DPPKBP3A Wonosobo Lakukan Kaji Banding di PIK-R Police Girisubo, Gunungkidul

Koresponden: Sabrur Rohim, SAg, MSI


GIRISUBO 
| Jumat (14/01) pagi, kantor Kalurahan Karangawen, Girisubo, punya gawe besar. Ini terkait dengan kedatangan tim dari Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Wonosobo dalam rangka kegiatan kaji banding ke poktan PIK Remaja Police Karangawen.

Lokasi kegiatan di balai kalurahan, karena memang sekertariat PIK-R Police berada di kompleks balai Kalurahan Karangawen. "Ada ruang khusus yang memang disediakan sebagai markas kegiatan PIK Remaja," kata Beti Ruhani, SPd, salah satu konselor sebaya PIK-R Police Karangawen, sembari mengatakan bahwa dari jajaran pengurus PIK-R hanya beberapa saja yang hadir karena pertimbangan kondisi pandemi.

Selain pengurus PIK-R Police, adir di pagi itu jajaran penyuluh KB dan pramusaji dari BPKB Girisubo, Panewu Girisubo dan jajaran Forkompica ditambah sejumlah pejabat struktural, Lurah Karangawen beserta semua staf/perangkat kalurahan. Segenap unsur-unsur tersebut sudah berkumpul dan siap di kalurahan sekitar jam 09.00 WIB.

Rombongan dari Wonosobo tiba di lokasi sekitar jam 10.30 WIB. Mereka terdiri atas sejumlah pejabat struktural DPPKBP3A Wonosobo, beberapa penyuluh KB, serta 15 orang pegiat PIK Remaja se-Kabupaten Wonosobo. Rombongan dipimpin oleh Dewi  Yuliana Satriani, SST, MKes, Kepala Seksi Ketahanan Keluarga DPPKBP3A Wonosobo. Rombongan dari Wonosobo juga didampingi oleh tim dari DPMKPPKB Gunungkidul yang dipimpin oleh Kabid Dalduk dan KB, Muh Amirudin, SSos.


Peran Nyata PIK Remaja bagi Pembangunan Desa

Acara dimulai oleh pembawa acara dengan pembukaan, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu Lurah Karangawen, Erman Susilo, SIP memberikan sambutan selamat datang kepada tamu. Susilo, sapaan akrabnya, menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada DPPKBP3A Wonosobo yang telah berkenan hadir di pelosok Gunungkidul untuk melakukan kaji banding kegiatan PIKR Police Karangawen. Susilo juga berterimakasih kepada DPMKPPKB Gunungkidul yang sudah memfasilitasi sehingga kunjungan dari Wonosobo ke Karangawen bisa berjalan dengan lancar. Tidak lupa Susilo menyampaikan terimakasih kepada Forkompinca, BPKB Girisubo, dan pihak-pihak lain yang membantu suksesnya acara ini. 

Dikatakan Susilo bahwa pihak Kalurahan selama ini sangat mendukung keberadaan PIK Remaja Police Karangawen karena secara nyata telah berperan dan berkontribusi dalam malam mensukseskan pembangunan Karangawen, terutama dalam menyiapkan SDM remaja yang handal dan siap memasuki kehidupan berumahtangga. Keberadaan PIK R Police, lanjut Susilo, secara riil telah berdampak pada menurunnya angka pernikahan dini di Karangawen, bahkan dalam beberapa tahun ini 0%.


Sarat Prestasi 

Setelah sambutan Lurah, acara dilanjutkan dengan pemaparan profil PIKR Police oleh Beti Ruhani, SPd yang nota bene adalah ketua sekaligus konselor remaja di PIKR tsb. Dalam paparannya Beti menceritakan perjalanan PIKR Police yang pada awalnya, ketika berdiri tahun 2014, adalah poktan tingkat dusun, lalu dalam perkembangannya kini berubah menjadi poktan tingkat kalurahan. Karangawen sendiri terdiri atas 8 dusun/padukuhan. Sebagai PIKR rintisan, PIKR Police telah mengukir banyak prestasi di tingkat kapanewon, kabupaten, bahkan provinsi, dan karenanya pernah mengikuti even nasional bersama perwakilan PIKR se Indonesia. Police juga memiliki binaan di 6 PIKR se Kapanewon Girisubo dengan kegiatan penyuluhan dan pendampingan dan telah berjalan selama beberapa tahun, hanya saja dalam setahun terakhir ini agak vakum karena terkendala oleh pandemi.

"Akhir Desember kemarin kami baru merayakan ulangtahun ke 8, dan dirayakan secara sederhana bersama segenap pengurus, anggota dan para PLKB," kisah Beti. 


Dari Hulu 

Sebagai tanggapan atas paparan Beti, acara dilanjutkan sambutan oleh tamu yang diwakili oleh Kasi Ketahanan Keluarga DPPKBP3A Kabupaten Wonosobo, Jateng, yakni Dewi Yuliana Satriani, SST, MKes. Dewi menyampaikan terimakasih atas sambutan yang luar biasa dari tuan rumah, baik dari elemen DPMKPPKB Gunungkidul, Kapanewon Girisubo, BPKB Girisubo, Kalurahan Karangawen, maupun adik-adik insan genre Police Karangawen. 

Tujuan kedatangan rombongan DPPKBPPA Wonosobo ke Girisubo, Gunungkidul, tak lain untuk melakukan studi perbandingan tentang pelbagai kegiatan dan capain yang sudah diraih oleh PIKR Police Karangawen, Girisubo, di dalam menyiapkan bekal bagi para remaja menuju kehidupan berumahtangga (PKBR), di Girisubo pada umumnya, dan khususnya di Karangawen. 

"Apa yang baik nanti tentu saja akan kita contoh, dan kami juga bisa memberikan beberapa contoh tentang apa yang sudah kami capai di Wonosobo yang mungkin bisa diimplementasikan di Gunungkidul," ujar Dewi.

Selepas sambutan, acara beralih ke penyerahan cinderamata dari DPMKPPKB Gunungkidul selaku tuan rumah kepada tamu (DPPKBP3A Wonosobo). Cinderamata berupa vandel marmer dan majalah Cahaya Keluarga, yang diserahkan secara langsung oleh perwakilan DPMKPPKB, Muh Amirudin, SSos, kepada Dewi Yuliana Satriani, SST, MKes, perwakilan dari Wonosobo.


Ikatan Batin

Setelah acara penyerahan cinderamata (souvenir dan majalah), selanjutnya Panewu Slamet Winarno, SSos, MM, menyampaikan kata sambutan pelepasan. Slamet sangat berterimakasih atas kunjungan DPPKBP3A Wonosobo dan berharap silaturahmi dan komunikasi ini akan terus berlanjut. "Saya berharap dari PIKR dan BPK Girisubo bisa berkunjung suatu saat nanti ke Wonosobo untuk studi banding juga," ujar Slamet. 

Panewu juga mengatakan bahwa awal Januari yang lalu, jadi kira-kira sepekan sebelumnya, segenap ASN dan karyawan di lingkungan Kapanewon Girisubo juga baru melakukan studi banding ke Magelang, dan sempat mampir ke Wonosobo, persisnya di dataran Dieng. "Jadi ini seperti ada kontak batin," kilah Panewu.

Sehabis sambutan pelepasan oleh Panewu, acara pun ditutup, yang kemudian disusul sesi foto bersama serta inspeksi oleh tamu ke ruang PIKR Police di kompleks balai kalurahan Karangawen, Girisubo.[]

    

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine