PIK-R Respect Sabet Juara 1 Lomba Video Clip "Ayunda Si Menik"

Reportase: Sabrur Rohim, SAg, MSI (PKB Girisubo)


TEPUS -
 Dalam rangka mensosialisasi wawasan pendewasaan usia perkawinan (PUP) kepada remaja dan kalangan milenial, BPKB Girisubo menyelenggarakan lomba KIE melalui media sosial. Materi KIE-nya adalah video clip lagu karya M Kamsun (penghulu Kemenag Gunungkidul) yang berjudul, "Ayunda Si Menik", akronim dari "ayo tunda usia menikah." Lagu ini sendiri sudah populer di kalangan anggota PIK Remaja Gunungkidul.

Peserta lomba adalah kelompok kegiatan PIK-R se-Kapanewon Girisubo yang berjumlah 7 kelompok, yakni PIKR Police Karangawen, PIKR Melati Nglindur, PIKR Setyo Tuhu Nglindur, PIKR Teratai Tileng, PIKR Respect Tileng, PIKR Pelangi Pucung, serta PIKR Kembang Brayan SMPN 1 Girisubo. 

Mekanisme penilaiannya adalah melalui banyaknya views di media sosial. Video clip ditayangkan di akun remsi BPKB Girisubo, yakni "bpkb GIRISUBO", selama kurun Oktober 2021 sd awal Februari 2022. Yang terbanyak views-nya itulah yang menjadi jawaranya. Jadi dari pihak penyelenggara tidak berperan apa pun dalam penilaian. Semuanya diserahkan penuh kepada penilaian publik penonton. Tinggal bagaimana kreasi dan inovasi masing-masing PIKR untuk menggaet views sebanyak-banyaknya demi meraih nominasi tertinggi.

Pengumuman hasil kejuaraan dan pembagian hadiah/sertifikat dilaksanakan pada Selasa (9/2) berlangsung di pantai Sundak Tepus Gunungkidul. Sebelumnya para anggota PIKR (perwakilan masing-masing 1 orang, mengingat kondisi pandemi) mengikuti kegiatan rapat koordinasi program KB di rumah koordinator PKB Girisubo, Hudoyo, SSos, di Bintaos Tepus, bersama segenap jajaran PKB, pramusaji, serta PPKBD se-Girisubo. 

Sebelum pengumuman kejuaraan terlebih dulu disampaikan penyuluhan PUP oleh Surami, kader BKR yang juga sekaligus pembina forum PIKR Girisubo. Poin pentingnya, Surami mengajak segenap kader PIKR se-Girisubo untuk terus mengampanyekan pentingnya PUP serta mengajak lebih banyak lagi remaja di wilayahnya masing-masing untuk bergabung dengan PIKR.

Berdasarkan penilaian dari jumlah views di semua video yang ditayangkan di akun YT "bpkb GIRISUBO", didapatkan hasilnya sebagai berikut: juara 1: PIKR Respect Tileng, juara 2: PIKR Setyo Tuhu Nglindur, juara 3: PIKR Pelangi Kampung KB Wonotoro Pucung, juara harapan 1: PIKR Teratai Kampung KB Nanas Tileng, juara harapan 2: PIKR Kembang Brayan SMPN 1 Girisubo, disusul perolehan terbawah oleh PIKR Police Karangawen dan PIKR Melati Nglindur.

Semua PIKR mendapatkan uang pembinaan dari BPKB Girisubo sesuai porsinya masing-masing, dan bagi para pemenang (jauar), selain mendapatkan dana pembinaan juga memperoleh trofi dan sertifikat yang diserahkan oleh penyuluh KB dan kader PPKBD disaksikan oleh segenap hadirin di pantai Sundak.(*)

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine