Orientasi Bagi Tim Pendamping Keluarga Kapanewon Ponjong Dihadiri Sekban Perwakilan BKKBN DIY

Koresponden: Suka Priyana, SSos (PKB Ponjong)

PONJONG | Senin, 20 Maret 2023 dilaksanakan Orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK) Kapanewon Ponjong di Rumah Makan Gubug Ndeso, Koripan I, Sumbergiri, Ponjong. Peserta orientasi TPK terdiri dari 26 unsur bidan/tenaga medis, 26 unsur PKK, dan 26 unsur kader IMP. Tujuan dilaksanakan orientasi TPK yaitu memberikan pembekalan kepada tim pendamping keluarga tentang pencegahan stunting sehingga mampu melaksanakan tugas mendampingi keluarga risiko tinggi stunting.

Acara dibuka dengan sambutan Koordinator PKB Suka Priyana, SSos hal mana beliau membuka acara orientasi TPK sekaligus menyampaikan laporan penyelenggaraan orientasi TPK yang dilaksankan selama 1 hari. Selanjutnya sambutan dari Panewu Kapanewon Ponjong Jatmiko Sutopo, ST, MT, hal mana beliau menyampaikan dukungan dan pemantapan kepada TPK dalam menjalakan tugas sebagai tim pendamping keluarga. 

Hadir dalam acara orientasi TPK dari Perwakilan BKKBN DIY Zainal Arifin, SSos, MSi, selaku Sekretaris Perwakilan BKKBN DIY. Di dalam sambutannya beliau mengucapkan termakasih atas kinerja tim pendamping keluarga selama ini telah melaksanakan pendampingan dengan maksimal meskipun ketika dilapangan mengalami kendala. Selain itu beliau juga menyampaikan dukungan kepada tim pendamping keluarga agar semakin giat dalam melakukan pendampingan dan dapat lebih maksimal lagi karena tahun 2023 pendampingan dilakukan dengan menggunakan aplikasi Elsimil dengan versi baru yang tentunya memudahkan tim pendamping keluarga. 

Selain Sekretaris Perwakilan BKKBN, hadir juga Koordinator Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN DIY Witriastuti Susani Anggraeni, SE, MM. Di dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi kinerja TPK dan dukungan agar dalam tahun 2023 TPK lebih optimal lagi dalam melakukan pendampingan.

Acara selanjutnya materi dari fasilitator Kusumanto Dewobroto selaku PKB kapanewon Ponjong. Beliau menyampaikan materi sebagai berikut:

1. Konsep Dasar Stunting dan 1000 HPK

Seribu hari pertama kehidupan (selanjutnya disingkat 1000 HPK) merupakan masa awal proses kehidupan manusia yang dimulai sejak masa kehamilan, masa bayi, hingga usia dua tahun. Anak mengalami pertumbuhan otak dengan sangat pesat pada masa 1000 HPK, terjadi pembentukan organ vital, pematangan sistem pencernaan, perkembangan kognitif, serta serta sistem imun atau daya tahan tubuh


2. Mekanisme Kerja TPK

Dalam materi ini, fasilitator menjelaskan tugas dan fungsi TPK, cara melakukan pendampingan keluarga, cara melakukan fasilitasi pelayanan rujukan dan fasilitasi bantuan sosial, pencatatan dan pelaporan TPK.

3. Penggunaan Aplikasi Elsimil

Dalam materi ini Pak Dewo, sapaan akrabnya, memaparkan tentang tatacara penggunaan aplikasi Elsimil, overview Elsimil versi 1 dan versi 2, yakni seputar:
- Menu: Log In Elsimil bagi TPK
- Menu: Calon Pengantin/Calon PUS
- Menu: Ibu Hamil
- Menu: Ibu Paskapersalinan
- Menu: Balita 0-59 bulan,

lalu praktik penggunaan aplikasi Elsimil, seputar:
- Menu: Calon Pengantin/Calon PUS
- Menu: Ibu Hamil
- Menu: Ibu Paskapersalinan
- Menu: Balita 0-59 bulan.

Menurut Dewo, untu Elsimil versi 1 baru untuk Catin saja, sedangkan data ibu hamil/ pascapersalinan serta ibu yang memiliki baduta dicatat melalui GoogleForm.

Saat ini sedang dilakukan pengembangan Elsimil versi 2.0 dengan fasilitas sbb:
 - dapat digunakan untuk semua sasaran baik catin, ibu hamil/pasca persalinan, dan ibu yang memiliki balita
- Setiap sasaran akan mendapatkan pendampingan dari Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang berada di desa/kalurahan yang sama dengan wilayah domisili sasaran.

4. Peran Strategis Kampung KB

Dalam materi ini, dipaparkan bahwa Kampung Keluarga Berkualitas adalah satuan wilayah setingkat desa di mana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga  dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas SDM, keluarga, dan masyarakat.

5. Komunikasi Antar Pribadi dalam Pendampingan Keluarga

Beberapa hal yang disampaikan oleh Pak Dewo antara lain:
a. Komunikasi: penyampaian pesan dari pengirim (komunikator) kepada penerima (komunikan) melalui suatu media untuk memperoleh umpan balik (feedback)
b. Komunikasi Antar Pribadi: proses komunikasi yang melibatkan orang lain dan di dalamnya terdapat pertukaran reaksi verbal maupun non verbal

6. Post Test secara daring menggunakan Portal Sinta

Post test terdiri dari 5 soal pilihan ganda dan akan langsung keluar sertifikat hasil post test apabila sudah selesai mengerjakan post test.

Diharapkan setelah mengikuti acara Orientasi Tim Pendamping Keluarga ini peserta yakni para kader  TPK dapat lebih jelas dan paham akan ketugasaanya sebagai TPK sehingga dapat secara optimal melaksanakan pendampingan.(*)






0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine