Ada "Beras Merah Sak Cething" di Ultah Kampung KB Duwet, Purwodadi, Tepus

Koresponden: Dwi Lestyandari, SIKom (PKB Tepus)

TEPUS | Acara ulang tahun Kampung KB Duwet, Kalurahan Purwodadi, Kapanewon Tepus, dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Ini dilaksanakan oleh masyarakat untuk memberikan motivasi kepada seluruh anggota masyarakat yang ada di Kampung KB Duwet agar senantiasa mengingat tujuan dari dibentuknya Kampung KB sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat yang ada di kampung KB. Pada tahun 2022 ini acara tsb dilaksanakan pada bulan September bertempat di Balai Padukuhan Duwet Kalurahan Purwodadi yang bertepatan pada tanggal 22 September 2022. 

Kegiatan Ulang Tahun Kampung KB ini dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gunungkidul yaitu Hj Diah Purwanti Sunaryanta dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Gunungkidul, Drs Sujarwo, MSi. 

Pada acara ini dilaporkan kegiatan-kegiatan dan pencapaian yang telah dilaksanakan oleh Kampung KB Duwet dalam rangka melaksanakan kegiatan Bangga Kencana yang dilaporkan oleh Ketua Pokja Kampung KB, Taofik. 

Sedangkan dalam sambutannya, Kepala DPMKPPKB Gunungkidul menyampaikan bahwa Kampung KB ini merupakan miniatur kegiatan pemberdayaan yang menjadi contoh bagi wilayah lain, dan dari hasil laporan yang disampaikan oleh Ketua Kampung KB Duwet, pencapaian program Bangga Kencana di Kampung KB ini sudah cukup baik terlihat dari jumlah peserta KB Aktif yang mencapai 81 %, kegiatan-kegiatan baik Pokja Kampung KB, BKB, BKR, BKL, UPPKS, PIK-R juga berjalan baik. 

Adanya kegiatan Posyandu Remaja sebagai upaya pencegahan stunting dan kegiatan lansia tangguh mencerminkan bahwa kegiatan Bangga Kencana sudah berjalan dengan baik. Jumlah anak stunting 4 anak dari 28 balita  semoga saja untuk tahun berikutnya menjadi nihil, demikian dikatakan Kepala Dinas. 

Pesan Kepala Dinas, agar warga Kampung KB senantiasa meningkatkan dan mempertahankan kegiatan yang telah dilaksanakan sehingga Kampung KB yang ada di Kalurahan Purwodadi ini membawa dampak bagi kesejahteraan warganya.  

Sambutan juga disampaikan oleh Hj Diah Purwanti Sunaryanto, selaku Ketua TP PKK Kabupaten Gunungkidul,  bahwa beliau sangat bangga dengan Kampung KB Duwet yang notabene daerahnya masuk didaerah pegunungan namun kegiatan-kegiatan disini berjalan dengan baik, terlihat dari penampilan-penampilan yang telah disajikan menandakan bahwa Kampung KB memiliki berbagai kegiatan pemberdayaan yang berjalan dengan baik. 

"Upaya penangganan stunting yang menjadi prioritas kita mari kita upayakan bersama mulai dari tingkat bawah sehingga angka stunting segera menurun. Pemanfaatan bahan lokal yang ada hendaknya lebih disosialisaikan kepada warga masyarakat, kebetulan disini wilayah pantai sehingga untuk bisa diedukasikan kepada masyarakt untuk gemar makan ikan sebagai upaya peningkatan gizi bagi masyarakat," ujar Diah. 

Setelah sambutan kemudian acara potong tumpeng sebagai tanda bahwa kegiatan ulangtahun Kampung KB ini dilaksanakan. Selanjutnya dilaksanakan deklarasi Beras Merah Sak Ceting, sebagai inovasi dari kegiatan Bidan Tim Pendamping Keluarga (TPK). Adapun akronim dari Beras Merah Sak Ceting adalah "Berantas Anemia Kurang Sel Darah Merah Sejak Awal untuk Cegah Stunting." 

Adapun isi dari deklarasi ini meliputi : 

1. Meningkatkan peran remaja dalam Posyandu Remaja, 

2. Meningkatkan kesadaraan akan pentingnya kesehatan remaja dalam upaya pencegahan Stunting, 

3. Meningkatkan keragaman makanan untuk mencegah stunting,  

4. Minum tablet tambah darah sejak remaja putri. Kemudian deklarasi ditandatangani oleh pejabat yang hadir dan stake holder serta perwakilan dari tokoh masyarakat yang hadir.

Beberapa tampilan dalam kegiatan ulang tahun Kampung KB Duwet Kalurahan Purwodadi adalah penampilan dari kelompok PIK-R Benteng Selatan dengan yel-yel dan menyanyikan Mars Genre, kemudian tari-tarian dari kelompok PIK-R, Yel-Yel dari ibu-ibu anggota Poktan yang ada di Kampung KB Duwet. 

Sebelum acara ditutup, diadakan sambutan pelepasan oleh Panewu Tepus, Alsito, SSos yang menyampiakan kebanggaanya kepada masyarakat yang ada di Kampung KB Duwet karena mampu menyelenggarakan kegiatan positif ini guna mensosialisasikan kepada warga masyarakat sekitar bahwa keberadaan Kampung KB itu merupakan  kegiatan pemberdayaan yang pantas menjadi panutan. Panewu Tepus berharap kegiatan pemberdayaan yang ada di Kampung KB ini untuk dipertahankan dan ditingkatkan sehingga dapat menjadi contoh bagi warga masyarakat yang dilingkungan sekitar serta mempu menciptakan kesejahteraan lahir batin bagi masyarakat Kampung KB. 

"Kegiatan yang ada di kampong KB harapan saya senantiasa bersinergi dengan semua stake holder yang ada sehingga kegiatnnya lebih optimal dari sisi pendanaan maupun pendampingan. Kepada Pemerintah Kalurahan sumangga untuk bisa memfasilitasi keberadaan Kampung KB ini dengan baik," pungkas Pak Al, sapaan akrab Panewu Tepus.(*)


0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine