Sosialsasi Hasil Rakernas Tahun 2021 di Pucung, Girisubo, Diah Sunaryanta Ajak Kader Kembangkan "Hatinya PKK"

Koresponden: Sabrur Rohim, SAg, MSI (gusbroer@gmail.com) 

GIRISUBO | Hari Kamis (3/11) bertempat di balai kalurahan Pucung, Girisubo, berlangsung acara pertemuan dalam rangka "Sosialisasi Hasil Rakernas PKK Tahun 2021". Acara dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Gunungkidul, Hj Diah Purwanti Sunaryanta beserta segenap ketua pokja Kabupaten yang mendampinginya.


Acara dihadiri juga oleh Kabid KB Dalduk DPMKP2KB, Panewu Girisubo beserta jajarannya, Lurah Pucung dan jajaran, kader PKK Kapanewon Girisubo dan Kalurahan Pucung serta lintas sektor lainnya. 

Lurah Pucung, Estu Dwiyono, SPd, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kedatangan Ketua TP PKK Gunungkidul di Pucung dan berkenan melakukan sosialisasi hasil Rakernas PKK, sehingga akan memperkaya wawasan dan informasi bagi kader TP PKK Pucung, Girisubo.  Lurah juga berharap iformasi dan wawasan tsb akan berguna bagi program pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga di padukuhan hingga RT di wilayah Pucung, Girisubo. 

Ketua TP PKK Gunungkidul Hj Diah Purwanto dalam paparannya di pertemuan tsb menekankan 4 program unggulan PKK di Gunungkidul umumnya, dan lebih khusus lagi di Girisubo, yakni (1) pencegahan stunting, (2) pencegahan nikah dini, (3) perekonomian berbasis masyarakat, serta (4) Hatinya PKK. 

Untuk penurunan stunting, Diah merasa bersyukur dan berbangga karena berdasarkan info dari Pemerintah Kalurahan Pucung, angka stunting di Pucung nol persen. Sedangkan untuk pernikahan dini masih ada beberapa kasus, dan Diah berharap agar ini menjadi PR bersama bagi kader-kader PKK untuk mengedukasi dan menjadi teladan di masyarakat. 

Terkait dengan perekonomian berbasis masyarakat, Diah mengajak kader PKK Pucung agar memprakarsai pembentukan dan pengembangan UMKM dengan mengedepankan produk berbahan lokal. Apalagi di tingkat Kapanewon Girisubo sendiri UKM-nya juga sudah maju, sehingga bisa saling bersinergi, demikian Diah Sunaryanta. 

Terakhir Diah mengajak kader PKK untuk mengembangkan program "Hatinya PKK", yakni "halamanku asri, teratur, indah, dan nyaman." Ini adalah geraka masyarakat, dengan kader PKK di garda depannya, untuk memanfaatkan halaman di sekitar rumah agar ditanami tanaman pangan yang produktif (sayur mayur) ataupun tanaman hias yang diharapkan dapat memberikan nilai lebih kepada keluarga, yakni selain menambah keindahan dan kenyamana juga dapat mengurangi biaya belanja. 

"Jika kita banyak nanam sayur-mayur di sekitar rumah kita, maka itu akan sangat ekonomis, karena kita tak perlu belanja sayur-mayur," ujar Diah. 

Kabid Dalduk dan KB, Muh Amirudin, SSos, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan memanfaatkan pekarangan di sekitar rumah untuk menanami sayur-mayur, buah, dll sebenarnya sudah dilakukan oleh para kader PKK atau banyak keluarga di Pucung. "Yang diperlukan sekarang adalah pengembangan, dan terus dipertahankan, serta sosialisasi di masyarakat agar semakin banyak keluarga yang meniru sehingga makin banyak pula keluarga dan sejahtera dan berdaya," ujar Amir.(*)

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine