Binwin Catin Kerjasama KUA dan BPKB Gedangsari, PKB Sampaikan Materi Pentingnya Pencegahan Stunting

Oleh: Benedictus Totok Hendrastara (penyuluh KB Gedangsari, Gk)

Bertempat di rumah makan Pawon Desa, Kalurahan Hargomulyo, Kapanewon Gedangsari, pada hari Rabu, 23 November 2021, Kantor Urusan Agama Gedangsari melaksanakan bimbingan perkawinan bagi calon temanten atau catin yang diikuti sekitar 12 pasangan calon temantin.

Hadir dalam bimbingan perkawinan tersebut antara lain Koordinator PKB Gedangsari, Drs B Totok Hendrasatara dan bidan UPT Puskesmas I, serta mahasiswa praktik lapangan Unnes Semarang dan UNY yogyakarta.

Dalam sambutannya, Kardimin, SH, Kepala KUA Gedangsari, mengatakan sangat mengapresiasi program program dari dinas instansi terkait yang senantiasa berkembang sesuai situasi dan kondisi.

"Materi pencegahan stunting bagi catin yang disampaikan oleh nara sumber dari penyuluh KB betul-betul akan memberi warna baru bagi calon temantin yang nantinya akan menyiapkan anak anak mereka agar tumbuh dengan baik, sehat, berkaulitas, tidak mengalami stunting," tegas Kardimin.

Dalam materi yang disampaikannya, Totok menekankan bahwa calon temantin harus mengetahui tentang gejala stunting yaitu perkembangan otak yang tidak optimal pada anak, gangguan pada pertumbuhan fisik dan metabolisme anak. Selain itu, kata Totok, "Stunting juga berisiko membuat anak menjadi lebih mudah sakit dan kurang produktif ketika dewasa nanti."

"Mengapa seperti itu?" tanya Totok. Dijelaskan olehnya, bahwa bila ibu kekurangan gizi, maka bayi yang dikandung tidak dapat berkembang optimal sehingga berpengaruh juga pada perkembangan organ-organ penting si bayi. Hal ini berakibat lahirnya bayi stunting.

Totok menambahkan, pasti tentunya catin tidak mau jika anaknya stunting. Karena catin wanita merupakan calon ibu, mempunyai keinginan ketika saat hamil sehat, sehingga dapat melahirkan anak yang sehat serta bebas stunting. Oleh karena itu catin dihimbau untuk tidak lupa untuk cek kesehatan sekaligus memeriksa status gizi di Puskesmas terdekat, supaya bisa melahirkan generasi bebas stunting.

Diinformasikan oleh Totok juga bahwa anak yang pendek belum tentu stunting. Tetapi stunting itu pasti pendek. "Secara penampilan fisik, anak stunting akan lebih pendek dibandingkan anak-anak seuisianya. Selain itu, anak stunting umumnya mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan otak, sehingga menjadi tidak optimal. Akibatnya anak stunting mempunyai kemampuan berpikir dan prestasi belajar yang rendah," kata Totok.


Kepada para catin, Totok menyampaikan pemahaman mengenai faktor apa saja yang menyebabkan stunting diantaranya pada sebelum maupun saat kehamilan, maksudnya di sini adalah mulai dari catin wanita remaja yang kekurangan gizi, waktu menikah dan hamil nanti beresiko mendapatkan anak stunting.

***

Materi yang disampaikan di dalam kegiatan bimbingan perkawinan ini sangat beragam, antara lain: perkenaalan kontrak belajar mempersiapkan keluarga sakinah, menjaga kesehatan reproduksi dan keluarga, mengelola psikologi dan dinamika keluarga, mempersiapkan generaasi yang berkualitas melalui pencegahan stunting, memenuhi kebutuhan dan mengelola keuangan keluarga refleksi dan evaluasi.

Di akhir kegiatan, dipastikan bahwa pasangan catin harus memiliki kesehatan lahir dan batin yang baik. oleh karena itu menentukan kapan jumlah anak, kapan memiliki anak dan jarak kelahirannya adalah hak dan tanggung jawab setiap catin.(*)
0 Viewers

Post a Comment

2 Comments

  1. Halo, Saya Nyonya Elina Johnson, dari ELINA JOHNSON LOAN FIRM, inilah pinjaman Asli yang akan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik,  perusahaan pemberi pinjaman, Diberikan dan Dilisensikan untuk menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta, dan orang yang membutuhkan Bantuan keuangan dalam tingkat manfaat rendah sebanyak 2%.

    Saya Nyonya Elina Johnson, akan memberikan yang terbaik dari rasa hormat kami kepada semua pelamar yang sah.

    Anda tidak akan kecewa dengan saya dalam kesepakatan bisnis ini karena perusahaan akan memastikan pinjaman Anda sampai kepada Anda, itu juga tidak berakhir di situ, kami memiliki tim ekspatriat yang memahami hukum investasi, mereka akan membantu Anda, memberi Anda kiat yang akan membantu Anda mengelola investasi tempat Anda menginvestasikan pinjaman Anda, sehingga Anda tidak akan bangkrut lagi dalam hidup Anda dan penawaran luar biasa ini menyertai pinjaman Anda,  Hubungi kami hari ini melalui email elinajohnson22@gmail.com

    Layanan kami meliputi sebagai berikut:

    * Pinjaman pribadi
    * Pinjaman Dijamin
    * Pinjaman tidak dipagari
    * Hasil pinjaman
    * Pelatihan Pinjaman
    * Pinjaman gadai pinjaman
    * Pembayaran pinjaman
    * Pinjaman mahasiswa
    * Pinjaman Komersial
    * Pinjaman Mobil
    * Resolusi Pinjaman
    * Pinjaman Pengembangan
    * Dept pinjaman pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman pendidikan
    * Janji rusak

    Silakan isi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini dan kembalikan kepada kami untuk melayani kami dengan lebih baik melalui email: elinajohnson22@gmail.com

    DATA PEMOHON
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) jenis kelamin:
    6) Status Perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi saat ini di tempat kerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan Pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda pernah melamar:
    16) Tanggal lahir: terima kasih,
    Nyonya Elina Johnson ( elinajohnson22@gmail.com)

    ReplyDelete
  2. Halo semuanya

    saya Nurliana Novi dan saya di sini dengan kabar baik.
    BANK DUNIA dan PBB, akhirnya melepaskan pinjaman dan hibah kepada Perusahaan, perusahaan individu, bisnis dan usaha kecil di seluruh dunia untuk memungkinkan Ekonomi tumbuh kembali ke keadaan semula, dengan fokus besar di Asia dan Afrika.

    Saya senang untuk memberitahu Anda bahwa dari sepuluh perusahaan yang dipilih untuk memberikan pinjaman ini, ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM kami sendiri telah dipilih sebagai salah satu perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan untuk memberikan pinjaman ini.
    Jika bisnis Anda terpengaruh karena pandemi ( covid19) preferensi khusus akan diberikan kepada Anda.

    Jadi buruan sekarang, hubungi ibu Elina Johnson sekarang juga, dibawah ini emailnya....elinajohnson22@gmail.com.
    Anda dapat menghubungi saya di sini di email saya juga untuk pertanyaan dan klarifikasi lebih lanjut. (nurliananovi96@gmail.com)

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine