Berkriteria "Berani", PIK-R Tunas Harapan Patuk Maju Lomba PIK-R Tingkat Provinsi DIY

Koresponden: Sri Wahyuningsih, SPd (PKB Patuk)

PATUK | Senin (30/05) pukul 09.00 kelompok PIK R Tunas Harapan, Putat, Patuk mengikuti lomba tingkat provinsi yang bertempat di Padukuhan Plumbungan, Kalurahan Putat, Kapanewon Patuk. Even lomba tersebut dihadiri oleh Kabid KB DPMKPPKB Gunungkidul dan tim penilai dari Perwakilan BKKBN DIY.

Acara dimulai dengan pembukaan kemudian dilanjutkan sambutan oleh perwakilan tim penilai Perwakilan BKKBN Provinsi DIY, Witriastuti Susani Anggraeni SE, MM, 
Koordinator Bidang KSPK. Dalam sambutannya, Anggraeni mengatakan bahwa dalam rangka Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Perwakilan BKKBN Provinsi DIY mengadakan berbagai kegiatan termasuk kegiatan lomba PIK-R tingkat povinsi ini, yang diikuti dari berbagai kelompok PIK R yang ada di Provinsi DIY. 

"Pada PIK-R Tunas Harapan ini mendapat modul kriteria 'Berani', yang mana sasarannya ada pada usia 10-14 tahun," kata Eni, sapaan akrabnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan melakukan evaluasi kepada kelompok PIK-R tentang kelengkapan-kelengkapannya guna mendukung jalannya evaluasi. Kelengkapan itu diantaranya adalah SK pembentukan PIK-R Tunas Harapan, struktur organisasi, dan profil PIK-R Tunas Harapan, dan yang paling penting adalah bagaimana PIKR Tunas Harapan dikenal oleh masyarakat dan dikenal oleh berbagai daerah. Secara lebih luas PIK-R bisa bekerjasama dengan UPT Puskesmas dalam bidang kespro, dengan KUA dalam bidang kerohanian.

Acara dilanjutkan dengan laporan kegiatan PIK-R Tunas Harapan yang disampaikan oleh Heru Susilo selaku Ketua PIK-R Tunas Harapan. Dalam laporannya Heru menyampaikan, “PIK R Tunas Harapan telah melakukan berbagai kegiatan dengan melakukan pertemuan secara rutin dengan mitra karang taruna di kalurahan." 

Heru juga menambahkan kegiatan PIK R diantaranya terkait dengan:

1. Konseling dan disukusi
Konseling dan diskusi dilaksanakan secara rutin dengan harapan remaja-remaja masa kini dapat berkonseling antar sebaya dan berdiskusi agar dapat menemukan solusi terbaik.

2. Perpustakaan mini
Disediakan perpustakaan mini untuk kelompok PIK R Tunas Harapan agar remaja dapat membaca serta memperoleh informasi dan pelajaran yang bagus.

3. Kegiatan olahraga dan seni
Bola voli yang dilakukan secara rutin kemudian kesenian serta budaya karawitan.

4. TPA untuk anak-anak
Kelompok PIK-R Tunas Harapan juga membantu kegiatan di masjid.

Berdasarkan kegiatan yang sudah disampaikan oleh Heru Susilo tsb, maka remaja dapat diarahkan pada kegiatan positif, karena pada zaman sekarang tuntutan zaman yang semakin besar dan pengaruh tekhnologi yang semakin meningkat pesat dan pola pikir remaja yang cenderung lebih cepat dewasa dikhawatirkan remaja dapat melakukan hal yang negatif.

Kemudian Heru Susilo juga menyampaikan visi dan misi PIK-R Tunas Harapan. Adapun visi PIK-R Tunas Harapan yaitu menciptakan remaja yang berwawasan religius, dinamis, dengan pengembangan wirausaha dan kepedulian terhadap lingkungan hidup, untuk mewujudkan remaja tegak dalam rangka tercapainnya keluarga berkualitas. 

Sedangkan misi PIK-R Tunas Harapan adalah pembinaan kerohanian, diklat dan pelayanan konseling serta menciptakan ketahanan keluarga dan pendewasaan usia.

Pencapaian PIK-R Tunas Harapan pada kegiatan lomba tingkat provinsi maupun tingkat Kabupaten yaitu al:

- Juara II Lomba Cerdas Cermat tingkat Provinsi tahun 2012;
- Juara II Penilaian tahap TEGAK tingkat Provinsi tahun 2013;
- Juara II Penulisan Karya Ilmiah tingkat Provinsi tahun 2013;
- Juara I Pertandingan Bola Volley Bupati Gunungkidul 2012;
- Terbaik I PIK-R Tahap Tumbuh Tingkat Kabupaten Gunungkidul 2012;
- Terbaik I PIK-R Tahap Tegak Tingkat Kabupaten Gunungkidul 2013;
- Terbaik I PIK-R Tahap Tegar Tingkat Kabupaten Gunungkidul 2014.

Acara dilanjutkan sambutan Kepala Bidang Dalduk dan KB DPMKPPKB Gunungkidul Amirudin, SSos menyampaikan bahwa di era digital seperti saat ini banyak sekali kemajuan dalam berbagai bidang mulai dari teknologi, kesehatan, ekonomi dan kehidupan sosial yang ada di masyarakat contohnya: remaja saat ini tidak pernah lepas dengan gadget dikarenakan perkembangan zaman yang semakin modern. 

Oleh sebab itu, lanjut Amir, pembentukan kelompok PIK-R pada Kalurahan Putat ini bertujuan agar remaja melakukan hal-hal positif, tidak bergantung dengan gadget. Perubahan dan kecanggihan yang semakin pesat juga mengharuskan orang tua perlu berperan penting untuk membimbing remaja saat ini dan membatasi penggunaan gadget karena ketika anak dalam memahami nilai-nilai yang salah akan sangat mempengaruhi kehidupan anak tersebut di masa mendatang.

Acara evaluasi kegiatan PIK R selesai pukul 11.30 WIB dengan memberi semangat kepada kelompok PIK R Tunas Harapan "Salam GenRe".(*)
0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine