Capacity Building bagi Penyuluh KB, Mustikaningtyas: Penyuluh KB Harus Proaktif, Fokus pada Solusi, serta Memberi Kontribusi

Oleh: Sabrur Rohim, MSI (koordinator penyuluh KB Girisubo) 

PLAYEN | Dalam rangka meningkatkan kapasitas para penyuluh KB dalam kegiatan penyuluhan, penggerakan, dan pelayanan di wilayah binaannya, DPC IPeKB Gunungkidul mengadakan kegiatan, "Capacity Building untuk Penyuluh KB", pada Rabu (25/01) pagi hingga siang hari di RM Warung Simbok, Bandung, Playen, Gunungkidul. 


Segenap pengurus DPC IPeKB Gunungkidul hadir dalam acara tsb, selain juga semua jajaran penyuluh KB dan pramusaji dari 18 kapanewon. Selain itu, hadir pula Kepala DPMKPPKB Gunungkidul yang diwakili oleh Kabid KB dan Dalduk, Muh Amirudin, SSos serta Kasi KB KS, Achmad Afandi.

Selain acara capacity building, ada juga dua gelaran acara lain saat itu, yakni pelepasan purna tugas Hj Dinarsih, SIKom, eks koordinator PKB Kapanewon Karangmojo dan H Suhartaja, SE, eks koordinator PKB Kapanewon Ngawen, serta evaluasi pelaksanaan program kerja IPeKB Gunungkidul. Hanya saja, karena ada kepentingan keluarga yang tak bisa ditinggalkan, Suhartaja berhalangan hadir, sehingga yang datang ke lokasi acara hanya Utie Din, sapaan akrab Hj Dinarsih, SIKom. 

Acara dipimpin oleh PLKB Tepus, Dwi Lestyandari, SIKom, yang dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars KB

"Acara ini penting untuk meningkatkan kapasitas para penyuluh, sehingga kinerjanya meningkat untuk mensukseskan program Bangga Kencana. Selain itu, hari ini kita bertemu untuk melepas pamitan Ibu Hj Dinarsih, SIKom dan H Suahrtaja, SE yang per Januari ini sudah memasuki masa purna tugas. Kita berharap bahwa persaudaraan di antara kita tetap terjalin meski sudah berbeda jalur. Kita juga berdoa bersama-sama, semoga beliau berdua selalu diberi kesehatan dan keberkahan dalam menjalani masa-masa purna tugas," ujar Ir Sulistyana, Ketua DPC IPeKB Gunungkidul dalam sambutan penyelenggaraannya. 


Selanjutnya, dilangsungkan acara inti, "Capacity Building untuk Penyuluh KB", oleh widyaiswara Perwakilan BKKBN DIY, Mustikaningtyas, MPH, Psikolog. Dalam waktu kurang lebih satu jam, Tika, sapaan akrabnya, memaparkan konsep, contoh, dan tips bagaimana menjalani pekerjaan secara profesional, efektif, yang dilandasi ketulusan. Salah satu poin penting yang ditekankan oleh Tika, bahwa seorang PKB akan sukses dana efektif dalam pekerjaannya jika didasarkan pada 3 (tiga) prinsip atau semboyan: (1) proaktif dalam menyelesaikan masalah, meraih target, (2) fokus pada solusi, serta (3) keinginan atau komitmen untuk berkontribusi. 

*** 

Hj Dinarsih dalam kata pamitnya mengatakan bahwa dirinya bangga sebagai PLKB, karena diberi banyak fasilitas kerja oleh BKKBN, sehingga bisa melayani masyarakat di wilayah binaannya secara maksimal dan sesuai harapan. "Saya terlebih lagi sangat bersyukur karena meskipun sebagai PLKB dari generasi lama, tetapi bisa mengikuti irama dan pola kerja kekinian yang ditetapkan BKKBN, misalnya terkait absensi, pelaporan kegiatan, dsb yang berbasis TI," ujar Dinarsih. 

Uti Din juga mengatakan bahwa tentu banyak salah dan khilaf yang dia lakukan selama bekerja lebih dari 30 tahun bersama para penyuluh KB di Gunungkidu. "Oleh karena itu, saya memohon maaf sebesar-besarnya, dan jika ada kesalahan atau kekhilafan bapak ibu semua, sudah kami maafkan," kata Dinarsih, yang juga mewakili Suhartaja, sembari berharap bahwa hubungan silaturahmi tetap terjalin dengan PKB yang masih aktif meskipun sudah berbeda jalur. 

Selepas kata sambutan (pamit) Bu Din, Kabid KB Dalduk, Muh Amirudin menyampaikan pengarahannya juga. "Saya sangat berharap ilmu yang dipaparkan oleh narsum Perwakilan BKKBN, Bu Tika tadi, bisa diimplementasikan di wilayah kerja, agar para penyuluh bisa meningkat capaian-capaiannya, dan yang lebih penting lagi, bekerja harus dilandasi ketulusan serta komitmen untuk berprestasi dan berkontribusi," kata Amir. 


Sebelum acara berakhir, dilaksanakan penyerahan kenang-kenangan atau cinderamata dari DPC IPeKB Gunungkidul dan DPMKPPKB Gunungkidul oleh Kabid KB dan Dalduk, Muh Amirudin, SSos, serta Ketua DPC IPeKB Gunungkidul, Ir Sulistyana.
 

Acara ditutup  dengan doa yang dipimpin oleh Sabrur Rohim, SAg, dilanjutkan ramah tamah dan sesi foto bersama.(*)

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine