti selogan Pamerintah Kalurahan Sidoharjo, "Nyawiji Bakale Dadi".

Evi Nurcahyani, SIP juga menyampaikan sekaitan dengan upaya percepatan penurunan stunting Kalurahan Sidoharjo telah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan yang mendukung program ini serta alokasi anggaran untuk kegiatan yang dilaksanakan oleh TPPS Kalurahan. Harapannya alokasi anggaran ini mampu membantu kinerja dilapangan sehingga angka stunting di Kalurahan Sidoharjo bisa segera mencapai batas bawah yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.


Pada kesempatan ini IPTU Ngatimin selaku wakil dari Polsek Tepus menyampaikan dukungannya dalam pelaksanaan program Bangga Kencana yang ada di lini lapangan, sekaitan dengan program percepatan penurunan stunting Polsek Tepus telah mengadakan pembagian telur dan bubur kacang ijo untuk meningkatkan gizi pada anak-anak balita yang menjadi sasaran. Kemudian dari Koramil Tepus menyampaikan dukungannya dan siap membantu kegiatan Bangga Kencana karena memang sejak dulu antara sudah melaksanakan MoU dalam kegiatan TNI KB dan Kesehatan dilapangan.


Dari UPT Puskesmas Tepus I yang diwakili oleh bidan Fahmanida, AMd Keb memberikan dukungan sepenuhnya terhadap program Bangga Kencana dilapangan khususnya dalam pelayanan KB dan upaya pencegahan stunting di Kapanewon Tepus. Sedangkan dari KUA Kapanewon Tepus, Yusuf, menyampaikan bahwa KUA telah melakukan kerjasama dengan PLKB dalam upaya pembinaan kepada catin dan kegiatan ketahanan keluarga di lapangan ini sudah berjalan cukup lama dan semoga kerjasama ini dapat mendorong program Bangga Kencana di lapangan lebih sukses.

Acara selanjutnya adalah pembacaan komitmen SATU HATI yang dibawakan oleh Tuti Purwani selaku PPKBD Kalurahan Sidoharjo ditirukan semua yang hadir. Adapun isi dari penggalangan komitmen tersebut adalah:

1). Satukan tekad mensukseskan Program Bangga Kencana menuju masyarakat Sidoharjo yang sejahtera,

2).Turunkan angka unmetneed dan angka stunting dengan pendampingan dan KIE kepada sasaran,

3). Harus memiliki jiwa yang ikhlas dan sportif dalam menjalankan ketugasan di lini lapangan, serta

4). Tindakan nyata dan berkontribusi positif terhadap pembangunan Sidoharjo

Rangkaian acara penggalangan komitmen ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri dan dilanjutkan dengan berdoa. Besar harapan kita semua kegiatan ini memberikan suntikan energi positif kepada kader KB dan semua pihak untuk bersemangat mendedikasikan diri dalam melakukan tugas dan tanggung jawab membangun Kalurahan Sidoharjo baik dari fisik maupun pembangunan SDM menuju Sidoharjo yang makmur dan sejahtera.(*)
0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine