Rakordes Perdana Selepas Pandemi, PKB Ajarkan Aneka Salam di BKKBN. Apa Saja itu...??!!

Kontributor: Slamet (PKB Playen)

PLAYEN | Pada hari Senin (13/12) diselenggarakan pertemuan PKK dan kader Kalurahan Getas, bertempat di pendapa Kalurahan Getas. Acara dimulai pukul 11.00 WIB, diawali dengan berdoa, dilanjutkan menyanyikan lagu Mars PKK. Acara selanjutnya adalah sambutan oleh Lurah Getas. 


Pamit
Lurah Getas, Pamuji menyampaikan bahwa setelah beberapa bulan kegiatan pertemuan PKK dan kader diliburkan sebagai dampak dari pandemi covid, maka pada bulan Desember ini kegiatan tersebut bisa dilaksanakan kembali. Sehingga kegiatan ini merupakan pertemuan PKK dan kader Kalurahan Getas yang pertama untuk tahun 2021. Pamuji menuturkan, “Kegiatan hari ini merupakan kegiatan pertemuan PKK dan kader yang pertama di tahun 2021 dan bagi saya juga merupakan kegiatan yang terakhir karena pada tanggal 17 Desember 2021 nanti akan dilantik Lurah yang baru”.

Oleh karena sudah akan mengakhiri masa jabatannya, pada kesempatan Pamuji berpamitan dan menyampaikan terimakasih atas dukungan para kader, baik kader KB, kader sehat maupun pengurus PKK dalam mendukung jalannya Pemerintah Kalurahan Getas. Para kader telah banyak berperan dalam membangun masyarakat, terutama dalam bidang kesehatan, keluarga berencana, dan Pendidikan. Pamuji berharap agar peran para kader tersebut dapat ditingkatkan sehingga ke depan jalannya pemerintahan di Kalurahan Getas menjadi lebih baik.

Menambahkan sambutan yang telah disampaikan oleh Lurah, sang istri, Musrifah, SPd, yang notabene Ketua TP PKK Kalurahan Getas juga mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan sambutan. Ketua TP PKK Kalurahan Getas menyampaikan bahwa dengan selesainya masa jabatan lurah, maka jabatan sebagai Ketua TP PKK juga berakhir dan akan digantikan oleh Bu Lurah yang baru. Untuk itu selaku Ketua TP PKK saat ini juga menyampaikan terimakasih atas kerjasama selama ini dalam mendukung kegiatan PKK, termasuk program KB. Tentunya masih ada kekurangannya, namun demikian apa yang selama ini dilakukan semoga bermanfaat bagi para kader, anggota PKK, dan masyarakat Kalurahan Getas pada umumnya.

Tanggapan Kader
Setelah acara sambutan dan ucapan pamit dari Lurah dan Ketua TP PKK, kemudian dilanjutkan tanggapan dari PKK dan kader yang diwakili oleh Jazimah. Jazimah menyampaikan terimakasih atas kepemimpinan Lurah dan Ketua TP PKK sehingga selama ini berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik. 

Selama ini, kata Jazimah, Ketua TP PKK telah memfasilitasi berbagai kegiatan ibu-ibu di Kalurahan Getas. Ketua TP PKK secara pribadi selalu memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kegiatan PKK dan kader, sebagai contoh setiap kegiatan pertemuan rutin PKK selalu memberikan doorprize bagi peserta. Ketua TP PKK juga telah memfasilitasi kegiatan refreshing bagi anggota PKK dan kader Kalurahan Getas.

Tanggapan PKB
Acara berikutnya adalah penyampaian materi dari penyuluh KB. Mengawali pembicaraan pada kesempatan tersebut, Slamet selaku PKB wilayah Getas juga menyampaikan terimakasih kepada Pamuji, Lurah Getas beserta Ketua TP PKK Getas atas kerjasama dan dukugan yang selama ini telah diberikan untuk mensukseskan program KB di Kalurahan Getas. 

Slamet juga berharap bahwa ke depan, meskipun sudah tidak menjabat sebagai Lurah dan Ketua TP PKK di Getas, namun sebagai tokoh masyarakat agar tetap mendukung suksesnya Program KB di Kalurahan Getas ini. 

Selanjutnya Slamet menyampaikan bahwa mulai awal tahun 2021 ini mendapatkan amanah sebagai PKB wilayah Kalurahan Getas. Namun sebagaimana diketahui bahwa dari tahun 2020 sampai saat ini di wilayah kita sedang terjadi pandemi covid 19, sehingga beberapa kegiatan termasuk kegiatan pertemuan kader tidak dapat dilakukan. Untuk saat ini tersebut. Selama ini Penyuluh KB belum dapat bertemu dengan kader IMP secara keseluruhan karena meskipun sudah melaksanakan beberapa kegiatan baik ditingkat kalurahan maupun kapanewon, tetapi yang menghadirkan hanya beberapa orang perwakilan dari padukuhan.

Oleh karena baru pertama melaksanakan pertemuan dengan kader Kalurahan Getas secara keseluruhan, maka pada kesempatan tersebut Slamet merasa perlu memperkenalkan diri sekaligus memperkenalkan kembali program KB. 

Disampaikan oleh Slamet, untuk diketahui bahwa pada tahun 2020 yang lalu BKKBN telah melakukan rebranding Program KB. Program KB yang sebelumnya dikenal dengan KKBPK, mulai tahun 2020 mempunyai sebutan baru yaitu Bangga Kencana. Bangga Kencana singkatan dari pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana. Secara substansi masih sama dengan sebutan sebelumnya, yaitu kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga.

Capaian Kesertaan KB
Selanjutnya Slamet menginformasikan tentang pencapaian peserta KB baru sampai dengan bulan November 2020. Melengkapi penjelasan tentang pencapaian PB, Slamet juga menjelaskan secara singkat tentang alat/metode kontrasepsi, khususnya kontrasepsi pasca persalinan. KB pasca persalinan adalah penggunaan alat/metode kontrasepsi segera setelah melahirkan sampai dengan 42 hari setelah melahirkan. Macam-macam metode kontrasepsi pasca persalinan, antara lain:

1. MAL (metode amenorrhea lactasi), metode KB tanpa alat dan obat, tetapi dengan cara memberikan ASI ekslusif kepada bayi selama 6 bulan.
2. Suntik progrestin, keuntungannya tidak memiliki pengaruh terhadap ASI.
3. Pil progrestin (minipil), keuntungannya tidak menurunkan produksi ASI.
4. Implan, keuntungannya tidak mengganggu ASI.
5. AKDR, keuntungannya tidak mempengaruhi ASI.
6. Kondom, keuntungannya tidak mengganggu produksi ASI.
7. Tubektomi, tindakan pembedahan yang sederhana dan aman..
8. Vasektomi, metode operasi yang dilakukan untuk suami.

Dengan uraian tersebut Slamet berharap agar kader IMP Kalurahan Getas meluruskan pemahaman pada sebagian masyarakat yang selama ini beranggapan bahwa untuk menjaga kualitas ASI, seorang ibu akan ber-KB setelah anaknya berusia 2 tahun (selesai memberikan ASI).

Salam-salam BKKBN
Di bagian akhir materinya, Slamet mencoba untuk memperkenalkan atau mengingatkan kembali tentang salam-salam dari BKKBN. Apabila di dunia maya saat ini sedang viral salam dari Binjai, maka selaku kader IMP sudah semesestinya untuk lebih tahu tentang salam-salam dari BKKBN. Slamet menjelaskan salam-salam dari BKKBN yang meliputi:

1. Salam BKKBN
Aba-aba: Salam BKKBN
Jawaban: Berencana itu keren, atau Hidup berencana itu keren

2. Salam KB
Aba-aba: Salam KB
Jawaban:      
-Dua anak cukup,
-Keluarga bahagia sejahtera
-Laki-laki perempuan jangan dibedakan.

3. Salam Penyuluh (Petugas KB)
Aba-aba: Salam Petugas KB
Jawaban: Sehat, semangat, luar biasa

3. Salam BKB
Aba-aba: Salam BKB
Jawaban: 
 - Orangtua hebat
- Balita cerdas
- Keluarga bahagia

4. Salam BKB Emas
Aba-aba: Salam BKB Emas
Jawaban: 
 - Orangtua hebat
- Baduta sehat, cerdas, berkarakter
- Keluarga ceria

5. Salam Genre
Aba-aba: Salam genre
Jawaban: salam
Aba-aba: Remaja genre
Jawaban: sehat, cerdas, ceria
Aba-aba: Genre Indonesia
Jawaban: saatnya yang muda yang berencana

6. Salam BKL/Lansia
Aba-aba: Salam BKL
Jawaban: 
- Sehat, mandiri, sejahtera
- Yes yes yes

7. Salam UPPKA (UPPKS)
Aba-aba: Salam UPPKS
Jawaban : 
- Ekonomi kuat
- Keluarga sejahtera
- Kemiskinan tuntas tas tas tas

8. Slogan Program Bangga Kencana : Dua Anak Lebih Sehat

Selesai menjelaskan tentang salam-salam BKKBN tersebut, penyuluh KB mengajak seluruh peserta pertemuan untuk berdiri mempraktikkan salam-salam tersebut. Sesuai aba-aba yang diberikan, peserta menjawab salam dengan disertai gerakan tangan sesuai yang dijelaskan. Suasana menjadi meriah dan terkadang diselingi dengan tawa karena jawaban salam yang diberikan tidak sesuai.

Setelah paparan materi dari Penyuluh KB selesai, kemudian dilanjutkan pembagian doorprise. Doorprize diberikan oleh Ketua TP PKK Kalurahan Getas. Ada belasan doorprize yang diberikan kepada peserta yang hadir dengan cara diundi berdasarkan daftar kehadiran. Ketua TP PKK juga memberikan doorprize kepada balita yang kebetulan ikut ibunya dalam kegiatan tersebut. Tidak mau ketinggalan, Pak Lurah juga memberikan doorprize (amplop berisi uang) kepada peserta yang hadir pertama dalam pertemuan tersebut. Setelah selesai pembagian doorprize kemudian acara ditutup dengan berdoa dan dilanjutkan foto bersama.(*)

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine