Perwakilan BKKBN Jatim Studi Tiru ke Sekolah Lansia COE BKL Manunggal Asih Planjan, Saptosari, Gunungkidul

Kontributor: Ahmad Harwanto, SSos (Penyuluh KB Saptosari & Sekertaris DPC IPeKB Gunungkidul)


SAPTOSARI
| Sekolah Lansia BKL COE Manunggal Asih yang beralamatkan di Dusun Tritis Kalurahan Planjan Kapanewon Saptosari yang berdiri sejak tahun 2004 hingga kini masih saja menunjukkan eksistensinya. Banyak prestasi yang sudah diraih, salah satunya adalah BKL COE Manunggal Asih telah mewisuda sejumlah 50 orang lansia menjadi Sarjana Strata 1 Lansia Tangguh.


Kamis, 16 Desember 2021 pukul 10.00 WIB sd selesai bertempat di Balai Dusun Tritis Kader BKL COE Manunggal Asih menerima tamu kunjungan dari Perwakilan BKKBN Propinsi Jawa Timur yang digawangi oleh Suhartuti selaku Koordinator Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga, Nur Hotimah, SSos selaku Sub Koordinator Balita, Anak dan Lansia, Yuyun Efriana selaku Sub Koordinator Bina Ketahanan Remaja, dan Yuni Cakidianto selaku Sub Koordinator Pemberdayaan Ekonomi Keluarga.

Adapun maksud dan tujuan Perwakilan BKKBN Proinsi Jawa Timur tersebut adalah untuk melakukan studi banding sekaitan dengan Sekolah Lansia yang terlaksana tahun 2020. Tamu dijamu dengan baik dan ramah oleh Perwakilan BKKBN DI Yogyakarta yang diketuai oleh Ir Lidwina Daru Andani, Zainal Arifin, Mulyanto, Latifah N, Erwan S, Kader-Kader BKL COE Manunggal Asih yang diketuai oleh Ibu Wasih, PKB Kapanewon Saptosari Patwara Wibawa, SE, MAP dan Ahmad Harwanto, S.Sos bersama PPKBD Kalurahan Planjan Sadilem, SPd, dan beberapa perwakilan siswa Sekolah Lansia.

Acara pada hari itu berjalan dengan santai namun penuh dengan makna yang berarti. Alunan musik gejog lesung yang di mainkan oleh siswa sekolah lansia sebagai penyambutan hangat tamu dari Perwakilan BKKBN Propinsi Jawa Timur kemudian dilanjutkan pembukaan dengan doa bersama yang dipimpin oleh pembawa acara. Acara diambil alih oleh Koordinator PKB Kapanewon Saptosari Patwara Wibawa, SE, MAP dengan memberikan prolog sejarah BKL COE Manunggal Asih.


Sejarah dan Profil BKL Manunggal Asih

BKL Manunggal Asih didirikan pada tanggal 10 Agustus 2004 dan dikukuhkan dengan SK Lurah Desa Planjan No : XII/KPTS/2004 tentang Pembentukan Kelompok Bina Keluarga Lanjut Usia (BKL) Manunggal Asih Padukuhan Tritis, Kelurahan Planjan, Kapanewon Saprtosari. 

Pengurus BKL “MANUNGGAL ASIH’’ adalah sekaligus merangkap sebagai kader BKL berjumlah 10 orang diketuai oleh Ibu Wasih. Pelaksanaan Kegiatan BKL terpadu dengan Posyandu Lansia, dilaksanakan sebulan 1 X setiap tanggal 10. 

Ada banyak kegiatan yang dilaksanakan di BKL Manunggal Asih diantaranya adalah Penyuluhan 7 Dimensi Lansia Tangguh, Usaha Ekonomi Produktif dengan membuat eping melinjo dan pembuatan tempe benguk, Senam Lansia bersama Kader BKL Manunggal Asih, Kesenian Gejog Lesung dan masih banyak lagi. Lansia anggota BKL Manunggal Asih memiliki semangat yang luar biasa ditandai dengan tingkat kehadiran yang selalu tepat waktu dan penuh energi.

Penyuluhan dilakukan oleh lintas sektor seperti dari Penyuluh Agama dari KUA Kapanewon Saptosari, Tenaga Kesehatan dari UPT Puskesmas Saptosari, dan juga dari PKB Kapanewon Saptosari sehingga informasi yang diterima oleh lansia sangat berfariasi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan lansia itu sendiri.

Lansia Sarjana S-1
Selanjutnya disampaikan sambutan atau ucapan “kula nuwun” dari Perwakilan BKKBN Propinsi Jawatimur oleh Suhartuti selaku Koordinator Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga.


Tutik, sapaan akrabnya, mengaku senang dan bangga kepada lansia Manunggal Asih yang masih sangat produktif dan aktif dalam berkegiatan. Kesenian gejog lesung sebagai pembuka sangat berkesan dan sangat mengesankan, katanya.

Memang belum ada Sekolah Lansia di Propinsi Jawa Timur sehingga kedatangan Tim Perwakilan BKKBN Propinsi Jawatimur adalah untuk belajar/ Study tiru pelaksanaan Sekolah Lansia yang telah sukses memwisuda sebanyak 50 Lansia pada tanggal 2 Desember 2020 di Sahid Jaya Hotel Yogyakarta. 

“Yang kami herankan adalah Lansia BKL COE Manunggal Asih sebagian besar tidak dapat membaca dan menulis atau buta huruf namun mengapa Lansia Manunggal Asih dapat meraih gelar Strata 1?” begitulah kiranya yang menjadi pertanyaan besar Ibu Tutik.

Perwakilan BKKBN Propinsi Jawa Timur mendapat mandat dari BKKBN RI untuk membentuk Sekolah Lansia sama seperti di Sekolah Lansia Manunggal Asih di Padukuhan Tritis, Kalurahan Planjan, Kapanewon Saptosari ini. Sehingga Tim Perwakilan BKKBN Propinsi Jawatimur membutuhkan banyak sekali informasi-informasi yang dianggap penting dalam pelaksanaan sekolah lansia seperti Surat Keputusan atau Surat Penunjukan dari BKKBN DI Yogyakarta, mekanisme pelaksanaan Sekolah Lansia, Kurikulum sekolah lansia yang bekerjasama dengan IRL (Indonesia Ramah Lansia).


FGD (Focus Group Discussion)

Disampaikan, bahwa awal terbentuknya sekolah Lansia adalah karena ada penunjukan surat No. 375/PK.04.02/J4/2020 Tanggal 18 Februari 2020 dari Perwakilan BKKBN DIY, perihal seperti pada pokok surat, bahwa berdasarkan hasil kesepakatan sosialisasi Sekolah Lansia di Kelompok BKL Manunggal Asih Kapanewon Saptosari, Kabupaten Gunungkidul tanggal 5 Februari 2020 yang merupakan kelompok pengembangan dan sudah dicanangkan sebagai model Kelompok BKL pada tahun 2019, yang disampaikan oleh Tim Perwakilan BKKBN DIY dan Indonesia Ramah Lansia (IRL) bahwa Kelompok BKL Manunggal Asih bersedia untuk melaksanakan Kegiatan Sekolah Lansia yang diselenggarakan pertama kali pada tanggal 28 Februari 2020.

Pelaksanaan Sekolah Lansia ini dilakukan dengan tatap muka sebanyak 12 kali pertemuan dan akan diwisuda pada Bulan Desember 2020 bersamaan dengan Sekolah Lansia yang terlaksana di 2 Kabupaten yang berbeda yaitu Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulon Progo. Lokasi wisuda adalah di Sahid Jaya Hotel Yogyakarta.

Adapun kurikulum Sekolah Lansia adalah sebagai berikut:

1. Stadium General, Tepuk Lansia Sehat
2. Gangguan Kognitif pada Lansia (Dimensia Alzheimer/ Pikun)
3. Syndrome Geriatri (Penyakit Degeneratif) termasuk Hipertensi, DM, yang dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan
4. Relaksasi Otot Progresif
5. Gangguan Psikologi Lansia (Stress, Cemas dan Depresi)
6. 7 Dimensi Lansia Tangguh dan 8 Implementasi Fungsi Keluarga
7. Gizi Lansia, Menu Sehat Lansia
8. Peran Lansia Mencegah Stunting
9. Pertolongan Pertama Pada Kondisi Darurat
10. Spiritual Lansia
11. 7 Dimensi Lansia Tangguh, Menyalurkan Hobi, Kesenian, Ketrampilan, Ekonomi

Pada akhir acara ditutup dengan makan bersama dengan menu sayur lodeh dan tempe bacem hasil masakan dari para ibu Kader BKL COE Manunggal Asih.(*)
0 Viewers

Post a Comment

1 Comments

  1. Halo, Saya Nyonya Elina Johnson, dari ELINA JOHNSON LOAN FIRM, inilah pinjaman Asli yang akan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik,  perusahaan pemberi pinjaman, Diberikan dan Dilisensikan untuk menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta, dan orang yang membutuhkan Bantuan keuangan dalam tingkat manfaat rendah sebanyak 2%.

    Saya Nyonya Elina Johnson, akan memberikan yang terbaik dari rasa hormat kami kepada semua pelamar yang sah.

    Anda tidak akan kecewa dengan saya dalam kesepakatan bisnis ini karena perusahaan akan memastikan pinjaman Anda sampai kepada Anda, itu juga tidak berakhir di situ, kami memiliki tim ekspatriat yang memahami hukum investasi, mereka akan membantu Anda, memberi Anda kiat yang akan membantu Anda mengelola investasi tempat Anda menginvestasikan pinjaman Anda, sehingga Anda tidak akan bangkrut lagi dalam hidup Anda dan penawaran luar biasa ini menyertai pinjaman Anda,  Hubungi kami hari ini melalui email elinajohnson22@gmail.com

    Layanan kami meliputi sebagai berikut:

    * Pinjaman pribadi
    * Pinjaman Dijamin
    * Pinjaman tidak dipagari
    * Hasil pinjaman
    * Pelatihan Pinjaman
    * Pinjaman gadai pinjaman
    * Pembayaran pinjaman
    * Pinjaman mahasiswa
    * Pinjaman Komersial
    * Pinjaman Mobil
    * Resolusi Pinjaman
    * Pinjaman Pengembangan
    * Dept pinjaman pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman pendidikan
    * Janji rusak

    Silakan isi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini dan kembalikan kepada kami untuk melayani kami dengan lebih baik melalui email: elinajohnson22@gmail.com

    DATA PEMOHON
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) jenis kelamin:
    6) Status Perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi saat ini di tempat kerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan Pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda pernah melamar:
    16) Tanggal lahir: terima kasih,
    Nyonya Elina Johnson ( elinajohnson22@gmail.com)

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine