BPKB Paliyan Gelar Acara Penguatan Kader IMP di Obwis Rawa Jombor, Klaten

Kontributor: Purwadi, SHI & Tri Nurhidayati, SSos

PALIYAN | Sukses program Bangga Kencana (Pembanguan Keluarga dan Keluarga Berencana) selama ini tidak bisa dipisahkan dari upaya penggerakan program di tingkat lini lapangan. Hal ini dimaknai bahwa upaya meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat terhadap program Bangga Kencana merupakan dimensi strategis dalam mencapai sasaran program kependudukan.

Dua aspek yang menjadi sasaran penggerakan lini lapangan meliputi: Petama, aspek pembinaan IMP (Institusi Masyarakat Pedesaan/Perkotaan) yang merupakan wadah partisipasi masyarakat dalam pengelolaan program Bangga Kencana di lini lapangan, yang dikenal dengan kader PPKBD (Pembantu Pembina KB Desa) dan Sub PPKBD.

Kedua, aspek mekanisme operasional sebaga sebuah sistem yang terdiri dari berbagai kegiatan yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan program Bangga Kencana di lapangan, diantaranya adalah Rapat Koordinasi Program KB (berjenjang-red.) dan Tri Komponen.

Tidak tercapainya indikator kinerja program Bangga Kencana yang telah ditetapkan ditengarai sebagai salah satu faktor stagnasinya kinerja program KB. Salah satu sebabnya, karena dua aspek penggerakan lini lapangan, tidak berjalan maksimal seperti yang diharapkan.

Mengambil tempat di Obwis Rowo Jombor Klaten, pada hari Kamis (18/08), Balai Penyuluhan KB Kapanewon Paliyan melaksanakan kegiatan Penguatan Kader IMP (PPKBD sub PPKBD) dalam rangka untuk merefress wawasan program KB dan meneguhkan komitmen besama sukses program KB di wilayah Kapanewon Paliyan.

Tri Nurhidayati, SSos selaku Koordinator PKB Kapanewon Paliyan menjelaskan, bahwa tujuan dari kegiatan Penguatan Kader IMP diantaranya adalah untuk meningkatnya komitmen bersama, serta memberikan support kepada kader, dalam tugas program Bangga Kencana di lini lapangan.(*)

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine