Bupati Gunungkidul Launching Aplikasi "Gampang Gawe Surat" di Kalurahan Logandeng, Playen

Koresponden: Drs Edy Pranoto (Koordinator PKB Playen)


PLAYEN
| Bertempat di Balai Kalurahan Logandeng, Kapanewon Playen, pada hari Senin 20 Maret 2023, Bupati Gunungkidul menyempatkan diri meninjau kegiatan "Penilaian Evaluasi Perkembangan Kalurahan" putaran ke-2. Pada kesempatan ini Bupati Gunungkidul, H Sunaryanta,  dengan disaksikan Ketua DPRD Provinsi DIY, Mulyadi,  Ketua Tim Evaluasi Perkembangan Kalurahan Drs Sujarwo, MSi, dan dihadiri Panewu Playen beserta jajarannya serta seluruh lurah se-kapanewon Playen, melakukan launching aplikasi pencatatan pelaporan yang berkaitan dengan kependudukan yang disebut, "Aplikasi Gampang Gawe Surat".

Aplikasi Gampang Gawe Surat merupakan inovasi baru dari pemerintah Kalurahan Logandeng sebagai unggulan sajian menu penilaian produk pemerintah kalurahan, di samping banyak aplikasi/inovasi lain seperti PAIDI, aplikasi Aspada, Logandeng TV, dan sebagainya.

Dalam acara Evaluasi Perkembangan Kalurahan di Kalurahan Logandeng ini, turut menyertai Bupati Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gunungkidul, Hj Diah Purwanti Sunaryanta, pimpinan Forkompinkap, seluruh tokoh masyarakat Logandeng, serta didukung penuh oleh kehadiran masyarakat dari berbagai lapisan baik unsur pamong, anak-anak sekolah, serta pegiat seni.

Dalam kata sambutan, Bupati Gunungkidul berharap ada kemungkinan Logandeng masuk menjadi peringkat pertama untuk bisa mewakili Kabupaten Gunungkidul di babak selanjutnya tingkat Provinsi. Keyakinan ini didasarkan pada kelengkapan sajian  dokumen administrasi pemerintah kalurahan beserta lembaga kalurahan mulai tahun 2021 sampai 2022. Di samping itu Logandeng juga memiliki banyak potensi unggulan, termasuk berbagai inovasi dibidang digitalisasi pelayanan publik.

Sementara itu Lurah Logandeng, Suhardi, dalam paparan singkat didepan semua Tim Penilai Evaluasi Perkembangan Kalurahan telah dengan sistematis berhasil menyajikan gambaran keberhasilan program pembangunan di Kalurahan Logandeng secara tepat waktu. Beliau sampaikan mulai dari visi-misi Pemerintah Logandeng tentang kondisi sosial, ekonomi, gambaran demografi, geografi, serta berbagai keberhasilan Pemerintah Kalurahan dalam menggaet investor guna membangun Logandeng.

Kepantasan Kalurahan Logandeng meraih peringkat pertama menurut Lurah Logandeng juga karena keberhasilan Kalurahan Logandeng sebagai Kalurahan Mandiri dengan kemampuan menyediakan anggaran sebesar 6.550.000,- di luar APBKal.

Usai dilakukan launcing aplikasi Gampang Gawe Surat, kegiatan dilanjutkan dengan penilaian perkembangan kalurahan di mana seluruh anggota tim penilai membagi tugas menilai sasaran sesuai dengan tupoksi masing-masing. Penilaian Evaluasi Perkembangan Kalurahan dilakukan di dua sasaran, yaitu:

1. Sasaran administrasi tingkat kalurahan dilakukan di halaman balai Kalurahan Logandeng.

2. Sementara untuk evaluasi di lapangan dilakukan di padusunan sampel di Padukuhan Plembon Lor. Di padukuhan ini ditampilkan berbagai sajian mulai dari kegiatan poskamling, pemadam kebakaran, taman kuliner, kegiatan kelompok BKB-Posyandu-PAUD, serta berbagai kegiatan kelompok wirausaha dan tak ketinggalan menampilkan pula administrasi tingkat padukuhan.(*)








0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine