Penilaian "Aku Hatinya PKK" di Giripurwo, Purwosari Dihadiri Hj Diah Sunaryanta

 Oleh: Nur Istiqomah, SIKom (PKB Kap Purwosari)


PURWOSARI | Jumat (5/5) diadakan pelaksanaan penilaian lomba “Aku Hatinya PKK Tingkat Kabupaten Gunungkidul Tahun 2023" putaran ke 3. Even ini dilaksanakan di Kalurahan Giripurwo, Kapanewon Purwosari. Giripurwo sebagai wakil Kapanewon adalah kalurahan yang terdiri dari 10 padukuhan , tetapi dalam kegiatan lomba ini hanya 4 padukuhan sebagai sampel yang disiapkan untuk dikunjungi tim penilai dari TP PKK Kabupaten Gunungkidul.


Aku Hatinya PKK merupakan kepanjangan, "Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman". Aku Hatinya PKK merupakan program yang menggerakkan masyarakat dalam memanfaatkan halaman pekarangan rumah atau pekarangan sekitar rumah dengan tanaman-tanaman produktif.

Rangkaian acara diawali dengan kunjungan tim pada sampel padukuhan pertama di Kampung KB Klampok, di kelompok UPPKA Kenanga. Tim penilai datang tepat pukul 09,00 dan disambut dengan tarian kupu kupu manis dan baca puisi dengan judul, "Halaman Rumahku",  dari anak anak TK Bunaya Asih, Klampok Giripurwo. Selanjutnya tim penilai mengunjungi kebun sayur, rumah pembibitan dan kolam lele yang berada di kompleks balai padukuhan yang dikelola oleh kelompok UPPKA Kenanga.

Selanjutnya tim penilai diantarkan ke padukuhan sampel kedua di wilayah Widoro RT 06, yang mana mereka disambut dengan musik tradisional gejok lesung oleh ibu-ibu dasa wisma, selain itu panitia menyediakan kudapan atau makanan ringan berupa gatot, dodol labu, tempe koro goreng, dan dawet hasil kerajinan warga setempat dilanjutkan panen terong dan tomat di kebun sampel oleh Ibu Bupati Hj Diah Purwanti Sunaryanta.

Sampel terakhir dalam acara lomba "Aku Hatinya PKK", berlokasi di Padukuhan Sumur dengan tanaman sayur mulai dari bayam, kangkung, bawang merah, sawi dan lain lain. Selanjutnya tim penilai dipersilahkan rehat sejenak di pendapa dengan menikmati minuman jamu beras kencur dan kunir asem yang diproduksi oleh ibu-ibu kader.

Tepat pukul 11.00 Wib kunjungan lapangan selesai, yang kemudian dilanjut dengan acara seremonial di Balai Budaya Giripuwo. Dalam kesempatan tersebut Ketua tim penggerak PKK Kalurahan Giripurwo, Supriyanti, SPd AUD memberikan ucapan selamat datang kepada dan terimakasih kepada Hj Diah Purwanti Sunaryanta beserta tim penilai dari TP PKK Kabupaten Gunungkidul , Ketua TP PK Kapanewon Purwosari, Panewu dan seluruh peserta yang hadir dalam even tsb. 
Dalam laporan tersebut, Supriyanti menyampaikan visi gerakan PKK melalui 10 program pokok yang terdiri dari penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong-royong, pangan sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat. Dalam rangka mewujutkan peran keluarga sebagai pelopor perubahan, maka visi gerakan PKK adalah: "Terwujudnya Keluarga Sehat,Cerdas, Berdaya, Beriman dan Bertaqwa Menuju Indonesia Maju di Tahun 2024”!

Salah satu unggulan program PKK adalah "Aku Hatinya PKK"  merupakan program penguatan ketahanan pangan, diharapkan masyarkat dapat secara sadar mengelola pekarangan sekitar rumah nya agar lebih asri, teratur, indah, rapi dan akan tumbuh rasa nyaman bagi penghuninya. Untuk mengelola pekarangan agar selain indah dipandang mata ditata dan dikelola bisa diisi dengan dengan aneka tanaman aneka sayuran dan buah buahan yang bernilai ekonomi dan dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga, selain bisa juga sebagai sumber penghasilan untuk mencukupi kebutuhan dalam keluarga. 

Jika masing-masing keluarga dapat melaksanakan "Aku Hatinya PKK" dengan baik dan telaten, maka kebutuhan pangan bisa tercukupi, mengingat masyarakat dilingkungan Kalurahan Giripurwo masih sangat memungkinkan mengelola pekarangan dengan baik dengan kondisi masing-masing rumahtangga cukup luas lahan pekaranganya. Akan tetapi, di dalam pelaksanaannya tentu tetap mengupayakan faktor keindahan, mengatur pola penanaman , jenis tanaman yang sesuai kondisi lahan dan kecukupan air, sehingga akan menghasilkan taman di halaman rumah yang asri sejuk indah dan bermanfaat.

Pelaksanaan kegiatan lomba "Aku Hatinya PKK" Tingkat Kabupaten Gunungkidul tahun 2023 merupakan kegiatan yang diprakarsai oleh pokja III, akan tetapi dalam pelaksanaan kegiatan melibatkan semua unsur masyarakat guyup rukun berpartisipasi secara suka rela melaksanakan dengan gotong- royong yang sudah menjadi tradisi dan rutin di wilayah Giripurwo maupun wilayah Gunungkidul pada umumnya.

Untuk sesi berikutnya tanggapan Ketua PKK Kabupaten Gunungkidul Hj Diah Purwanti Sunaryanta, di mana pertama-tama beliau menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan yang sangat baik dan meriah dari Pemerintah Kalurahan, TP PK Kapanewon, TPPK Kalurahan, Panewu, Kapolsek, dan seluruh masyarakat yang hadir dalam kegiatan ini. Diah sangat bangga dan senang dengan kunjungan di wilayah perbatasan paling barat Gunungkidul, tetapi masyarakatnya pinter pinter dan cerdas terbukti dengan adanya pembacaan puisi oleh anak TK dengan lancar. Anak TK diajarkan bermain dan bernyanyi , sedangkan membaca menulis dan berhitung (Calistung) jika sudah di sekolah dasar (SD). Ini semua, kata Diah, sesuai apa yang disampaikan oleh Ibu Lurah dalam Visi Gerakan PKK, "Terwujudnya Keluarga Sehat, Cerdas, Berdaya, Beriman dan Bertakwa Menuju Indonesia Maju di Tahun 2024” .

Masyarakatnya cerdas dan berdaya untuk meningkatkan penghasilan, selain itu olahan pangan yang beraneka ragam yang disajikan dikemas dengan sangat menarik akan meningkatkan nilai jual, dengan memanfaatkan hasil tanaman lokal yang tersedia sebagai bahan baku tentu akan lebih meningkatkan kesejahteraan keluarga dalam mencukupi kebutuhan terutama gizi untuk ibu hamil, ibu menyusui dan balita guna pencegahan stunting.[]
0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine