Bersama Lintas Sektor, BPKB Lakukan Pembinaan Generasi Berencana di SMPN 1 Tepus

Korepsonden: Dwi Lestyandari, AMd Gizi (penyuluh KB Kap Tepus)

TEPUS - Pembinaan generasi berencana dilaksanakan di SMP N 1 Tepus pada Senin, tanggal 30 Mei 2022, bertempat di aula SMP N I Tepus yang dihadiri oleh Kapolsek Tepus AKP Jarwanto, SH, MH selaku narasumber, Kepala SMP N I Tepus,  Heriyanto, SPd, MPd, Margiyanti, SPd selaku wakil kepala sekolah, Nurhayati, MPd selaku urusan kesiswaan dan sebanyak 75 siswa dari kelas 7 dan 8. 

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala Sekolah. Dalam sambutannya beliau mengucapkan banyak terimakasih atas kerjasama yang terjalin antara berbagai lintas sektoral baik dari Polsek maupun Penyuluh KB. 

Ke depan Kepala Sekolah berharap di SMP Negeri 1 Tepus terbentuk Kelompok PIK-R sebagai wadah kegiatan pembinaan bagi siswa-siswinya.Program-program kegiatan yang akan dilaksanakan kerjasama dengan Penyuluh KB atau dengan lintas sektoral lainnya sangt mendukung keberadaan SMP Negeri 1 Tepus sebagai sekolah penggerak. 

Ke depannya kerjasama ini akan lebih intensif dilakukan guna mendorong terciptanya generasi yang berkualitas. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi Generasi Berencana oleh Dwi Lestiyandari, Penyuluh KB Kapanewon Tepus. Adapun materi yang disampaikan adalah mengenai apa itu pengertian Genre, tujuannya, manfaatnya bagi masa depan. 

Dalam materi ini ditekankan bahwa generasi yang berkualitas adalah generasi yang merencanakan pendidikannya dengan baik, merencanakan pekerjaannya kelak dengan baik dan merencanakan usia pernikahannya sesuai dengan siklus reproduksi.Selain itu juga disampaikan akibat dari pernikahan dini sebagai lingkarangan kemiskinan yang akan terus berlanjut. 

Pada kegiatan pembinaan Genre juga siswa-siswi diajak untuk salam Genre serta diskusi tentang permasalahan yang dihadapi oleh remaja. Remaja yang hadir sangat antusias terlihat dari respon menjawab pertanyaan maupun mengajukan pertanyaan. 

Selanjutnya sesi kedua diisi oleh AKP Jarwanto, SH, MH, mengenai Remaja Hebat. Dalam materi ini disampaikan bahwa anak-anak yang hebat tidak akan melakukan hal-hal yang merugikan dirinya kelak, dia akan fokus untuk menggapai cita-cita dan merubah nasibnya menjadi lebih baik. 

Siswa-siswi juga diajak diskusi mengenai  bahaya narkoba juga bahaya dari kejahatan jalanan yang marak terjadi. Jarwanto juga menyampaikan bahwa anak-anak SMP Negeri 1 Tepus harus menjadi anak yang berguna bagi dirinya, keluarganya, dan juga bangsa negara Indonesia. Beliau juga menyampaikan bahwa anak-anak harus pandai dalam menggunakan waktu juga menggunakan gadget agar supaya tidak terjerumus pada hal-hal yang dilarang baik oleh pemerintah, sekolah, masyarakat maupun agama. 

Kapolsek siap untuk membantu kegiatan pembinaan bagi siswa-siswi yang ada di SMP Negeri 1 Tepus misalnya kegiatan pembinaan Tonti, pembinaan kedisiplinan siswa dll.

Kegiatan pembinaan Generasi Berencana ini ditutup oleh Kepala Sekolah dengan harapan kerjasama ini berlanjut secara rutin karena sangat bermanfaat baik bagi siswa maupun sekolah.(*)

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine