Tampilkan Bakso dan Dimsum Ikan Tuna, Kader PKK Balong Juara 1 Lomba Masak Sambut HUT Girisubo ke-19

Koresponden: Sabrur Rohim, SAg, MSI (pimred Cahaya Keluarga)

GIRISUBO - Dalam rangka menyambut hari ulang tahun girisubo ke 19, kantor Kapanewon Girisubo menyelenggarakan pelbagai perlombaan yang diikuti warga Girisubo baik dari unsur kader, remaja, ataupun unsur warga lain pada umumnya. Di antara lomba yang mendapat sambutan antusias adalah lomba membuat konten kreatif untuk media sosial (YouTube) serta lomba memasak berbahan dasar ikan tuna. 

Kegiatan lomba masak dilaksanakan pada Jumat (18/03) bertempat di halaman kantor kapanewon. Pesertanya adalah kader PKK (yang di dalamnya tercakup kader PPKBD/Sub PPKBD dan kader Posyandu), dari masing-masing kalurahan mendelegasikan 3 orang kadernya. 

Lomba dimulai jam 09.00 WIB sehabis acara senam massal, berakhir pada 11.00 WIB. Tiap kalurahan membuat menu kuliner yang khas, yang semuanya berbahan dasar ikan tuna. Dari pihak kantor Kapanewon Girisubo memberi modal sebesar Rp 150 ribu untuk membeli kebutuhan masak (ikan tuna, bumbu, dll).

Sebagai juri dalam lomba ini adalah Ketua TP PKK Gunungkidul, Ny Hj Diah Sunaryanta yang didampingi oleh pengurus TP TPP Kapanewon Girisubo serta perwakilan UPT Puskesmas Girisubo. Akhirnya setelah penilaian, keluar sebagai juara 1 adalah kader PKK Kalurahan Balong, disusul juara 2 kader PKK Jepitu, dan sebagai juara 3 kader PKK Jerukwudel.

Menurut Diah Sunaryanta, keunggulan tim PKK Balong adalah menu masakannya yang higenis, ada kandungan sayur, serta tidak mengandung banyak minyak. Menu yang ditampilkan PKK Balong adalah bakso ikan tuna dan dimsum ikan tuna.

Pitri Yuliana, kader PKK Balong, mengaku gembira dengan hasil yang dicapai. "Ini sesuai dengan espektasi kami mendapat juara 1. Kami sangat senang, dan semoga menginspirasi agar bisa makin baik lagi dalam ajang-ajang sejenis yang akan datang," ungkapnya.

Panewu Girisubo, Slamet Winarno, SSos, MM, mengapresiasi atas peran serta ibu-ibu kader PKK yang antusias dalam mengikuti lomba. Ditanya alasan ketentuan bahan dasar ikan tuna, Slamet mengatakan bahwa tujuannya untuk menggali potensi lokal. "Di wilayah Girisubo ikan tuna kan tersedia melimpah. Ikan laut juga makanan yang sehat. Harapannya menu-menu yang menarik, variatif, dan khas ikan tuna akan memicu kegemaran konsumsi ikan di kalangan warga Girisubo. Di sisi lain sekarang kita juga tengah digalakkan untuk mencegah stunting. Nah, ikan laut, khususnya tuna, kandungan proteinnya sangat bagus. Jika bumil gemar makan ikan, balita gemar makan ikan, mereka akan sehat dan terhindar stunting," pungkas Slamet Winarno.(*) 

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine