Dalam Rangka HUT Kapanewon Purwosari, BPKB Bekerjasama dengan UPT Puskesmas dan PKBI Gunungkidul Adakan Pemeriksaan IVA dan Pelayanan KB Gratis

Koresponden: Suroto, SSos, MM (penyuluh KB Purwosari)

PURWOSARI - Senin  (21/3), bertempat di UPT Puskesmas Pembantu Giritirto, Balai Penyuluhan  Kelurga Berencana Purwosari menjalin kerjasama mengadakan pelayan tes IVA  dan pelayanan KB massal  bekerjasama dengan UPT Puskesmas Purwosari dan PKBI Cabang Gunungkidul.  Ini merupakan agenda tahunan  yang rutin diadakan  dalam rangka ulang tahun Kapanewon Purwosari yang ke-21 Kapanewon  Purwosari. Karena masih dalam situasi pandemi, even tsb diadakan secara sederhana  tetapi cukup bermakna bagi masyarakat Purwosari. 

Kegiatan yang dilaksanakan dalam even tsb antara lain pembagian masker  kepada  pengunjung  pasar Klampok  Giripurwo oleh jajaran pemerintah Kapanewon Purwosari dan kegiatan  pembagian  oleh Tim Penggerak PKK Kapanewon Purwosari di pasar Petoyan Giritirto dengan sasaran seluruh  pengunjung  pasar maupun pedagang  yang kebanyakan ibu ibu kurang disiplin dalam melakukan prokes. Dengan kegaitan tersebut diharapkan pengunjung  pasar bisa mentaati prokes dengan baik dan menjadi sebuah kebiasaan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga  akan tercipta suasana yang nyaman di pasar.  

Sedangkan pelayanan KB dilaksanakan sebagai upaya  untuk meningkatkan capaian MKJP di wilayah Purwosari,  dengan sasaran PUS non-PBI atau bukan penerima bantuan iuran. Hal ini dilakukan agar  semua calon peserta bisa mengikuti pelayanan dengan tidak dipungut biaya atau  gratis, sedangkan pelayanan yang mempunyai BPJS bisa dilaksanakan di UPT Pukesmas Purwosari sesuai jadwal yang telah ditentukandari hari Senin sampai Sabtu sesuai jam kerja. 

Dalam kesempatan ini peserta yang terlayani  adalah sebanyak 41 peserta, terdiri dari peserta KB implan 24 orang, serta peserta IUD sebanyak 17 orang.  Menurut salah satu peserta, Sukemi, acara ini sangat membantu warga khususnya yang tidak  mempunyai BPJS dan menyarankan agar diadakan setiap tahun.

Pelayanan tes IVA (Inspeksi Visual  Asam Asetat) adalah suatu metode sederhana sangat mudah, praktis  dan murah untuk mendeteksi kangker leher rahim sedini mungkin dengan cara mengoleskan asam asetat di mulut rahim. Metode ini dapat mendeteksi  lesi tingkat pra kanker sensitivitas sekitar 66-69%, dan spesivitas sekitar 64-98%. 

Cakupan  screening melalui IVA di wilayah Purwosari masih sangat rendah. Hal ini terjadi karena berbagai faktor, antara lain  kesadaran masyarakat  tentang  kesehatan alat reproduksi masih rendah, merasa malu utuk melakukan pemeriksaan dengan bidan setempat. Mengingat masih tingginya penderita kangker rahim, tidak terkecuali di wilayah Purwosari, hendaknya menjadikan perhatian bagi para kaum wanita untuk melakukan deteksi dini dilayanan kesehatan setempat sebagai bentuk proteksi  terhadap alat kesehatan reproduksinya.

Untuk menumbukan rasa kepedulian kaum perempuan terhadap kesehatan alat reproduksi perlu diupayakan dengan beberapa cara, misalnya  dengan pelayanan secara masal  agar orang tertarik  untuk mecari tahu akan manfaat dari pemeriksaan IVA. Selanjutnya perlu juga KIE tentang  kesehatan  alat reroduksi secara berkala dan berkesinambungan  bekerja sama dengan berbagai pihak yang ada dilini terdepan dalam masyarakat selain itu promosi lewat leflet , selebaran maupun di media online perlu ditingkatkan.

Dalam acara bakti sosial  pelayan IVA  terlayani sebanyak 39  orang.  Dan harapan dari panitia  agar peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa membagikan pengalamannya kepada ibu-ibu di lingkungan tempat  tinggal mereka  masing-masing, sehingga bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat  dan  terhindar dari penyakit kanker rahim.(*)

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine