Lomba KIE Kreatif Antar PIK Remaja Se-Kapanewon Girisubo, PIK-R Setyo Tuhu Nglindur Sabet "Terbaik I"

Koresponden: Sabrur Rohim, SAg, MSI (penyuluh KB Ahli Madya Gunungkidul)

GIRISUBO | Di masa pandemi yang belum jelas sampai kapan berakhirnya seperti sekarang, dibutuhkan kreasi dan inovasi dalam hal memberikan penyuluhan atau KIE kepada masyarakat, kader IMP, poktan, dan sebagainya terkait dengan program Bangga Kencana. Harus ada alternatif metode penyuluhan yang tidak menciptakan kerumunan namun pesan bisa sampai ke sasaran secara efektif. 

Hal itulah yang kemudian mendorong BPKB Girisubo untuk menggelar lomba KIE kreatif membuat video Mars GenRe bagi poktan PIK-R (pusat informasi dan konseling remaja) se-Kapanewon Girisubo. PIK-R di Girisubo sendiri berjumlah 7 kelompok yang tersebar di beberapa kalurahan, yakni: (1) PIK-R Police Karangawen, (2) PIK-R Respect Tileng, (3) PIK-R Setyo Tuhu Nglindur, (4) PIK-R Melati Nglindur, (5) PIK-R Pelangi Kampung KB Wonotoro Pucung, (6) PIK-R Teratai Kampung KB Nanas Tileng, dan (7) PIK-R Kembang Brayan SMP N 1 Girisubo. Enam yang disebutkan pertama adalah PIK-R jalur masyarakat, sedangkan yang disebut terakhir dari jalur pendidikan.

Video Mars GenRe dibuat oleh masing-masing PIK-R secara amatir, hanya dengan bermodalkan kamera dan aplikasi videomaker di HP android. Alat musiknya pun seadanya saja, sesuai dengan kemampuan masing-masing, atau bisa juga secara karaoke dengan memanfaatkan instrumen yang tersedia di YouTube, serta diedit
seadanya. Adapun penilaiannya sangat mudah, yakni dengan diserahkan ke publik, diukur dengan banyaknya views dan like terhadap video masing-masing peserta (PIK-R). Maka konsekuensinya setiap anggota PIK-R akan menshare sebanyak mungkin link videonya, dengan tujuan agar dilihat dan di-like oleh sebanyak mungkin orang.

Sebagai hasilnya, tiga peringkat teratas per 13 Agustus 2021, views dan like terbanyak diperoleh oleh PIK-R Setyo Tuhu, Wuni, Nglindur dengan 425 vews dan 70 like (Terbaik I), disusul PIK-R Teratai Kampung KB Nanas Tileng sebanyak 337 views dan 28 like (Terbaik II), dan terakhir PIK-R Pelangi Kampung KB Wonotoro, Pucung, yang memperoleh 163 views dan 18 like (Terbaik III).

Kepada mereka berikan trofi (piala), sertifikat yang ditandatangani Panewu Girisubo, serta uang pembinaan, yang hari itu diserahkan langsung oleh pinisepuh BPKB Girisubo, Prasetyohadi, SPd, dalam acara pertemuan Forum PIK-R Girisubo yang berlangsung Jumat (13/08), jam 13.00-15.00 WIB di BPKB Girisubo. Hadir dalam acara tersebut, segenap PKB dan pramusaji, kader PIK-R se-Girisubo (masing-masing 2 orang perwakilan), serta seorang kader BKR dan pembina PIK-R tingkat kapanewon, Surami (Ngepoh, Nglindur). 

Beberapa saat sebelum memberikan 3 apresiasi tersebut, Pak Pras, sapaan akrabnya memberikan sambutan pengarahan. Pada intinya, beliau mengaku sangat berbangga bahwa program generasi berencana atau PKBR di Girisubo sejauh ini masih berjalan dengan baik, terbukti kegiatan hari itu yang dihadiri oleh segenap poktan PIK-R yang mewakili pelbagai wilayah binaan. Pak Pras juga berharap sekali, segenap kader PIK-R agar terus memberikan edukasi dan teladan kepada teman-teman sebayanya untuk mendewasakan usia perkawinan, menjauhi nikah dini, dan menghindari narkoba.  

Pembina PIK-R sekaligus kader BKR, Surami, pada kesempatan itu juga memberikan penyuluhan kepada para pengurus PIK-R yang hadir. Disampaikan oleh Bu Rami, sapaan akrabnya, bahwa masa remaja adalah masa yang sangat menyenangkan untuk zaman sekarang. Remaja bisa berkegiatan apa pun sesuai keinginannya, bisa pergi ke mana, kapan saja; akan tetapi, yang harus diingat, remaja harus bisa membawa diri dan menjaga diri agar tidak kebablasan atau terjerumus ke hal-hal yang tidak diinginkan. 


"Apalagi kalian ini kan pengurus, yang dituakan, yang berada di depan, maka harus bisa menjadi teladan yang baik bagi teman-temannya. Kalian ini sebagai pendidik, sebagai konselor, maka tentu akan disorot oleh teman-teman sebayanya sebagai rujukan pengetahuan dan sikap. Maka berperilakulah dan bersikaplah yang baik. Segala hal yang akan dilakukan agar dipertimbangkan secara masak daripada menyesal di kemudian hari," tegas Bu Rami.

Sesuai penyuluhan dan penyerahan apresiasi, acara beranjut ramah tamah dan foto bersama. Menanggapi prestasi yang disabetnya, Endang Pinta Utami, pengurus PIK-R Setyo Tuhu, Wuni, Nglindur, mengaku sangat berbangga hati. "Ini sebanding dengan perjuangan kami semua dalam membuat video. Semoga ini akan memacu semangat kami agar terus berprestasi di hari-hari ke depan. Saya berpesan kepada teman-teman remaja Girisubo semuanya, agar tetap semangat, tetap berprestasi, dan hindari nikah dini," pungkasnya.[]

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine