In Memoriam, Bu Titik

Kontributor: Slamet, ST (penyuluh KB Playen)


Keluarga besar IPeKB Kabupaten Gunungkidul, khususnya di Kapanewon Playen, merasa sangat kehilangan atas berpulangnya  Titik Sukismiyati, SE, beberapa hari yang lalu. 

Meskipun almarhumah telah beberapa bulan memasuki purna tugas, namun tetap dianggap sebagai keluarga Balai Penyuluhan Keluarga Berencana Kapanewon Playen. Hal ini karena suasana kekeluargaan dan keakraban yang selalu dibangun bersama rekan-rekan penyuluh KB selama di Balai Penyuluhan KB Kapanewon Playen. 

Sebagai penyuluh KB senior, beliau sangat mengayomi dan di Balai Penyuluhan KB Kapanewon Playen dianggap sebagai ‘Ibu’. Memiliki banyak pengalaman dalam kehidupan, baik dalam pekerjaan, keluarga/rumah tangga, maupun kemasyarakatan, maka beliau sering berbagi pengalaman sehingga nasihat-nasihatnya sangat dinantikan. 

Oleh karena itu meskipun telah memasuki purna tugas, sebenarnya sumbangsih beliau masih sangat diharapkan untuk mendukung pelaksanaan program Bangga Kencana di Kapanewon Playen. Namung, takdir berkata lain, memasuki purna tugas beberapa kali beliau mengalami gangguan kesehatan sampai kemudian dipanggil menghadap Allah SWT pada hari Selasa, 14 September 2021 pukul 07.36 WIB di RS Panti Rapih Yogyakarta.

Titik Sukismiyati, kami sering menyapanya Bu Titik, lahir di Gunungkidul pada tanggal 22 November 1960 dari pasangan Sadjijo Wirjo Wihardjo dan  Suratinah yang beralamat di Jatisari, Playen, Gunungkidul. Sadjijo adalah PNS yang sewaktu masih aktif pernah menjabat sebagai Mantri Pamog Praja Kecamatan Playen, kemudian menjadi Camat Panggang selama 8 tahun dan Camat Rongkop selama 7 tahun. Sehingga masa kecil Bu Titik dijalani dengan berpindah-pindah mengikuti tempat tugas orangtuanya tersebut. 

Pendidikan SD ditempuh di SDN Panggang lulus tahun 1975, pendidikan SMP di SMP Panggang lulus tahun 1979, dan pendidikan SLTA di SMA Pracimantoro lulus tahun 1982. Setelah tamat SMA kemudian melanjutkan kuliah pendidikan sarjana muda di Sarjana Wiyata Yogyakarta jurusan Bahasa Indonesia dan lulus tahun 1985. Gelar Sarjana Ekonomi diperoleh dari STIE IEU pada tahun 2003.

Setahun setelah lulus sarjana muda, yaitu pada tahun 1986, Bu Titik diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil pada BKKBN DIY dan ditempatkan sebagai PLKB di Kecamatan Wonosari, Gunungkidul.  Di Kecamatan Wonosari selama tiga tahun, kemudian pada tahun 1989 pulang kampung, pindah ke Playen. Mengemban tugas sebagai Penyuluh KB di Kecamatan Playen selama lebih dari 30 tahun sampai dengan masa purna tugasnya, sehingga Bu Titik pernah membina hampir semua Kalurahan di Kapanewon Playen. 

Untuk enam tahun terakhir, Bu Titik memiliki 3 wilayah binaan yaitu Kalurahan Banaran, Getas, dan Plembutan. Bu Titik memasuki purna tugas pada 1 Desember 2020 dengan pangkat Pembina, IV/b, jabatan Penyuluh KB Ahli Madya.

Selain sukses dalam pekerjaan, Bu Titik juga sukses dalam berkeluarga. Pada tahun yang sama dengan diterimanya sebagai CPNS, Bu Titik menikah dengan Iskandar yang merupakan pegawai BRI (purna tugas tahun 2015). Keluarga ini tinggal di Padukuhan Jatisari, Kalurahan Playen, Kapanewon Playen, Gunungkidul. Keluarga Bapak Iskandar-Ibu Titik dikarunia tiga orang putra-putri. 

Sebagai orangtua, Pak Iskandar dan Bu Titik telah berhasil mengantarkan ketiga putra-putrinya tersebut meraih kesuksesan. Saat ini ketiganya juga sudah ‘mentas’ semua. Anak pertama, Ikotista Indira Dewi, SE saat ini berkarier di BRI. Menikah dengan Prasetya Surya, SE dan telah memberi 2 cucu, yaitu Nabila Bilva dan Arcelio Diranda. Anak kedua, Denia Istikadewi, STRK saat ini berkarir di POLRI. Menikah dengan Andi Kurniadi Setya, STK, SIK dan telah memberi seorang cucu, yaitu Andi Zakhira Aysyar. Anak ke tiga, Firhan Hendiansa, SH saat ini berkarir di BPD DIY dan telah menikah dengan Indah Ayu Sulistian, SE.

Sukses dalam pekerjaan dan keluarga, tetap menjadikan Bu Titik sebagai pribadi yang bersahaja. Bu Titik adalah sosok yang peduli sesama dan suka bersedekah. Ini sesuai dengan motto beliau semasa hidupnya, yaitu selalu bersyukur kepada Alloh SWT. Semoga almarhumah Bu Titik mendapatkan tempat yang mulia di sisi-Nya. Amin. 

0 Viewers

Post a Comment

4 Comments

  1. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  2. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya Yeyes Ristintares tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini agar semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar mendukung saya melalui kebaikan Ibu Ny. Helen Wilson. Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan lebih dari 32 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Helen Wilson, pemberi pinjaman di perusahaan, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, jadi saya memanggil keberanian dan menghubungi Ibu Helen.

    Saya mengajukan pinjaman 900 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dibuat pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa Allah akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Ny. Helen Wilson untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ny. Helen melalui email: (helenwilson719@gmail.com) untuk Anda pinjaman

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini. Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Allah akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya Yeyes Ristintares, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: yristintares@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Salam Semua.
    Saya Edi Sugiarto dari Yogyakarta, Allah telah dikaruniai dua orang anak dan Istri tercinta Linda Fitriawati, saya ingin membagikan kesaksian saya karena ALLAH mencintai saya. Setahun yang lalu saya sangat membutuhkan uang jadi saya berpikir untuk mengambil pinjaman. Kemudian saya bertemu seseorang, orang yang salah mengaku sebagai pemberi pinjaman, dan tidak tahu bahwa itu semua adalah penipuan. Saya ditipu seharga 27 juta Rupiah, dan mereka menolak untuk mentransfer pinjaman saya kepada saya, mereka juga berhenti mengirimi saya email sejak itu. Saya menjadi bingung, seluruh hidup saya hilang. Istri saya jatuh sakit dan ada tagihan rumah sakit yang harus dibayar jutaan, yang saya pikirkan saat ini hanya bunuh diri, teman saya bernama Santoso datang menemui saya pada hari yang naas itu, dia juga menjadi korban penipuan, dia memberi tahu saya tentang konferensi yang diselenggarakan oleh Wahyu Handoko untuk memberdayakan perempuan dan laki-laki yang ingin membuat kekayaan, dia meminta kakaknya untuk membantu saya mengurus istri dan anak-anak saya, jadi kami pergi untuk konferensi. Setelah semua motivasi berbicara, dia bertanya kepada kami pertanyaan "Apakah Anda Siap Untuk Apa yang Diperlukan Untuk Menjadi Kaya" dengan berani di jemaat kecil itu, saya berdiri dan berkata "YA" dan kami semua diminta untuk datang keesokan harinya dengan rencana bisnis .

    Kami pergi dan dia berbicara tentang bagaimana dia mendapatkan pinjamannya dan koneksinya melalui HELEN WILSON yang hebat, Pemberi Pinjaman online, segera saya takut, teman saya mendorong dan kami menghubungi Ibu Helen Wilson, seperti yang diarahkan oleh Wahyu Handoko dari konferensi. Saya dan teman saya mulai memproses sementara Pak Wahyu telah kembali, beberapa hari kemudian saya menerima telepon dari teman saya yang memberi tahu saya bahwa dia menerima peringatan dari bank, pinjamannya telah dilunasi, sudah terlambat sehingga saya tidak bisa pergi ke bank saya untuk konfirmasi, paginya pemberitahuan datang, akhirnya saya mendapat pinjaman sebesar 720 juta Rupiah dari Helen Wilson, setelah mengikuti proses hukum. kami diberi arahan untuk menyerahkan rencana bisnis kami dan meninggalkan uang di bank selama seminggu, kemudian Pak Handoko menelepon meminta kami untuk bertemu lagi yang kami patuhi, kami tiba di tempat itu dan melihat dampak orang asing terhadap perdagangan dan investasi, kami diberi kuliah dan kontak untuk mulai berinvestasi, dalam enam bulan melalui koneksi ibu Helen saya mulai mengimpor dan hari ini saya dan istri saya telah mendirikan dua perusahaan besar.

    Saya ingin Anda semua tahu bahwa satu-satunya pemberi pinjaman sejati yang saya saksikan adalah Ms. HELEN WILSON, hubungi dia hari ini dan Anda akan mendapatkan perubahan positif dalam hidup Anda, ini email helenwilson719@gmail.com. Anda dapat menghubungi saya di email saya sugiartoe385@gmail.com, untuk konfirmasi. Perhatikan, ada banyak pemberi pinjaman palsu online untuk menipu Anda, merobek Anda dari uang hasil jerih payah Anda, harus dari mereka pergi sejauh menyiapkan situs web pribadi mereka hanya untuk menipu Anda, pinjaman yang mengarahkan Anda untuk mengunjungi situs web palsu, mereka semua penipu .

    Jadi hubungi perusahaan induk Helen sekarang dan pinjaman Anda akan ditransfer kepada Anda saat Anda mengikuti proses hukum, sekali lagi ini adalah emailnya (helenwilson719@gmail.com) . ALLAH melihat hatiku dan dia tahu aku mengatakan yang sebenarnya dan tidak ada yang lain selain kebenaran.

    ReplyDelete
  4. Nama: Malik
    Negara: Indonesia
    Jenis Kelamin.: Pria
    Pekerjaan.::::: Pabrik Tenaga Surya
    WhatsApp.(***+62-877-9447-8178***)
    e_mail:(financialserviceauthority400@gmail.com)

    <<<>>>>>
    Instruksi: Segera setelah mengunjungi situs web, berjalan-jalan ke bawah Anda akan melihat klum di mana Anda diperintahkan untuk mengisi detail Anda, silakan lakukan dan kirimkan, kami akan memulai pemrosesan pinjaman

    Official Website:::(https://financialserviceau5.wixsite.com/dfsa)

    DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY adalah pemberi pinjaman uang yang sah dan bereputasi baik. Mereka meminjamkan uang kepada perusahaan besar dan pabrik yang membutuhkan dukungan keuangan, mereka memberikan pinjaman kepada orang-orang yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan mereka untuk berinvestasi dalam bisnis. Jadi, apakah Anda mencari pinjaman mendesak? Anda tidak perlu khawatir karena Anda berada di tempat yang tepat kami menawarkan pinjaman dengan bunga rendah jadi jika Anda membutuhkan pinjaman hubungi mereka sesegera mungkin terutama di era pandemi ini untuk meringankan beban keuangan Anda. Saya mendapat pinjaman Rp.4,5 miliar untuk membayar hutang saya dan melakukan bisnis saya dan juga dalam seminggu saya memiliki hak untuk memperkenalkan kepada mereka seorang teman saya yang berada di Malaysia sejak saya berhasil sehingga dia juga mendapatkan pinjamannya senilai RM 270.000.
    ____WARNING: Harap berhati-hati di blog ini, jangan mencari pinjaman dari pemberi pinjaman yang fiktif. Saya telah ditipu 3 kali oleh pemberi pinjaman palsu dan saya dapat membuktikan kepada Anda bahwa dengan DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY Anda sama sekali tidak perlu takut. Perusahaan ini ditahbiskan oleh Allah jadi hubungi mereka sekarang untuk pinjaman Anda. Semoga Allah Membantu Anda.

    email:((m7472736@gmail.com))


    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine