Genjot Pendampingan, Capaian Elsimil dan Google Form, BPKB Paliyan Gelar Orientasi bagi Tim Pendamping Keluarga (TPK)


Kontributor: Purwadi, SHI (PKB Paliyan) 

PALIYAN | Dalam rangka memberikan pembekalan kepada Tim Pendamping Keluarga (TPK) dan meningkatkan pengetahuan serta peran aktif TPK sehingga mampu melaksanakan tugas mendampingi keluarga risti stunting dalam rangka percepatan penurunan angka stunting, Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (BPKB) melaksanakan Orientasi bagi Tim Pendamping Keluarga (TPK) di setiap Kapanewon/Kemantren.

Untuk kegiatan Pelatihan Orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK) di Kapanewon Paliyan diikuti oleh 45 peserta yang terdiri dari 15 bidan, 15 orang kader PKK dan 15 orang kader KB dari 7 kalurahan di Wilayah Kapanewon Paliyan. Kegiatan ini dilaksanakan di aula Kapanewon Paliyan pada hari Selasa dan Rabu (23-24/08), dengan menggunakan anggaran biaya APBN DIPA Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2022.    

Tri Nurhidayati, SSos, selaku Koordinator Penyuluh KB di Kapanewon Paliyan dalam sambutan pembukaannya menjelaskan bahwa orientasi ini sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2022 tentang Percepatan Penurunan Stunting yang bertujuan menyediakan Tim Pendamping Keluarga (TPK) di setiap Kalurahan yang bertugas untuk mendampingi keluarga dalam usaha pencegahan dan penanganan stunting, dengan sasarannya calon pengantin, ibu hamil dan pasca persalinan dan baduta/balita. Harapannya ke depan setelah diadakan kegiatan orientasi ini, pendampingan TPK kepada keluarga yang beresiko stunting bisa lebih meningkat dan lebih baik lagi, khususnya berkait dengan Elsimil dan Gogle Form pemantauan ibu hamil dan pascasalin/baduta.  

Pada kegiatan orientasi Tim Pendamping Keluarga ini, pematerinya haruslah diambilkan dari peserta pelatihan pendamping TPK yang diselenggarakan oleh Perwakilan BKKBN DIY yang sudah dilaksanakan pada bulan sebelumnya. Utuk kegitan dikapanewon paliyan penyampaian materi dilakukan oleh (1) Purwadi SHI, dengan pemaparan materi Pemutakhiran Data Beresiko Stunting dan Variabel Terpilih dalam Pemantauan Fase Hamil dan Pasca Persalinan; (2) Anjar Purbaningsih SIP yang telah menyampaiakan materi, Aplikasi Elsimil bagi Tim Pendamping Keluarga; serta (3) Sabrur Rahim SAg MSI yang menjelaskan materi Poster Pintar.

Drs Witono MKes dari Latbang Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta yang memantau langsung pelaksanaan orientasi TPK di Kapanewon Paliyan menyampaikan bahwa dengan kegiatan orientasi bagi TPK di Kapanewon Paliyan ini, harapannya nanti seluruh anggota TPK ini memahami apa saja tugas pokoknya di lapangan, dari mulai pendampingan kepada calon mantin, ibu hamil, ibu pascasalin/baduta.[]

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine