Posyandu Remaja Kampung KB Duwet, Tepus, Membangun Remaja Sehat dengan "CERDIK"

Koresponden: Dwi Lestyandari, AMd Gizi


TEPUS
- Kegiatan Posyandu Remaja di Kampung KB Duwet Kalurahan Purwodadi merupakan kegiatan keterpaduan antara program PIK-R dengan program Kesehatan Remaja yang dilaksanakan oleh Puskesmas Tepus II, yang dalam hal ini sebagai koordinator kegiatannya adalah Bundarini, STr Keb, bidan pembina wilayah. 

Kegiatan Posyandu Remaja yang dilaksanakan di Kampung KB Duwet Kalurahan Purwodadi ini pertemuannya dilakukan sebulan sekali dengan melakukan penimbangan BB, pengukuran TB, tensi, pengukuran HB dan juga pemberian materi pembinaan pada remaja mengenai berbagai materi yang menunjang kesehatan bagi remaja. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 12 Maret 2022 kemarin disampaikan materi tentang upaya membangun remaja yang sehat dengan CERDIK, yaitu 1. Remaja hendaknya cek kesehatan secara rutin agar terpantau status kesehatannya; 2. Remaja hendaknya enyahkan asap rokok untuk memperoleh kesehatan yang optimal; 3. Remaja hendaknya rajin berolahraga, melakukan olahraga secara teratur minimal 30 menit setiap harinya; 4. Selain itu, remaja harus diet seimbang dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang guna memenuhi kebutuhan nutrisinya untuk menunjang pertumbuhan  dan perkembangan serta mencapai derajat kesehatan yang optimal. 

5. Selain itu remaja harus istirahat yang cukup  untuk menjaga kesehatan remaja agar tetap fit; serta tidak lupa 6. kelola stres dengan baik sehingga tidak berpengaruh kepada kesehatan baik fisik maupun psikis remaja, apabila ada masalah bisa bercerita dengan teman sebaya, orangtua ataupun kepada guru dan orang dewasa yang dipercaya.

Jika CERDIK tadi dilakukan secara rutin oleh remaja, alhasil akan terbentuk remaja yang sehat.[]

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine