Bangkit Berwirausaha di Masa Pandemi, Perwakilan BKKBN DIY Latih Kelompok UPPKA Kampung KB Paliyan

Kontributor: Purwadi, SHI (penyuluh KB Paliyan)

PALIYAN | Keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat mempunyai peran yang penting di dalam pencapaian tujuan pembangunan nasional. Untuk itu keluarga perlu dibina agar tercipta keluarga sejahtera. Pemerintah telah melaksanakan program keluarga berencana (KB) nasional yang melibatkan pemerintah, masyarakat dan keluarga. Dan untuk memantapkan keikutsertaan masyarakat ber-KB sekaligus memberdayakan ekonomi keluarga, maka pemerintah melalui BKKBN memperkenalkan kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga akseptor (UPPKA) yang memberi peluang bagi setiap keluarga untuk belajar berusaha, mengelola modal, bermitra usaha, berorganisasi, mempelajari teknis produksi dan belajar menganalisis pasar. 

Kelompok UPPKA merupakan wadah pembelajaran untuk mengenal usaha skala rumah tangga, yang bertujuan meningkatkan kesejahteraaan keluarga, khusus akseptor KB. Artinya, kelompok UPPKA berusaha mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera, sehingga sasaran utamanya adalah peserta KB, pasangan usia subur, khususnya keluarga pra-sejahtea (KPS) dan keluarga sejahtera (KS 1).

Hari Selasa (27/07), bertempat di Balai Penyuluhan KB Kapenewon Paliyan, Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta melalui bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Kelurga (KSPK) menyelenggarakan pelatihan wira usaha bagi kelompok UPPKA Kampung KB Percontohan Margo Mulyo, Karangmiri, Mulusan, Paliyan yang diharapkan dapat memberikan daya ungkit dalam pertumbuhan ekonomi keluarga dimasa pandemic covid-19. 

Dalam sambutannya pada pembukaan acara pelatihan tersebut, Koordinator Bidang KSPK dr Iin Nadzifah Hamid menyampaikan, “Kita memberikan pendampingan terhadap kelompok pelaku usaha mikro dalam wadah UPPKA di wilayah kampung KB percontohan, sehingga nantinya kelompok tersebut mampu menjadi motor mendorong percepatan keberhasilan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana).” 

Beliau juga menambahkan bahwa kegiatan pelatihan UPPKA ini adalah bagian dari upaya akselerasi pertumbuhan ekonomi keluarga, yang dalam tahun ini BKKBN mengembangkan program peningkatan pemberdayaan ekonomi keluarga akseptor di wilayah kampung KB percontohan, di mana kebijakan tersebut telah ditetapkan sebagai proyek prioritas nasional (Pro-PN).(*)

0 Viewers

Post a Comment

1 Comments

  1. Halo semuanya

    saya Nurliana Novi dan saya di sini dengan kabar baik.
    BANK DUNIA dan PBB, akhirnya melepaskan pinjaman dan hibah kepada Perusahaan, perusahaan individu, bisnis dan usaha kecil di seluruh dunia untuk memungkinkan Ekonomi tumbuh kembali ke keadaan semula, dengan fokus besar di Asia dan Afrika.

    Saya senang untuk memberitahu Anda bahwa dari sepuluh perusahaan yang dipilih untuk memberikan pinjaman ini, ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM kami sendiri telah dipilih sebagai salah satu perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan untuk memberikan pinjaman ini.
    Jika bisnis Anda terpengaruh karena pandemi ( covid19) preferensi khusus akan diberikan kepada Anda.

    Jadi buruan sekarang, hubungi ibu Elina Johnson sekarang juga, dibawah ini emailnya....elinajohnson22@gmail.com.
    Anda dapat menghubungi saya di sini di email saya juga untuk pertanyaan dan klarifikasi lebih lanjut. (nurliananovi96@gmail.com)

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine