Ikut Outbond, 45 Kader TPK Rongkop Uji Andrenalin di Wahana "River Tubing" New Rivermoon Klaten

Koresponden: Kukuh Budi Prasetyo, Bagus Setiyawan Bayuaji, dan Nensi NA (PKB dan pramusaji Kap Rongkop)

KLATEN | Minggu, 22 Januari 2023, BPKB Kapanewon Rongkop bersama TPK (Tim Pendamping Keluarga) Kapanewon Rongkop mengadakan outbond di New Rivermoon Adventure Resto & Fun yang beralamat di Pusur, Karanglo, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kegiatan semula akan diadakan sekitar pertengahan mendekati akhir tahun 2022, namun karena musim penghujan yang masih intens akhirnya diundur sampai di tahun 2023. 

Peserta yang mengikuti kegiatan kurang lebih berjumlah 50 orang (terdapat 2 peserta yang izin tidak dapat mengikuti). Persiapan keberangkatan peserta sudah dimulai dari pukul 06.30 WIB di depan Kantor BPKB Rongkop yang juga berdekatan dengan terminal bus. Perjalanan menuju New RIvermon membutuhkan waktu kurang lebih selama dua jam. Rombongan bus TPK Rongkop tiba di lokasi outbond kurang lebih pada pukul 09.00 WIB bersamaan dengan beberapa peserta yang berangkat dengan kendaraan pribadi.

Kegiatan yang pertama dilakukan adalah permainan di area lapangan di dalam New Rivermoon Adventure Resto & Fun dipandu beberapa petugas. Peserta sangat menikmati kegiatan dan bersemangat mengikuti setiap instruksi yang diberikan, sejalan dengan hangatnya cahaya mentari yang menyinari pagi menjelang siang itu. Pengorbanan untuk mengundur kegiatan hingga beberapa bulan terbayar sudah, karena cuaca di hari keberangkatan sampai dengan kegiatan berlangsung sangat cerah dan nyaman. 

Konsentrasi dari tiap peserta diuji dengan berbagai permainan seru yang tidak hanya membutuhkan fisik yang kuat, namun juga daya berfikir yang tajam. Terbukti terdapat beberapa peserta yang salah dalam menerjemahkan setiap instruksi yang diberikan sehingga menimbulkan gelak tawa bagi seluruh peserta. Setelah kelelahan, permainan dihentikan dan semula akan dilanjutkan untuk kegiatan river tubing. Namun karena masih ada beberapa antrian dan waktu yang sudah siang akhirnya peserta menikmati snack dan makan siang terlebih dahulu.

Selesai santap siang, hampir semua peserta (ada beberapa peserta yang memilih beristirahat) segera berjalan menuju ke sungai yang berada di sisi utara New Rivermoon untuk melakukan kegiatan river tubing. River tubing merupakan salah satu jenis olahraga air yang tidak jauh berbeda dengan arung jeram atau water tubing. Pada dasarnya, kedua jenis kegiatan tersebut sama-sama menghanyut dari hulu ke hilir sungai dengan perlengkapan ban. 

Perbedaan menonjol antara water tubing dan river tubing terletak pada penempatan dan tantangannya saja. River Tubing adalah kegiatan bernuansa air baru dengan ban (jenis ban dalam mobil truk) yang dikreasikan sedemikian rupa. Mulai dari diberi pegangan tali webbing, serta pada bagian tengah bulatan ban dibuat tempat duduk dari bahan latex atau spon tebal. River tubing sendiri sedikit banyak mengadopsi ide dari perahu boat rafting. Penggunaan ban mobil ditujukan demi kenyamanan tempat duduk sekaligus untuk menghindari benturan batu ketika melewati jeram. River tubing dapat memberi sensasi adrenalin yang memang diperuntukan untuk orang yang gemar tantangan. 

Dalam pelaksanaannya, agar lebih aman jangan lupa untuk menggunakan alat keamanan mulai dari helm, pelampung, dan decker pelindung sebagai safety procedure yang harus ditaati. Kali ini, tubing yang dipilih adalah paket tubing 500 meter dengan dua kali repitisi (pengulangan). Paket tersebut dipilih karena menyesuaikan dengan budget dan waktu yang dimiliki. Sama seperti sebelumnya, peserta sangat menikmati rangkaian kegiatan, bahkan banyak yang bergurau seharusnya mengambil paket tubing 2 kilometer karena merasa terlalu singkat dan masih ingin bermain di air. Peserta yang sudah selesai bermain langsung berganti pakaian dan menjalankan ibadah sholat secara bergantian.

Kegiatan di New Rivermoon segera ditutup dan perjalanan dilanjutkan menuju ke Pusat Grosir Solo (PSG). Perjalanan yang perlu ditempuh menuju ke Solo kurang lebih selama 30 menit. Pusat Grosir Solo adalah pusat belanja yang terletak di pusat kota Surakarta (di daerah Gladag) tepatnya di Jalan Mayor Sunaryo No 1. Paduan area belanja dengan area pariwisata yaitu komplek Keraton Surakarta Hadiningrat dan Keraton Istana Mangkunegaran Surakarta, berhasil mendatangkan pengunjung dengan tingkat konsumsi yang tinggi, terutama pakaian batik yang biasa dibeli dalam jumlah banyak sebagai buah tangan. 

Pedagang di PGS melayani pembelian baik secara grosir maupun eceran untuk aneka produk sandang, terutama batik di Kota Solo. Agenda belanja di PGS sebelumnya hanya diberikan estimasi waktu kurang dari satu jam. Ternyata hal tersebut mustahil dilakukan mengingat antusiasme maksimal ibu-ibu dalam berbelanja yang mengakibatkan waktu perjalanan pulang molor, hingga tiba kembali di Rongkop ketika bulan telah sempurna menggantikan matahari di atas sana.(*)




0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine