Workshop Pemutakhiran Pendataan Keluarga Tahun 2022 di Kapanewon Ponjong

Kontrubutor: Suka Priyana, SSos (PKB Ponjong)

PONJONG - Kapanewon Ponjong menjadi salah satu sampel kegiatan "Workshop Pemutakhiran Pendataan Keluarga Tahun 2022". Adapun wilayah yang dijadikan sampel sejumlah 4 kalurahan, yaitu Kalurahan Umbulrejo, Kalurahan Kenteng, Kalurahan Ponjong, dan Kaluerahan Gombang. 

Pemutakhiran pendataan keluarga tahun 2022 akan dilaksanakan serentak pada tanggal 15 September 2022- 31 Oktober 2022. Selasa (20/9), kegiatan "Worksop Pemutakhiran Pendataan Keluarga Tahun 2022" dilaksanankan di Balai Penyuluhan KB Kapanewon Ponjong. Kegiatan Pemutakhiran Keluarga tahun 2022 diKapanewon Ponjong dihadiri 49 kader pendata dari keempat kalurahan.

Acara dimulai mulai pukul 09:00 WIB dengan 3 pemateri. Materi pertama disampaikan oleh Panewu Kapanewon Ponjong,  Jatmiko Sutopo, ST, MT. Beliau meyampaikan mengenai, Motivasi dan Kebijakan Pemutakhiran Pendataan Keluarga Tahun 2022, yang tujuannya agar kader dalam mendata atau melakukan pemutakhiran dapat berkerja dengan sungguh-sungguh dan bertanggungjawab.

Kemudian materi kedua disampaikan oleh Tim BPKB Ponjong mengenai, Penjelasan Indikator Pertanyaan Pemutakhiran PK-22. Dalam penjelasan mengenai Indikator Pertanyaan Pemutakhiran PK-22, ada banyak hal yang mengalami perubahan dibandingkan dengan PK-21 tahun 2021. Adapun 4 blog yang dijelaskan dalam indikator pertanyaan pemutakhiran PK-22, antara lain blog Kependudukan, blog Keluarga Berencana, dan blog Pembangunan Keluarga.

Selanjutnya materi yang terakhir disampaikan oleh Tim BPKB Ponjong mengenai, Simulasi Penggunaan Aplikasi Pemutakhiran PK-22. Dalam simulasi yang dilakukan kader diberikan username dan password yang akan digunakan untuk latihan simulasi. 

Saat kegiatan simulasi, kader pendata sangat antusias memperpraktekan walaupun tidak semua kader pendata lancar dalam menggunakan IT. Setelah kegiatan simulasi selesai kader kemudian diberikan username dan password resmi yang akan digunakan kader pendata untuk melakukan pemutakhiran pendataan keluarga.

Acara terakhir adalah penguatan dari koordinator PKB Suka Priyana, SSos. Suka menyampaikan terkait penambhan kuota KK bagi setiap wilayah kerja kader pendata untuk segera dilaporkan dan kader pendata jika mengalami kendala saat mendata untuk segera konsultasi via online ataupun datang langsung ke kantor BPKB Ponjong yang dimana kantor BPKB dijadikan posko Pemutakhiran PK-22. Selain itu beliau juga menyapaikan kepada kader pendata untuk melalukan pendataan sesuai dengan kondisi yang ada.[]
0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine