Pertemuan Kader IMP Bleberan di Srigethuk, Wabup Heri Susanto: "Ayo Cegah dan Turunkan Stunting...!"

Kontributor: Slamet, ST (penyuluh KB Playen)

PLAYEN | Sesuai kesepakatan antara kamituwa, pengurus Forum IMP Kalurahan, dan penyuluh KB, maka mulai bulan September 2021, kegiatan pertemuan kader Kalurahan Bleberan yang biasanya dilaksanakan setiap tanggal 25 diubah menjadi tanggal 15 setiap bulannya. Untuk menerapkan protokol kesehatan, peserta pertemuan juga dibatasi yaitu hanya menghadirkan perwakilan setiap padukuhan masing-masing 2 orang. 

Namun, untuk penyelenggaraan di bulan Desember ini sedikit berbeda. Kegiatan pertemuan kader bulan Desember dilaksanakan pada hari Jumat, 10 Desember 2021. Peserta yang dihadirkan dari perwakilan padukuhan masing-masing 5 orang. Tempat penyelenggaraan yang biasanya di pendapa balai kalurahan, untuk bulan Desember ini diselenggarakan di kompleks objek wisata Srigethuk yang berada di Padukuhan Menggoran 2, Kalurahan Bleberan.


Waktu penyelenggaraannya dimajukan menjadi tanggal 10 Desember yang bertepatan dengan hari Jumat karena pada pertemuan kader tersebut sekaligus akan dilakukan Germas (senam sehat). Sementara lokasinya di objek wisata Srigethuk sebagai promosi objek wisata tersebut yang saat ini sudah dibuka kembali. 

Maka pada hari yang sudah ditentukan tersebut, sekitar pukul 08.00 WIB, peserta sudah berkumpul di lokasi parkir wisata Srigethuk, siap mengikuti kegiatan senam sehat. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 50 peserta dan didampingi oleh Kamituwa Bleberan. Peserta mengikuti senam dengan penuh semangat, mengikuti aba-aba yang diberikan oleh pemandu senam. Sekitar 30 menit kegiatan senam tersebut dilakukan dalam suasana yang cukup meriah. 

Ternyata pada saat yang bersamaan dan di lokasi yang sama, Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto sedang melakukan peninjauan di lokasi wisata Srigethuk. Beliau menyempatkan untuk menyaksikan para kader yang sedang melakukan senam sehat dan selesai senam beliau berkenan menyampaikan sambutan pengarahan untuk memotivasi kepada para kader. 

Dalam sambutan sekitar 10 menit tersebut,  Wakil Bupati mengapresiasi kegiatan senam sehat yang dilaksanakan oleh para kader. Beliau berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin. Selanjutnya Wakil Bupati mengingatkan agar kader dapat menjalankan peran dan tugasnya dengan baik dalam mendukung program pemerintah yaitu program KB. Tidak lupa Wakil Bupati juga mengharapkan dukungan para kader dalam mencegah dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Gunungkidul.

Selesai memberikan sambutan pengarahan, Wakil Bupati berkenan untuk foto bersama sebelum kemudian meninggalkan lokasi untuk melanjutkan ketugasan di tempat lain, Sementara para kader berjalan ke arah utara menuju ke aula di dekat warung kuliner untuk mengikuti acara pertemuan kader. 

Setelah semua siap, maka acara pertemuan kader dimulai, dibuka dengan berdoa bersama dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars KB. Acara selanjutnya adalah penyampaian materi oleh penyuluh KB wilayah kerja Kalurahan Bleberan. 

Slamet,  penyuluh KB Kapanewon Playen, mengawali materi dengan menyampaikan pencapaian peserta KB baru sampai dengan bulan November 2021. Terkait dengan pencapaian tersebut, Slamet kembali mengingatkan bahwa tugas utama IMP adalah ngupaya dan ngopeni. Ngupaya berarti berupaya, yaitu berupaya mengajak PUS yang belum ber-KB, terutama unmet need untuk menjadi peserta KB. Sedangkan ngopeni, artinya memelihara, yaitu memelihara akseptor agar tetap menjadi peserta KB aktif. 

Untuk saat ini, kegiatan ngopeni juga dilakukan dengan memelihara anggota keluarga melalui kelompok-kelompok kegiatan, yaitu BKB, BKR, BKL, PIKR, dan UPPKS. Juga sebagai upaya memelihara anggota keluarga, saat ini sedang digalakkan kegiatan pencegahan stunting. Oleh karena itu para kader sangat diharapkan dukungannya untuk berperan aktif dalam kegiatan pencegahan stunting sebagaimana yang telah disampaikan oleh Wakil Bupati beberapa saat sebelumnya.

Selanjutnya Slamet mengajak para kader untuk mengingat kembali salam-salam dari BKKBN. Ada beberapa salam yang disampaikan yaitu salam BKKBN, salam KB, salam petugas KB, salam BKB, salam genre, salam BKL, dan salam UPPKS. 

Selesai penyampaian materi dari penyuluh KB, kemudian acara diisi oleh PPKBD Bleberan untuk menyampaikan beberapa informasi terkait dengan kegiatan-kegiatan kader Kalurahan Bleberan.(*)

0 Viewers

Post a Comment

1 Comments

  1. Halo, Saya Nyonya Elina Johnson, dari ELINA JOHNSON LOAN FIRM, inilah pinjaman Asli yang akan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik,  perusahaan pemberi pinjaman, Diberikan dan Dilisensikan untuk menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta, dan orang yang membutuhkan Bantuan keuangan dalam tingkat manfaat rendah sebanyak 2%.

    Saya Nyonya Elina Johnson, akan memberikan yang terbaik dari rasa hormat kami kepada semua pelamar yang sah.

    Anda tidak akan kecewa dengan saya dalam kesepakatan bisnis ini karena perusahaan akan memastikan pinjaman Anda sampai kepada Anda, itu juga tidak berakhir di situ, kami memiliki tim ekspatriat yang memahami hukum investasi, mereka akan membantu Anda, memberi Anda kiat yang akan membantu Anda mengelola investasi tempat Anda menginvestasikan pinjaman Anda, sehingga Anda tidak akan bangkrut lagi dalam hidup Anda dan penawaran luar biasa ini menyertai pinjaman Anda,  Hubungi kami hari ini melalui email elinajohnson22@gmail.com

    Layanan kami meliputi sebagai berikut:

    * Pinjaman pribadi
    * Pinjaman Dijamin
    * Pinjaman tidak dipagari
    * Hasil pinjaman
    * Pelatihan Pinjaman
    * Pinjaman gadai pinjaman
    * Pembayaran pinjaman
    * Pinjaman mahasiswa
    * Pinjaman Komersial
    * Pinjaman Mobil
    * Resolusi Pinjaman
    * Pinjaman Pengembangan
    * Dept pinjaman pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman pendidikan
    * Janji rusak

    Silakan isi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini dan kembalikan kepada kami untuk melayani kami dengan lebih baik melalui email: elinajohnson22@gmail.com

    DATA PEMOHON
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) jenis kelamin:
    6) Status Perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi saat ini di tempat kerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan Pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda pernah melamar:
    16) Tanggal lahir: terima kasih,
    Nyonya Elina Johnson ( elinajohnson22@gmail.com)

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine