Vaksinasi Covid-19 Bagi Keluarga di Kapanewon Semanu Dihadiri Wabup Gunungkidul

Kontributor: Sujadiyono, SSos (penyuluh KB Ngalangombo)

SEMANU | Kegiatan vaksinasi di Kapanewon Semanu ini dihadiri oleh Wakil Bupati Gunungkidul Yaitu Heri Susanto, SKom, MSi dan Kepala DP3KBM&D Kabupaten Gunungkidul yaitu Drs Sujarwo, MSi, juga Panewu Semanu, Drs Siswanto serta beberapa perwakilan dari BKKBN DIY. Dalam sambutan yang diberikan oleh Wakil Bupati Gunungkidul, beliau menyampaikan  bahwa  sangat mengapresiasi masyarakat yang mau berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi covid-19, juga berterimakaish kepada pihak Kapanewon Semanu yang sudah memfasilitasi kegiatan vaksinasi. "Harapan saya semua masyarakat Semanu mau melakukan vaksinasi,” tegas Heri.

Koordinator PKB Semanu, Sujadiyono, SSos, mengatakan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keadaan pandemi karena virus covid-19 belum juga berakhir. Pemberian vaksin covid-19 mulai dilakukan guna menekan angka kasus terinfeksi virus ini yang terus bertambah. Pemberian vaksin ini merupakan upaya yang dilakukan pemerintah sebagai bentuk solusi yang dianggap paling tepat untuk mengurangi jumlah kasus terinfeksi virus ini. 

Vaksinasi atau imunisasi ini, lanjut Sujadiyono, memiliki tujuan yaitu untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin covid-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini, dan harapan besar masyarakat Indonesia agar kegiatan vaksinasi ini mampu menyudahi pandemi yang telah melumpuhkan aktivitas masyarakat dan juga masyarakat segera melakukan aktivitas biasa sebelum adanya virus covid-19 ini. Oleh karena itu partisipasi masyarakat dalam program vaksinasi covid-19 ini akan sangat membantu pemulihan kondisi negara.

Oleh karena itu, tegas Pak Jadi, sapaan akrabnya, dari beberapa hal di atas maka dapat disimpulkan bahwa program vaksinasi covid-19 sangatlah penting dilakukan. Disamping itu masyarakat Semanu kurang memiliki minat atau tingkat antusiasme dalam melakukan vaksinasi yang cukup rendah, dengan diadakan kegiatan vaksinasi di kapanewon Semanu akan meningkatkan partisipasi masyarakat Semanu untuk mengikuti kegiatan vaksinasi tersebut.

Berdasarkan hal-hal di atas maka BKKBN DIY yang bekerja sama dengan Kodim Gunungkidul serta BPKB Kapanewon Semanu mengadakan kegiatan vaksinasi bagi masyarakat semanu secara umum dengan kuota 500 orang namun tercapai dengan jumlah 526 orang. 

Pelaksanaan kegiatan vaksinasi dilakukan pada hari kamis, 9 September 2021 dari pukul 07.30- 13.00 WIB dengan jenis vaksin Sinovac. Kegiatan vaksinasi ini di lakukan di Kapanewon Semanu yang tempatnya sudah diatur dengan tetap menjaga jarak dan membatasi tempat duduk, cukup luasnya halaman Kapanewon Semanu yang membuat kegiatan vaksinasi ini berjalan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi keluarga di Kapanewon Semanu mampu berjalan dengan lancar dan mencapai tujuan yang diharapkan tidak terlepas dari beberapa pihak yang terkait diantaranya tenaga medis yang bertugas dalam kegiatan vaksinasi ini yaitu dari UPT Puskesmas 1 & 2 Semanu, dan dari IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Gunungkidul, Kapanewon Semanu, BPKB Semanu, kader-kader desa, dan mahasiswa UNY  yang membantu kegiatan vaksinasi ini. Dengan suksesnya dan tercapainya tujuan kegiatan vaksinasi bagi keluarga di Kapanewon Semanu tahap 1, akan dilakukan kegiatan vaksinasi tahap ke-2 yang akan direncanakan pada bulan Oktober.(*)

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine